Metode 1 minggu agar burung mau makan voer

Sudah banyak tips melatih burung tangkapan hutan agar mau makan voer. Tetapi tidak ada salahnya jika Anda yang masih kesulitan mencoba tips dari Om Samuel, kicaumania asal Lippo Karawaci. Berbeda dari metode biasanya, yang umumnya mencampur voer dengan kroto, tips kali ini lebih mengandalkan buah pisang untuk menyamarkan voer dari penglihatan burung.

Menurut Om Samuel, atau biasa disapa Elsamu, metode ini selalu dipraktikkannya usai membeli burung tangkapan hutan agar mau makan voer. Jenis burung yang pernah menjadi “kelinci percobaan” antara lain jalak suren, jalak putih, anis kembang, anis merah, cucak cungkok, cucak hijau, dan burung pemakan buah lainnya.

Metode ini pernah juga diterapkan pada pasangan cucakrowo yang baru dibelinya. “Sabtu mulai dilatih, Kamis sudah bisa makan voer total. Rata-rata, metode ini hanya membutuhkan waktu paling lama satu minggu,” ujarnya, sebagaimana dituturkannya dalam forum kicaumania.or.id.

voer

Berikut ini panduan melatih burung agar mau makan voer ala Om Samuel :

Siapkan voer kasar, kira-kira sebanyak 3 tempat pakan burung. Haluskan voer dengan cara ditumbuk, atau kalau mau praktis bisa menggunakan blender. Setelah halus, masukkan voer ke dalam kantong plastik. Voer ini akan selalu digunakan setiap hari, namun dengan teknik yang berbeda-beda dari hari ke hari.

Hari pertama:

  • pisang-kepokAmbil satu buah pisang kepok, kemudian kupas kulitnya 1/3 bagian (bagian ujung).
  • Keluarkan semua daging buahnya, sehingga keluar melalui bagian kulit yang terbuka. Jadi kulit tetap utuh, kecuali 1/3 bagian ujungnya.
  • Daging buah ditampung dalam wadah (bisa piring, baki, mangkuk, dll), kemudian dicampurkan dengan voer yang sudah dihaluskan tadi. Porsi voer cukup 1 sendok takar susu bayi.
  • Adonan diremas-remas, sehingga sebaran voer dalam buah pisang menjadi lebih merata. Nah, sekarang masukkan adonan ke kulit pisang. Ini merupakan teknik mengkamuflase penglihatan burung, sehingga mau menyantap pisang (yang di dalamnya sudah terkandung voer halus).
  • Pisang digantung tepat di atas wadah pakan yang berisi voer kasar. Jika jatuh, pasti ke wadah pakan. Biasanya burung akan memungut pisang yang jatuh.
  • Jangkrik atau kroto tetap diberikan.
  • Untuk mengganti voer halus dalam kantong plastik, yang sudah diambil dan dicampurkan dalam pisang, Anda mesti menggantinya dengan cara memasukkan voer kasar sebanyak 1 sendok takar susu bayi. Setelah itu, kocok voer agar voer kasar tersebar merata dalam voer halus.

Hari kedua :

  • Prosesnya sama seperti hari sebelumnya. Ambil satu buah pisang, kemudian kupas kulitnya 1/3 bagian (bagian ujung).
  • Keluarkan semua daging buahnya, dan ditampung dalam wadah, lalu dicampurkan dengan voer halus sebanyak 1,5 sendok takar susu bayi. Jadi ada peningkatan 1/2 sendok dari hari pertama.
  • Adonan diremas-remas hingga merata, lalu dimasukkan ke kulit pisang. Pisang digantung tepat di atas wadah pakan yang berisi voer.
  • Jangkrik atau kroto tetap diberikan.
  • Untuk mengganti voer halus dalam kantong plastik, masukkan voer kasar sebanyak 1,5 sendok takar susu bayi. Setelah itu, kocok voer agar voer kasar tersebar merata dalam voer halus.

