Dipo Team Depok andalkan murai batu hasil penangkaran

Sampai saat ini, murai batu tetap menjadi kelas paling bergengsi dalam setiap lomba burung kicauan di wilayah Jabodetabek. Tak heran apabila banyak kicaumania suka main di kelas ini. Selain ketat dan seru, kelas murai batu juga memiliki prestise tersendiri.

Hal ini pula yang dirintis Dipo Team Depok yang digawangi kakak-beradik Om Riano dan Om Kiano, serta Om Firman selaku mekanik andalannya selama ini. Sejak awal tim ini konsisten main di kelas murai batu.

Personel Dipo Team
Personel Dipo Team: (dari kanan) Om Firman, Om Riano, Om Kiano, dan kru.

Dipo Team memiliki 11 jagoan di kelas murai batu, antara lain Ramones, Arjuna, El Cino, New Santana, Rahwana, Wasabi, dan Si Bontot. Semuanya dipoles langsung oleh Om Firman.

”Kami memang mempercayakannya kepada Om Firman. Dia memang ahlinya murai, dan terbukti sudah banyak hasil polesannya yang moncer di lapangan,” kata Om Riano.

Dari 11 ekor murai batu tersebut, dua di antaranya sudah punya prestasi di tingkat nasional, yakni murai batu Ramones milik Om Riano dan Arjuna Dipo andalan Om Kiano.

Ramones yang pernah meraih double winner dalam even akbar Piala Nirina di Bogor, 5 Mei lalu, adalah murai batu hasil penangkaran. Kendati demikian, Ramones sering ditampilkan dalam kelas ring maupun non-ring.

Om Riano dan murai batu Ramones
Om Riano bersama murai batu Ramones.

Bahkan dua gelar juara pertama di Piala Nirina diraih Ramones pada kelas-kelas non-ring yang notabene juga diikuti murai-murai hasil tangkapan hutan, serta umurnya rata-rata lebih mapan. “Ramones moncer pula even akbar Mahakarya Konservasi Indonesia di Sentul, Bogor, 17 Juli lalu,” tambah Om Riano.

Yang menggembirakan, Om Riano juga sedang mengkondisikan adik Ramones agar siap tampil di arena lomba. Burungnya masih muda, bahkan baru lepas bulubulu trotolannya.

Prestasinya ini tak lain karena Ramones memiliki materi isian lagu yang komplet, mulai dari suara cililin, lovebird, cucak jenggot, kapas tembak, serindit, hingga kenari. Selain itu, durasi kerjanya juga luar biasa, dengan kualitas volume di atas rata-rata.

“Ramones mulai moncer sejak umur tujuh bulan. Debutnya dimulai dengan masuk empat besar dalam sebuah even lokalan di Depok. Kini umurnya sudah tiga bulan, dan setiap hari ditangani langsung oleh Om Firman,” tambah Om Riano lagi.

Murai batu Ramones
Murai batu Ramones moncer sejak umur 7 bulan.

Selama ini, Dipo Team memang tidak pernah membeli burung jawara. Semuanya dimulai dari bahan dan dipoles selama beberapa minggu, bahkan hingga bulanan, sampai akhirnya moncer di lapangan. “Di sini, kami hanya ingin mencetak burung juara, bukan membeli burung juara,” tegasnya.

Sebelum Ramones jadi langganan juara, Dipo Team sudah memiliki murai batu Arjuna Dipo. Burung ini juga tidak kalah mencorong, dan lebih dulu menjadi amunisi andalan Dipo Team. (d’one)

Murai batu Arjuna Dipo
Murai batu Arjuna Dipo

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.