The Amazing: Foto-foto penangkaran alam AM

Meski terlihat bulat ramai, yang jelas ini bukan salak bali tetapi anakan Anis Merah baru saja dipanen.
Meski terlihat bulat ramai, yang jelas ini bukan salak bali tetapi anakan Anis Merah baru saja dipanen.

Ya itu sekadar pengantar. Tetapi jangan sampai keluar air liur loh, hehehe. Berikut ini saya uploadkan foto-foto lain jepretran kawan dari Yayasan Kutilang Jogjakarta tentang penangkaran alam anis merah di Bali.

Untuk cerita panjangnya, kali lain segera saya upload juga.

DI MANAKAH PENANGKARAN HUTAN ITU DILAKUKAN? INI FOTO-FOTONYA:

Hutan untuk berkembang biak AM. Pohon-pohon yang terlihat tinggi adalah pohon-pohon pelindung kebun kopi tempat AM berkembang biak.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kebun kopi dan semak-semak yang terlindung pohon-pohon tinggi, tempat AM berkembang biak.

Kebun terbuka, juga untuk ajang AM indukan berkeliaran.

Ini juga semak-semak tempat AM cari makan.

Hutan dengan semak belukar lebat; ideal untuk tumbuh kembang anis merah.

DI TEMPAT SEPERTI APAKAH BIASANYA ANIS MERAH BERSARANG? INI NIH:

Tempat-tempat seperti ini disukai anis merah untuk bersarang.

PENYIAPAN LAHAN UNTUK BERKEMBANG BIAKNYA CACING SEBAGAI PAKAN ALAMIAH AM:

Menyiapkan lahan agar cacing berkembang biak sebagai pakain Anis Merah.

Sepertinya AM ini sedang mengeram, tetapi berdasar film tentang AM yang saya lihat, dia sedang melindungi akanya sehabis memberi salah satu anaknya makanan. Sementara pasangannya sedang mencari makan. Begitu pasangannya datang, dia segara bangkit dan menyerobot pakan dari pasangannya untuk diberikan ke anak lainnya yang belum dia beri pakan. Jadi, dia sebagai penunggu sarang dan tahu mana anaknya yang belum diberi pakan atau belum, sementara tugas pasangannya adalah mencari makan.

INI AM SEDANG MENCARI MAKAN:

AM sedang cari makan

Am siap santap cacing

“Berpose” sehabis meloloh salah satu anakan. Perhatikan salah satu anakannya sedang hendak menelan cacing yang diberikan indukannya. Tidak seperti kalau penangkar meloloh anakan burung dengan cacing dipotong-potong dulu, kalau indukan AM meloloh anakan dengan cacing yang nyaris utuh meski cacingnya besar.

KETIKA MASA PETIK TIBA

Ketika mau memetik anakan AM, para penangkar alam harus memanjat pohon seperti di bawah ini:

Para pemanen in action….

MASA PERAWATAN HINGGA SIAP DIPASARKAN

Menggiurkan…

Ini juga…

saiap angkut

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

62 Comments

  1. Bila kita semua ingin memilikinya lha terus siapa yang melestarikannya…?????
    ayolah kita sama2 menjaga populasinya. kita ambil yang baik2 aja.. yang jelek jangan. kita ambil seperlunya saja jgn berlebihan. lebih baik kita punya 1 atau 2 Anis merah dari pada punya puluhan. krna anis adalah burung yang bernaluri tinggi. dia mengerti dgn perawatnya. maka sayangilah burung ada dan jangan menyiksanya krna terlalu bnyak memilikinya. mmg sifat manusia itu “serakah”. tetapi apakah kita tidak bisa Mengeremnya. agar dunia ini tetap indah.. tetap hijau tetap kaya akan segala sumberdaya alamnya.. saya yakin.. bila anda datang ke Bali sendiri akan merasakan gimana nasib burung2 itu kelak.. banyak yang mati banyak yang sakit.. populasinya pun sudah mulai berkurang.. ingatlah bahwa alam juga hidup dan berkembang.. jangan kita menghalaginya.. tetapi sebaliknya… nikmatilah alam sebagai sara wisata yang mengagumkan… siapa yang kepengen punya burung bagus.. semua pasti pengen.. terus terang saya juga pernah melihatnya bahkan menyalurkannya.. tetapi setelah saya lihat populasinya smakin menurun.. saya prihatin sekali. saya sedih melihatnya… maka dari itu saya berhenti melakukannya.. coba saja anda bayangkan.. umur berapa burung anakan yang ada di Kranjang2 tsb…? apakah semua pasti bisa hidup….? sehebat apapun perawatnya… coba anda tanya…!!! berapa burung yang harus mati sia2 setiap musimnya.. KARENA ULAH KITA SEMUA TERMASUK SAYA>>>>. Maka dari itu… marilah kita sama2 menjaga dan melestarikannya… bolehlah kita miliki.. tetapi batasilah dan jangan serakah.. agar semua bisa tetap terjaga kelestariannya… sekian terimakasih.. MOHON MAAF BILA ADA YANG KURANG BERKENAN. TETAPI ITU MMG KENYATAAN. DAN SAYA SANGAT MENDUKUNG UNTUK KELESTARIANNYA AGAR BISA TETAP MENJADI WISATA ALAM YANG MENGAGUMKAN SAJA>>> AGAR KITA SEMAKIN TAHU SEMUA KEBESARAN SANG PENCIPTA KITA.

