Mungkinkah burung emprit bercita rasa kenari?

Ada sebuah video menarik di youtube, yang menampilkan burung yang sangat mirip dengan bondol jawa (emprit), namun mampu berkicau seperti layaknya burung kenari. Video yang diunggah iwan dv ini menyita banyak perhatian publik, karena keunikannya. Saat tulisan ini disusun, video tersebut sudah diakses sebanyak 22.099 kali. Bisa dibilang, inilah emprit bercita rasa kenari. Apakah video itu nyata? Benarkah kenari bisa dijadikan master bagi emprit, dan emprit pun bisa melafalkan semua isian itu sama baiknya dengan kenari?

Bondol Jawa : burung hama yang banyak dijual untuk anak-anak dan pakan burung

Bondol jawa, burung hama yang banyak dijual untuk konsumsi anak-anak.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, mari kita kupas lebih jauh lagi mengenai burung emprit. Emprit / javan munia (Lonchura leucogastroides) merupakan burung endemik Indonesia, bahkan hanya dijumpai di Jawa, Bali, Lombok, dan Sumatera bagian selatan. Tetapi, sejak lama, burung ini sudah dikembangbiakkan di Singapura, wilayah selatan Semenanjung Malaysia, bagkan kemungkinan juga sudah menyebar di wilayah utara Sumatera.

Selama ini, emprit dianggap sebagai burung hama. Tidak heran kalau sering ditangkap para pemikat, kemudian dijual murah di pasar burung, bahkan sering dijual untuk dijadikan “mainan” bagi anak-anak. Burung predator maupun reptil yang ada di kebun binatang, pusat konservasi, maupun koleksi pribadi pun sering membeli emprit untuk santapan burung pemangsa tersebut.

Dalam kandang aviary

Emprit dalam kandang aviary.

Emprit sebenarnya termasuk jenis burung finch dari kelompok Estrildidae. Begitu juga dengan kerabat dekatnya seperti bondol haji, pipit benggala, dan bondol peking. Di beberapa negara, emprit justru ditangkarkan untuk tujuan kawin silang atau sekadar memenuhi kandang aviary.

Ok, kembali ke video emprit bercita rasa kenari. Menurut pengunggahnya, burung bondol jawa ini dipeliharanya sejak lolohan. Kebetulan di rumah Om Iwan terdapat kenari yang sangat gacor.

Karena dipelihara sejak lolohan, dan saban hari mendengar kicauan kenari gacor, maka setelah dewasa emprit ini termaster dengan sendirinya, dan mampu berkicau seperti burung kenari.

Secara garis besar, hal tersebut mungkin saja terjadi. Sebab, burung dari jenis finch terkenal bisa saling mengisi suara satu sama lainnya secara cepat. Misalnya, kenari dengan blackthroat, mozambik dengan zebra finch, dan sebagainya. Jadi, tidak mustahil hal tersebut terjadi pula pada burung sekelas emprit seperti bondol jawa maupun bondol peking ketika dimaster dengan burung dari jenis finch lainnya, termasuk kenari.

Hanya saja, agar suara masteran bisa masuk sepenuhnya kepada burung termaster, dan burung termaster dapat mengeluarkan semua lagu isiannya, diperlukan persyaratan tertentu, antara lain :

  • Burung harus dipelihara sewaktu masih piyikan. Jadi, pelolohan dilakukan sendiri oleh perawatnya. Dalam kasus ini, Om Iwan sudah memenuhi syarat tersebut.
  • Pakan yang diberikan harus memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan yang diberikan pada kenari. Sebab, sebagian besar finch mania menganggap pelolohan burung emprit bisa dilakukan dengan campuran tumbukan beras dan air saja. Jika itu dilakukan, bukan tidak mungkin emprit akan mati pelan-pelan karena kekurangan gizi. Untuk meloloh anakan emprit, sebaiknya menggunakan pakan racikan seperti eggfood, yang cara pembuatannya bisa dibuka kembali di sini.
  • Proses pemasteran bisa dilakukan sejak emprit masih anakan atau masih diloloh. Hal ini bisa dilakukan dengan kenari yang sudah gacor, sebagaimana dilakukan Om Iwan meski tanpa sengaja. Bisa juga dengan memutarkan suara burung kenari baik melalui MP3 Player atau perangkat elektronik lainnya.
  • Sayuran dan buah-buahan bisa diberikan sebagai pakan tambahan.
  • Masuk atau tidaknya masteran suara kenari sangat tergantung dari jenis kelamin, serta tingkat kecerdasan dari individu burung itu sendiri. Boleh jadi, emprit koleksi Om Iwan memiliki kecerdasan bagus untuk ukuran bondol jawa.

