Kalau burung kita kemaster suara “setan”

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Persoalan klasik lain dalam perawatan burung adalah burung yang secara tidak sengaja telanjur menirukan suara-suara yang tidak kita kehendaki, atau sebut saja s”uara setan”. Misalnya adalah pertanyaan Om Hari di postingan “Rawatan lanjutan Anis Kembang dan Murai Batu“. Tanya jawab tersebut seperti ini:

“Saya punya Cucak cowo, karena pernah digabung dengan murai batu, sekarang klo berkicau sering suara MB. Bagaimana caranya mengembalikan ke suara asli CR?”

Jawab saya adalah:

Satu2nya jalan ya dipisahkan dari suara burung lain, dan kemudian dimaster ulang. Cara pemasterannya ya biasa saja. Perdengarkan suara CR yang diputar dengan CD player atau kaset dengan tape recorder. Tidak perlu seharian diputar, cukup pagi dan sore saja.
Untuk CR yang punya karakter suara ropel, bisa dimaster dengan suatra ropel, yang engkel/ hanya nglagu, ya pakai masteran engkel. Banyak dijual di pasaran kok.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Nah dalam hal burung lain selain CR, caranya hampir sama. Untuk pemasteran yang lebih efektif, bisa dilakukan ketika burung bersangkutan molting/moulting (mabung).

TULISAN TERKAIT:

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. hehehe…jd malu kalo inget2 yg dulu, msh pemula banget, asal senang langsung sikat (maklum blm py "buntut"), waktu si kecil nongol, langsung semua disikat hbs, soalnya takut…wabah flu burung baru merebak n demam tanaman, skrg mo cr lg, dah gak kuat modalnya…(semoga ada yg mo hibah-in…:D)

    Jawab:
    Dicari: pemberi hibah burung…hubungi Nanang no telp bla…bla…bla…heheheh…

  2. berarti untuk suara2 setan yg laen bs dihilangkan donk, kayak suara kucing dan ayam yg ditiru oleh samyong sy (bahkan dominan banget, padahal gak ada lho kucing ato ayam di sekitar rumah, dah 2x mabung suara2 setan-nya gak hilang)
    dulu py MB bagus terpaksa dijual krn kemasuk-kan suara perkutut ma kacer.

    Jawab:
    Hahahahaha…samyong dari mana Om? Kalau itu sih memang dasar suara samyong suka ngebyong dan ngeyong begitu… Cuma sayang ya sudah dijual heheh.

Komentar ditutup.