Q-A Penangkaran LB (13), Beda anakan dan dewasa

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Tanya:
Oh ya bagaimana sih patokan gampang untuk melihat apakah LB itu dewasa apa masih muda…
(Bang Entong)

Jawab:

Membedakan LB muda dan dewasa, bagi yang awam, memang sulit, karena meskipun muda, bulunya sudah tumbuh lengkap dan bodynyapun sudah besar sebesar usia dewasa.
Secara umum, LB muda bisa dibedakan dengan LB dewasa dari paruh dan kuku kaki, dan warna bulu. Untuk LB jenis tertentu, paruhnya masih terlihat ada semburat warna hitam. Ini antara lain untuk LB klep (ada lingkar mata/eyering) dengan warna tubuh biru (tinta, biasa, langit, laut), hitam, lutino (kuning), kepala emas (kepala warna kuning). Demikian pula untuk LB non-klep, ada semburat warna hitam di paruh. Kalau sudah dewasa, paruh berwarna terang/cerah. Sedangkan untuk LB hijau kepala merah klep, atau hijau kepala hitam klep, kalau sudah dewasa paruhnya berwarna merah tua/darah.
Untuk LB muda, kuku kaki terlihat putih. LB tua berwarna relatif keruh/kotor.
Untuk LB muda, warna bulu juga belum secerah warna bulu LB dewasa. Hanya saja, bagi orang kebanyakan, susah juga untuk membedakan warna bulu cerah apa tidak, karena ukurannya sangat relatif.
Demikian informasi dari saya.
Salam.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

(Duto)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

  1. Selama mengeram, apakah pejantang harus dipisah? Kira2 anak umur berapa bisa di sapih ?

    Jawab:
    Jantan dipasih biasanya memang untuk indukan kenari Om. untuk burung lain tetap jadi satu.
    Ya anakan akan disapih indukannya sendiri, kadang sampai dua bulanan. Kalau mau kita suapi sendiri ya enggak apa-apa. Empat atau lima hari setelah menetas diangkat.

  2. mas duto saya mau tanya nih, apa bisa penjantan LB yg udah ngawinin LB betina serta punya anak sekali, di ganti betina lain ?? mohon petunjuknya mas ??

    Jawab;

    Ya sangat bisa-lah. Yang penting, ketika menjodohkan dengan betina lain, si betina "mantan" harus sudah pergi dari kawasan lama. Kalau masih bisa bersahut-sahutan, maka jantan maupun betinanya sulit dijodohkan dengan burung lain.

    Salam,
    Duto Solo

Komentar ditutup.