Hari ketiga:

  • Ambil satu buah pisang, kemudian kupas kulitnya 1/3 bagian (bagian ujung). Keluarkan semua daging buahnya, dan ditampung dalam wadah, lalu dicampurkan dengan voer halus sebanyak 2 sendok takar susu bayi (ada peningkatan 1/2 sendok dari hari kedua).
  • Adonan diremas-remas hingga merata, lalu dimasukkan ke kulit pisang. Pisang digantung tepat di atas wadah pakan yang berisi voer.
  • Jangkrik atau kroto tetap diberikan.
  • Untuk mengganti voer dalam kantong plastik, masukkan voer kasar sebanyak 2 sendok takar susu bayi. Setelah itu, kocok voer dalam kantong plastik agar merata.

Demikian seterusnya, sehingga setiap hari dilakukan jumlah voer yang dicampur dengan pisang selalu bertambah 1/2 sendok takar susu bayi. Sebaliknya, Anda juga mesti memasukkan voer kasar ke kantong plastik dengan takaran yang sama seperti voer yang dicampurkan dengan pisang.

Note: Sejak hari pertama, Om Samuel memberikan multivitamin yang dicampurkan dalam air minum, untuk memastikan burung selalu dalam keadaan fit. Banyak produk multivitamin di pasaran, antara lain BirdVit yang terjamin kualitasnya dan banyak digunakan kicaumania di Indonesia.

Dengan cara ini, maka kantong plastik yang pada hari pertama hanya berisi voer halus, lama-lama akan tergantikan oleh voer kasar secara bertahap. Selain itu, daging pisang  dari hari ke hari makin tak mampu “memegang” voer. Selain jumlahnya dari hari ke hari makin bertambah (meski hanya 1/2 sendok takar susu bayi), juga jumlah voer kasarnya makin dominan.

Karena voer sulit menyatu lagi dengan buah pisang, bisa dipastikan makin banyak voer yang berjatuhan ke tempat pakan yang juga sudah berisi voer kasar. Karena sudah mulai terbiasa makan voer , burung pun akan mengambil ceceran voer yang jatuh ke tempat pakan berisi voer tersebut. Ya, dengan cara ini, burung dalam waktu seminggu sudah bisa makan voer total.

Mau mencoba? Bagi yang sudah bisa dan biasa melatih burung makan voer, sebaiknya teruskan saja cara lama. Metode ini hanya untuk kicaumania yang belum pernah atau sering mengalami kesulitan saat melatih burung makan voer.

Semoga bermanfaat.

Sebagai pembanding, ada beberapa referensi sejenis di omkicau.com, antara lain:

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 11 comments

  1. faried

    Setelah pisang diremas2 dg adonan voer halus kmdian di masukkan lg ke kulit pisang gmn caranya? Ditempelkan gt ya? Apa ga langsung terjatuh saat di makan si burung oom? Lebih detail dong cara memasukkan adonan pisang ke kulit pisang yg sudah di kupas td.. makasih

  2. muhammad radiya

    Om,d kebun q nemu sarang MB bertelor.telornya ada 3 cuma yg netas cuma 1 sisanya gagal netas.piyik nya aq ambil.aq mau tau jantan apa betina.ciri – cirinya gimana ya om yg jantan?mohon bantuannya.trims…

  3. nukris

    sangat bermanfaat, tetapi saya masih sedikit bingung dengan penjelasan diatas antara kantong plastik yang berisi voer halus dengan tempat pakan yang berisi voer kasar. mohon penjelasan lebih detil terkait itu.. terima kasih….

  4. Munif Baker

    Sangat menarik… tapi yang pernah jadi kelinci percobaan antara lain: Murai Batu, Branjangan..apa betul burung tersebut doyan makan pisang?

  5. agung

    Info Yang Bermanfaat buat para penghobi burung MH, selain info diatas perlu digaris bawahi juga ketika membeli burung MH, kondisi burung harus sehat wal afiat dan rakus. karena sebagus apapun perawatanya kalau burung tidak mau makan/stress paling lama hidup cuma 2 hari..hehehe berdasarkan pengalaman pribadi..dan baru 2 minggu ini ambil momongan PT MH 3 hari dah bisa makan voer total..

Komentar ditutup.