  2. wesssss, keren banget profile tangkaran alamny sangat indah sekali dilihatnya ya…. top lah…. kalo bisa tempat2 penangkaran lainnya juga di liput om….

  3. Lihat foto2 AM hasil panen jd ngiler pengen punya. dmn contact person buat pesan bayi imoet AM? aku punya AM lg mabung lmyan bekas jawara LATBERAN, gmn tips yg merawat baik biar ntar mocer lg. thank !

  4. Salam indonesia………
    Mau nanya nieh……..sy pny AM sudah teler tapi kok blm sering telernya……
    trus kasih makan cacingnya berapa ahri sekali……trus kalau jangkrik?
    thank’s you…

  5. om,,,busyet… anakan nya buanyak banget,, bisa gitu bnyak ya lahan nya gede ya om,,, bali nya alamat nya mana ya om,,, nemuin sapa ya,,kira kira berapa duit tu,,,?? mau dong,,?

  6. Bos Mau tanya ?? anis merah kalo udah keluar suara jreet2 keras, kira kira berapa lama lagi burung itu bernyanyi. he he he emang orang.(maksudnya gacor). makasih

  7. mlm om…
    om sy maw tanya inpo soal penangkaran MB di daerah jogja,klaten ato solo.
    tp klo bs yang indukannya Ex-jawara.
    tlg carikan almt n no hp ya om.
    mathuurrr suwun bwt inponya…

  8. Salam kicau…
    Om Duto, gimana caranya bedain AK jantan betina ketika masih trotol dah ngriwik, dilihat dari sisi fisik dan suara ngriwiknya(Variasi/Volumenya)
    Thx Om…

    Frm ian – kediri

  9. Makasih Om atas jawabanyya, Qu mau tanya lg niCh Om : Kemarin Aq punya aniz merah Gacor bget Volume Bagus, tp memang lg sial Nasib BurungQu, baru beli 2 Hari udah jatuh dari atap.. Bizz itu burungnya lgsung gak bunyi lagi, Keesokan Harinya burungnya mau bunyi lagi tp tdk segacor sebelumnya,dan malahan Bulunya sekarang pada Rontok.. Yang ingin saya tanyakan apakah perlu dirubah pola makannnya Omm biar jadi Gacor lagi? Apakah burung saya ini udh tidak Bagus lagi, karena Stress.. Mohon inputnya yaa Om, thanxx B4..

  10. Wahh Web ini baguuuuzz bgett Omm, Qu jadi tambah pinter dwechhh…
    Ngomong2, Penangkaran yang bagus itu di daerah Mana Omm,
    Kalo informasi yang perna saya dapat, ada Ring WWN.Bali, ada ring Karang asem, Yang paling bagus itu yang didaerah Mana,.. Makasih banyak informasinyaaa..

    • Om Tsani
      Relatif banget Om. Tidak ada yang bisa mengklaim AM asal daerah A lebih bagus ketimbang daerah B dsb. masing2 daerah ada burung yang bagus, juga ada yang jelek. Cuma untuk pengepul yang sudah punya nama, biasanya mereka akan jaga nama dengan mencari anakan2 pilihan untuk pelanggannya.

  11. wah luar biasa ide untuk pengembangbiakan dengan cara penangkaran alam ini, saya orang Bali yang awam tentang kicauan. Apakah penangkaran seperti ini tidak membuat populasi burung terutama di Bali (Pupuan) akan musnah???? apakah ada setiap panen anak burung tersebut dibiarkan dibesarkan oleh induknya dan hidup liar ????/?????? Saya memang masih awam tentang penangkaran alam ini , mohon penjelasannya…

    Jawab:
    Selama musim penghujan, begitu anakan diambil, AM indukan akan segera bikin sarang dan beranak lagi. Hal itu akan berulang sampai anakan diambil oleh pemilik lahan sebanyak dua kali. Untuk yang ketiga kalinya, biasanya tidak diambil karena sudah akan memasuki musim kemarau. Kalau diambil lagi, AM tidak akan bertelur/beranak lagi sampai datangnya musim penghujan berikutnya.
    Cuma saja ancamannya sekarang adalah banyak para pemilik lahan tidak lagi menyisakan anakan AM yang terlahir paling akhir untuk terus hidup di alam liar. Mereka ambil habis semua anakan. Ya pastilah, ini ancaman serius untuk kelestarian AM…

  12. saya ingin belajar untuk mengetahui cara penangkaran burung Anis Merah, bagaimana caranya ? dan dari mana beli indukannya ?

