Q-A Penangkaran LB (13), Beda anakan dan dewasa

Cari Artikel Berdasar Kategori

Tanya:
Oh ya bagaimana sih patokan gampang untuk melihat apakah LB itu dewasa apa masih muda…
(Bang Entong)

Jawab:

Membedakan LB muda dan dewasa, bagi yang awam, memang sulit, karena meskipun muda, bulunya sudah tumbuh lengkap dan bodynyapun sudah besar sebesar usia dewasa.
Secara umum, LB muda bisa dibedakan dengan LB dewasa dari paruh dan kuku kaki, dan warna bulu. Untuk LB jenis tertentu, paruhnya masih terlihat ada semburat warna hitam. Ini antara lain untuk LB klep (ada lingkar mata/eyering) dengan warna tubuh biru (tinta, biasa, langit, laut), hitam, lutino (kuning), kepala emas (kepala warna kuning). Demikian pula untuk LB non-klep, ada semburat warna hitam di paruh. Kalau sudah dewasa, paruh berwarna terang/cerah. Sedangkan untuk LB hijau kepala merah klep, atau hijau kepala hitam klep, kalau sudah dewasa paruhnya berwarna merah tua/darah.
Untuk LB muda, kuku kaki terlihat putih. LB tua berwarna relatif keruh/kotor.
Untuk LB muda, warna bulu juga belum secerah warna bulu LB dewasa. Hanya saja, bagi orang kebanyakan, susah juga untuk membedakan warna bulu cerah apa tidak, karena ukurannya sangat relatif.
Demikian informasi dari saya. Semoga bermanfaat.
Salam.

(Duto)

EH, PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ada 2 Komentar/Pertanyaan Baru

  1. Selama mengeram, apakah pejantang harus dipisah? Kira2 anak umur berapa bisa di sapih ?

    Jawab:
    Jantan dipasih biasanya memang untuk indukan kenari Om. untuk burung lain tetap jadi satu.
    Ya anakan akan disapih indukannya sendiri, kadang sampai dua bulanan. Kalau mau kita suapi sendiri ya enggak apa-apa. Empat atau lima hari setelah menetas diangkat.

  2. mas duto saya mau tanya nih, apa bisa penjantan LB yg udah ngawinin LB betina serta punya anak sekali, di ganti betina lain ?? mohon petunjuknya mas ??

    Jawab;

    Ya sangat bisa-lah. Yang penting, ketika menjodohkan dengan betina lain, si betina "mantan" harus sudah pergi dari kawasan lama. Kalau masih bisa bersahut-sahutan, maka jantan maupun betinanya sulit dijodohkan dengan burung lain.

    Salam,
    Duto Solo

Komentar ditutup.