Suara merbah kepala botak untuk masteran

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Untung saja burung merbah kepala botak atau bare-faced bulbul (Pycnonotus hualon) tidak dijumpai di Indonesia maupun negara lain, kecuali di Provinsi Savannakhet, Laos. Kalau ada di Indonesia, lalu dijadikan masteran bagi kicauan Anda di rumah, takutnya burung termaster malah tertawa (he.. he.. he…) melihat rupa burung tanpa rambut di kepalanya itu. Tetapi, sejatinya suara merbah kepala botak merdu juga. Sekilas terdengar mirip cililin, meski soal kerapatannya masih bagus cililin. Om Kicau pun menyediakan audio mp3 suara merbah kepala botak yang bisa Anda dengar dan download untuk masteran di rumah.

Merbah kepala plontos Bare-faced Bulbul Pycnonotus hualon
Merbah kepala plontos  –  Bare-faced Bulbul (Pycnonotus hualon )

Penampilannya mirip dengan burung  trucukan, hanya saja kepalanya plontos. Burung ini ditemukan oleh ilmuwan dari Wildlife Conservation Society (WCS) dan Universitas Melbourne di Laos, tahun 2009. Selama ini para ornitolog sudah mengidentifikasi sekitar 130-an spesies burung dari keluarga cucak-cucakan (Pycnonotidae). Dan inilah penemuan pertama spesies burung dari keluarga tersebut dalam kurun waktu 100 tahun terakhir.

Kebotakan yang terdapat pada kepala burung ini bukan disebabkan oleh kutu atau kondisi lainnya seperti yang sering dialami kenari betina yang sudah beberapa kali produksi. Kebotakan ini bersifat genetis, yang melekat pada spesies tersebut, sekaligus menjadi kekhasan burung merbah kepala botak. Pycnonotus hualon tercatat sebagai burung pengicau berkepala botak pertama yang ditemukan di daratan Asia.

Merbah kepala botak memiliki habitat di pepohonan dan hutan-hutan di daerah berbatu kapur di Provinsi Savannakhet, Laos. Lokasi ini memang dikenal dengan penemuan satwa-satwa yang tidak biasa. Beberapa tahun lalu, para ilmuwan juga berhasil menemukan spesies baru hewan pengerat, yaitu tikus batu yang disebut kha-nyou, dan seekor kelinci bergaris unik, di daerah yang sama.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Burung botak bersuara merdu
Meski plontos, merbah kepala botak memiliki kicauan merdu.

Lalu bagaimana dengan suara kicauannya ?

Meski kepalanya plontos, suara kicauan burung ini terdengar merdu. Sekilas mirip cililin, namun kerapatannya kurang. Nah, agar tidak penasaran, silakan dengar audio merbah kepala botak yang bisa digunakan untuk memaster burung peliharaan Anda di rumah:

DOWNLOAD

DOWNLOAD

Kedua audio di atas merupakan suara nyanyian asli merbah kepala botak di alam liar. Adapun khusus audio di bawah ini, Om Kicau sudah melakukan proses editing untuk untuk kemudahan dalam pemasteran:

DOWNLOAD

dan bisa menambah khazanah perburungan di berbagai belahan bumi.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.