Oplosan apel dan kroto untuk menggacorkan tledekan

Bagi Anda yang  memelihara burung tledekan di rumah, dan selama ini masih ngeriwik saja atau hanya ngeplong pada waktu tertentu saja, mungkin bisa mencoba oplosan apel dan kroto. Ramuan ini sebenarnya sudah lama digunakan para TL Mania, dan pernah juga dibahas di beberapa forum maupun kopi darat. Karena saya pernah mencobanya, maka tidak ada salahnya jika saya share lagi di sini.

tledekanEfeknya memang cukup ampuh, terbukti burung tledekan di rumah yang semula cuma ngeriwik saja, kini makin bocor setiap harinya. Oke, bahan yang digunakan untuk membuat ramuan ini adalah buah apel (bisa juga diganti buah peer) dan kroto segar. Sebelumnya, pisahkan antara telur (kroto) dan semut rangrang, jadi yang digunakan hanya telurnya yang berwarna putih.

Ramuan apel dan kroto untuk tledekan
RAMUAN APEL DAN KROTO UNTUK BURUNG TLEDEKAN

Proses pembuatan :

  1. Potong buah apel menjadi 4 bagian. Anda cukup mengambil 1 bagian saja, kemudian diparut hingga menjadi  serpihan / serbuk.
  2. Hasil parutan diperas. Kita hanya mengambil daging buah parutan yang sudah agak kering, karena airnya sudah diperas. Air ini tentu bisa Anda nikmati sebagai jus bervitamin tinggi.
  3. Campurkan kroto ke dalam apel hasil parutan tersebut, kemudian diaduk hingga merata. Tidak ada ukuran baku mengenai jumlah kroto, jadi dibuat seimbang dengan parutan apel.
  4. Ramuan siap diberikan kepada burung tledekan.

Untuk hasil yang optimal, oplosan apel dan kroto ini bisa diberikan setiap pagi hari. Berikan selama beberapa hari sampai kondisi burung benar-benar terlihat mulai ada perubahan. Biasanya dalam waktu 2-3 hari, burung sudah menunjukkan performa yang bagus seiring dengan pemberian ramuan ini.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Oplosan ini juga bisa diaplikasikan untuk jenis burung lainnya, seperti anis kembang, anis merah, ciblek gunung, ciblek kebun, prenjak, branjangan, decu, serta burung pemakan serangga lainnya.

Solusi lain jika tetap tidak manjur?

Dalam beberapa kasus, ada burung yang ngeriwik terus dan sulit ditangani (termasuk melalui oplosan ini). Kasus ini biasanya diawali dari beberapa faktor. Berikut beberapa faktor yang dimaksud dan solusinya :

  • Gangguan pernafasan yang tidak terdeteksi sejak muda. Biasanya diawali dari serak, sesak nafas, kemudian macet bunyi atau hanya ngeriwik saja. Hal ini akibat endoparasit dan ektoparasit. Solusinya mesti melalui pengobatan. Anda bisa menggunakan BirdTwitter.
  • Kalau Anda tidak menjumpai gejala awal berupa serak atau sesak nafas, atau Anda luput memperhatikannya, solusi yang dianjurkan adalah menggunakan TestoBirdBooster. Produk ini juga sangat dianjurkan untuk burung yang sebelumnya memang belum pernah bunyi, hanya sekadar ngeriwik saja..
  • Jika burung pernah bunyi, kemudian macet bunyi atau ngeriwik saja sehabis mabung atau mental drop akibat lomba, perhatikan aktivitasnya di dalam sangkar. Apakah burung yang ngeriwik maupun macet bunyi itu suka turun plangkringan, atau mudah mbagong/ nguda laut/ ngebatman? Jika kondisinya seperti ini, solusi yang lebih tepat adalah menggunakan BirdShout.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

31 Comments

    • pakan diatas dimasukan dalam wadah/cepuk terpisah yang berwarna transparan, lalu bagian atasnya ditaburi lagi dengan sedikit kroto. nanti juga mereka akan terbiasa dengan cairan dari buah apel yang termakan sehingga akan mulai memakan campuran apel dan krotonya.

  1. saya ada pengalaman menarik dengan ramuan ini hampir setahun yang lalu,ketika itu AM sudah 3 bulanan tidak mau bunyi gara2 kurungnya disatroni tikus,trus dibuatkan ramuan mix kroto + buah pir,hasilnya hanya butuh 3 hari AM mulai berlatih ngeluarin suara dasarnya secara perlahan dan hari ke 4 setrusnya normal kembali seperti semula.kalau takaran seh 1:1 aja

Komentar ditutup.