Cara efektif untuk memaster burung kicauan menggunakan file audio (MP3 / CD)

Memaster burung yang murah meriah adalah menggunakan media pemutar suara, baik itu mp3 player, CD, atau alat elektronik lainnya seperti sonic master. Pemasteran model ini makin popular di kalangan kicaumania, sebab tidak memerlukan perawatan khusus terhadap burung master, apalagi sampai menyimpan burung dilindungi hanya untuk dijadikan burung masteran. Saat ini banyak dijual suara burung master dalam bentuk CD atau USB, tetapi Anda juga bisa mendapatkannya secara gratis melalui website omkicau.com.

bird_record_player

Namun tahukah Anda, bahwa memaster burung dengan perangkat tersebut ternyata bisa membuat perubahan frekuensi asli dari burung tersebut.

Contohnya, kita akan memaster burung murai batu (MB) dengan suara lovebird dari media elektronik. Hasilnya akan terjadi pembiasan atau perubahan frekuensi suara yang didengar MB, sehingga murai batu akan merekam suara burung yang “mirip lovebird”, bukan suara asli lovebird. Apalagi jika kualitas rekaman tersebut tidak bagus.

Lalu, gimana dong jalan keluarnya?

Jalan terbaik memaster burung adalah dengan burung asli yang benar-benar gacor, sehingga suara burung master bisa direkam dengan sempurna, baik dari aspek tekanan maupun gaya irama kicauannya.

Lalu, gimana dong kalau kita tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli burung-burung masteran?

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda tetap bisa menggunakan rekaman suara burung (file audi) yang Anda miliki, termasuk hasil unduhan dari omkicau.com maupun suaraburungmp3.com, dengan beberapa catatan penting berikut ini :

  • Menggunakan speaker yang memiliki impedansi 4 ohm (standar).
  • Jika perangkat audio tersebut menggunakan pre-amp seperti equalizer, maka setting harus diubah ke mode FLAT.
  • Kualitas audio bisa diperbarui dengan menggunakan software audio editing sepeeti Audacity, WaveShop atau Cool Edit, kemudian diberikan efek Normalize. Atau, jika terlalu banyak noise, bisa diatur dengan efek Remove Noise.
FILE AUDIO SUARA BURUNG TERLEBIH DAHULU DI NORMALISASI SEBELUM DIJADIKAN MASTERAN

File audio suara burung perlu dinormalisasi sulu sebelum dijadikan suara masteran untuk burung.

Dengan kualitas suara yang standar, tanpa perlu setting Tone Control dari suara burung tersebut, maka hasil yang didapatkan adalah file audio tersebut terdengar lebih jelas dan akan direkam oleh burung kicauan Anda sebaik seperi suara burung aslinya. Alhasil, burung kicauan Anda akan memperoleh isian dengan kualitas yang sama seperti jika menggunakan burung master yang asli. Jadi, tidak akan terjadi lagi pembiasan atau perubahan frekuensi dari suara burung master sesungguhnya.

Pemasteran model kompilasi suara

MEMASTER DENGAN KOMPILASI SUARA BURUNG AKAN LEBIH EFEKTIF

Memaster dengan kompilasi suara burung akan lebih efektif.

Memaster burung dengan suara dari media elektronik akan lebih efektif lagi jika Anda menerapkan metode satu CD yang berisi beberapa jenis suara, atau lazim disebut kompilasi suara burung. File kompilasi audio ini bisa dilantunkan selama 30-60 menit, dengan jeda waktu dan suara burung yang berselang-seling. Misalnya :

  • 10 menit pertama diisi dengan audio burung lovebird.
  • Jeda 2-3 detik.
  • 10 menit kedua disambung dengan suara cililin.
  • Jeda lagi 2-3 detik.
  • 10 menit ketiga suara cucak jenggot
  • demikian begitu seterusnya.

Dengan metode seperti ini, maka kemungkinan burung kicauan Anda akan termaster menjadi lebih besar, dan suara masteran tersebut bisa digunakan terus sampai burung terisi oleh seluruh suara burung yang sudah ada dalam CD atau media tersebut.

Anda juga bisa membuat CD audio suara burung atau masteran tersebut dengan menggunakan software editing audio seperti yang sudah disebutkan di atas.

Jika tertarik membuat album kompilasi untuk suara masteran berbagai macam burung, Anda bisa mengunduhnya di sini.

Adapun untuk mengetahui bagaimana cara memaster burung yang baik , silahkan buka lagi tulisannya di sini, karena Om Kicau pernah mengulas bagaimana memaster burung secara efektik, baik mengenai lokasi dan jarak pemasteran.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 4 comments

  1. Arisan

    Klo frequensi yang bagus di berapa om, kan banyak tuh player speaker yang udah tertera output frequensinya, mohon fast respon ya????

Komentar ditutup.