Tledekan laut, burung migrasi bersuara merdu

Tledekan laut (Cyanoptila cyanomelana) merupakan salah satu burung anggota keluarga Muscicapidae. Burung-burung dari keluarga Muscicapidae ini memiliki banyak penggemar. Selain kicauannya merdu, keindahan bulu dan warnanya juga menjadi salah satu kelebihan dari burung-burung dari keluarga Muscicapidae. Seperti diketahui, selain tledekan laut, burung-burung dari keluarga ini antara lain murai batu (Copsychus malabaricus), kacer (Copsychus saularis), dan tledekan gunung.

TL GUNUNG

Tledekan laut sering juga disebut sulingan laut, karena memang kicauan burung ini mirip suara seruling. Merdu, meski suara yang terdengar sedikit kurang variatif. Volumenya pun kurang keras dibandingkan dengan  saudaranya, tledekan gunung.

Tledekan laut sebenarnya burung migrasi. Ia senang berpindah-pindah tempat. Habitat aslinya antara lain di Jepang, Korea, serta sebagian wilayah China dan Rusia. Namun jika wilayah tersebut dilanda musim dingin, tledekan laut akan “mengungsi” ke selatan, mulai dari Vietnam, Kamboja, Thailand dan Indonesia (khususnya Sumatera dan Kalimantan).

Sekitar April – Mei, yang di habitat aslinya memasuki musim panas, mereka akan balik ke kampung halaman masing-masing, dan berkembang biak di sana. Jadi, sejak Oktober tahun lalu, tledekan suling banyak dijumpai di Indonesia, dan sekarang merupakan saat-saat terakhir untuk kembali ke habitat aslinya.

Perawatan harian 

Tidak sedikit penggemar burung kicauan yang memelihara tledekan laut sebagai burung klangenan. Suaranya memang bisa membuat hati tenteram, terlebih jika burung sudah gacor atau rajin berkicau.

Untuk perawatan harian agar cepat rajin bunyi adalah dengan selalu mengembunkan burung ini sambil  memberikan kroto 1/2 sendok teh pada pagi hari. Perawatan rutin lainnya adalah memberikan extra fooding (EF) seperti ulat hongkong dan jangkrik ukuran kecil sebanyak 2 – 3 ekor, yang diberikan setiap pagi dan sore hari.

Untuk mandi bisa disesuaikan dengan kebiasaan burung. Misalnya, jika Anda mengganti air minum hingga penuh, biasanya ia langsung mandi di cepuk minumnya. Jika demikian, sebaiknya air minum diganti lagi dengan yang bersih.

Selain nutrisi yang cukup, dan diperoleh dari pakan dan EF, tledekan laut membutuhkan vitamin yang cukup untuk menjaga kondisinya agar tidak mudah lemas dan malas bunyi. Meski tledekan laut sudah lama dipelihara dalam sangkar, sesungguhnya burung ini belum 100% beradaptasi dengan lingkungan tropis. Karena itu, untuk menjaga agar kondisinya selalu fit, disarankan selalu disuplai vitamin dari luar pakan dan EF. Misalnya dengan rutin memberikan BirdVit 2-3 kali dalam seminggu.

Tidak seperti tledekan gunung yang bisa termaster dengan suara burung lainnya (isian), memori tledekan laut sangat terbatas dan tidak bisa dimaster dengan suara burung lainnya. Karena itu, sebaiknya lebih fokus kepada bagaimana agar burung ini lebih rajin bunyi. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah menambah variasi makanannya, dengan membuat racikan khusus sebagaimana pernah ditulis di sini.

Membedakan burung jantan dengan betina

Membedakan jenis kelamin tledekan laut bisa dilakukan dengan melihat bentuk dan warna burung. Burung jantan memiliki warna mencolok seperti biru, hitam, dan putih. Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan gambar di bawah ini:

BURUNG JANTAN (KIR)I DAN BURUNG BETINA

Burung tledekan laut jantan (kiri) dan betina

Perkembangbiakan tledekan laut

Di habitat aslinya, tledekan laut menjalani siklus berkembang biak pada bulan Mei hingga Agustus. Sarangnya berbentuk cangkir, yang terbuat dari lumut, serat tumbuhan, dan bahan lainnya. Sarang dibangun tidak jauh dari permukaan tanah, misalnya di celah-celah bebatuan, di antara akar pepohonan, atau pada tebing pinggiran sungai.

Burung betina akan bertelur sebanyak 4-6 butir, berwarna cokelat pucat dengan sedikit gelap. Induk betina akan mengerami telur selama 14 hari. Setelah menetas, induk jantan maupun induk betina akan merawat dan memberi makan anak-anaknya.

BREEDING TLEDEKAN LAUT

Penangkaran burung tledekan laut

Teknis penangkarannya tidak jauh berbeda dari breeding tledekan gunung. Silakan cek kembali penangkaran tledekan gunung dalam artikel terdahulu di sini. Yang berbeda, tledekan laut membutuhkan perhatian yang lebih menyangkut aklimatisasinya terhadap lingkungan tropis.

Sebab musim panas di kawasan Siberia jelas berbeda dari musim kemarau dan hujan di negeri kita. Penggunaan BirdMature bisa menekan potensi stres pada induk jantan dan betina tledekan laut. Selain berfungsi meningkatkan produktivitas indukan, kandungan multivitamin dan multimineral pada BirdMature juga membantu menekan potensi stres.

Sebagai tambahan untuk Anda, berikut ini beberapa suara dari tledekan laut ini yang bisa didengarkan atau didownload dalam format mp3.

  • Suara burung tledekan laut 1 | Download
  • Suara burung tledekan laut 2 | Download
  • Suara burung tledekan laut 3 | Download

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 7 comments

    1. Aries Munandi

      tledekan jati yang ada dipasaran adalah dari jenis ini om Fulvous-chested Jungle Flycatcher ada satu lagi yang mirip dengan tl laut betina hanya warna kuning didadanya lebih medok yaitu tledekan pring om.

Komentar ditutup.