Berikut ini video terkait dari youtube:

Kemampuan istimewa burung memang didasari dari pelatihan semasa masih anakan / piyikan. Sebab burung akan belajar lagu pada tahap perkembangan. Mereka mendengar dan menirukan apa saja suara di sekitarnya, sepanjang tipe suara sesuai dengan karakter suara burung termaster, kemudian mengembangkan apa yang didengarnya setelah burung beranjak dewasa.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

10 pemikiran pada “Mungkinkah burung emprit bercita rasa kenari?

  1. burung pipit bondol jawa ini ketahanan dan daya hidupnya tinggi bahkan di kota kota besar seperti jakarta masih banyak berkeliaran, makanannya tidak harus biji bijian di sawah ladang dsb mereka bisa makan dari sisa makanan orang yg ada ditempat sampah, tercecer di jalan atau di trotoar.

  2. KALAU TIDAK SALAH, BURUNG INI MUNCUL SEMASA BOOMINGNYA PLECI DI JEMBER-JAWA TIMUR. WAKTU ITU PERNAH DITAWARKAN KE KHALAYAK Rp.1JT,KEPADA TEMANKU Rp.500RB TAPI PEMILIK MATOK Rp.750RB…… AKHIRNYA LAKU SEKITAR BULAN PUASA 2012 (KEPADA SEORANG HAJI DAERAH KALISAT ATAU MAYANG=MAAF..SAYA INGAT2 LUPA)…..

  3. Mas mau tanya saya sebenarnya sudah punya blog wordpress lama, namun baru beberapa hari ini saya coba buka-buka lagi dan sekalian saya upgrade. berhubung sampean adalah pengguna WP sudah lama dan boleh dibilang senior, dan kebetulan saya juga sudah ada daftar di Google AdSense dan sudah diapprove di tahap pertama dan sekarang masih menunggu approval tahap ke-2.

    Pertanyaan saya adalah :

    1. Apakah blog WordPress Premuim bisa atau mendukung atau bisa dipasang Google AdSense?
    2. Jika bisa mengapa kode HTML Google AdSense yang saya dapat dari Google kok gak bisa muncul di blog saya?
    3. Mengapa di dashboard saya kok tidak muncul menu Appreance => Edit ?
    4. Bagaimana cara daftar WordAds?

    Terima kasih atas bantuannya…saya sangat mengharapkan jawaban dari Mas.

    salam,

    Hermiadi
    Batulicin
    Blog : __www.eher42.com
    email : __myeher@gmail.com

  4. Saya malah khawatir dengan artikel ini, jangan2 nanti stlh banyak orang yang berhasil menciptakan bondol jawa rasa kenari lambat namun pasti burung inipun akan sirna seperti pleci.

    • Sudah dimulai beberapa puluh tahun yang lalu burung emprit sudah sering ditangkapi karena sifatnya yang hama padi, juga sering ditangkapi untuk dijadikan makanan ( sate dan daging emprit ), juga sering ditangkapi untuk dijadikan mainan anak-anak ( dicet warna warni, di ikat kakinya pake tali trus dilempar-lempar .. ), mungkin sekaranglah waktunya kita bisa menghargai burung yang satu ini karena memiliki keistimewaan yang tersembunyi , emprit termasuk burung yang sangat cepat berkembang biak itulah sebabnya dibeberapa daerah yang menganggap mereka burung hama khususnya daerah pertanian sering terjadi perburuan besar-besaran terhadap jenis burung ini :)

      • puluhan petani padi pada mengeluh ke kami agar sawahnya di jaring burung empritnya sbb banyak yg gagal panen gara2 burung ini, dan kami telah menangkap jutaan ekor sejak tahun 1979an

    • Betul…..sy juga prihatin dgn nasib pleci….seharusnya jenis2 buung yg bisa dipiara atau dilombakan dibatasi saja, seperti di thailand dan spore, tq

    • gereja dan kenari sama sekali berbeda baik dari karakter maupun jenisnya om, tapi kalau mau dicoba bisa saja dengan menggunakan kenari jantan dan gereja betina dengan syarat keduanya harus dalam kondisi yang sangat birahi :)

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s