    Jawab:
    Persiapan kandang dsb sudah saya tulis itu Pak, juga untuk memulai penjodohan dan sebagainya. Mangga dilihat.

  13. mas saya pengemar burung anis merah…
    mau dong saya masarin buat di bandung..
    gimna caranya buat masarin di bandung..
    minta alamatnya atau minta no telphonnya
    saya mohon atas balasannya…
    terima kasih……

    • Pertanyaan Om denny budiman:
      mas saya pengemar burung anis merah…mau dong saya masarin buat di bandung..
      gimna caranya buat masarin di bandung.. minta alamatnya atau minta no telphonnya,
      saya mohon atas balasannya…
      terima kasih……

      Jawab:
      Bisa kontak2an sama teman Bali mengenai kemungjkinan itu. Dia punya minat untuk mengambil AM2 dari penangkar alam dan mencari mitra pemasaran di kota2 di Jawa. Cuma karena ketersediaan AM trotol untuk musim tahun ini sudah lewat, ya bisa dijalin kerja sama untuk masa2 yang akan datang. SMS saya saja (02715847923) nanti saya berikan nom,or teleponnya Om.

  14. Sore Om , mau saran nya nih…
    sy di rmh ada kacer Jabar ( Udah rajin ), anis macan dan terucukan , mau nambah momongan om bagusnya apa ya…? thanks bgt..

    Jawab:

    Untuk ramai-ramau sekalian untuk isian dan tidak “konflik” dengan burung lain ya jenis2 pemakan biji (kenari, blacktrouth, lovebird, branjangan dll) atau bisa juga pentet. Tetapi jangan banyak2 apalagi masih bakalan….wah tahu-tahu jadi menumpuk burung2 yang nggak bisa menghibur kita malah bikin stres…

  15. Sore Om , mau saran nya nih…
    sy di rmh ada kacer Jabar ( Udah rajin ), anis macan dan terucukan , mau nambah momongan om bagusnya apa ya…? thanks bgt..

    Jawab:
    Untuk ramai-ramau sekalian untuk isian dan tidak "konflik" dengan burung lain ya jenis2 pemakan biji (kenari, blacktrouth, lovebird, branjangan dll) atau bisa juga pentet. Tetapi jangan banyak2 apalagi masih bakalan….wah tahu-tahu jadi menumpuk burung2 yang nggak bisa menghibur kita malah bikin stres…
    ———————–
    SEKADAR PEMBERITAHUAN, UNTUK SELANJUTNYA, MOHON PERTANYAAN DAN SEBAGAINYA BISA DIISIKAN DI SINI KARENA SAYA SEDANG MELAKUKAN UJI COBA TAMPILAN WEBSITE DAN JUGA MOHON KRITIK DAN SARAN. TERIMA KASIH. SALAM.

  16. Malam Om Duto , mau tanya 2 tentang Anis Macan / Ampenan kayaknya ngga populaer ya.. ! kenapa ya ? apakah burung itu bagus jg suaranya..trus perbedaan cowo /cew nya gmn ? minta tlng di bahas om , makasih baget.

    Jawab:
    Om Sandy/Om Jono, sudah saya jawab itu di postingan mengenai "AK luka dan ciri burung yang sudah bunyi". Soal perbedaan jenis kelamin, sulit dilihat dari perbedaan performa luar tanpa meraba supit urangnya Om.

  17. wew…hebat tuh …..bisa nangkar di alam…
    o iya jenis apa aja yang yg berhasil di tangkar di alam terbuka…
    trim,s Een lampung.

    Jawab:
    Selama ini hanya AM Om. Itu juga karena kondisi alam yang terjaga saja. Untuk daerah lain, saya rasa kok mustahil ya.

  18. saya sudah baca tulisan om tenteng baik burukny nya membeli burung jadi dan bahan ,ternyat benar lebih enak membeli burung jadi karna langsung bisa di nikmati suara dan gaya nya terutama AM, BTW saya ingin sekali membeli AM bagus dan prestasi tentunya ,terkadang ketika saya ingin membeli AM bagus di kontes tidak pernah kesampean karan kebanyakan yang bawa AM itu joky bukan pemilik ,jadi agak susah untuk mendapatkanAM tersebut ,mohon saran dan info tenteng masalah saya untuk mendapatkan AM yang bagus dan berprestasi ,sekedar info sya pernah ketipu oleh perantara AM ,dia bilang ini AM punya pemain besar di tasik "KN" tapi saya di bohongi mentah mentah ,duit lumayan besar hilang tapi AM nya tidak seperti iklan dari sang perantara,

    Jawab:
    Menilik dari pertanyaan Om, memang sepertinya Om sedang dalam taraf mencoba2 hobi ini ya. Menurut saya, membeli burung untuk keperluan latberan atau happy2 di arena lomba ya nyari langsung di lapangan latberan saja Om. Dengan demikian Om sudah melihat langsung burung tersebut.
    Kadang, kalau kita hanya percaya kepada penjualnya, kita bisa2 berburuk sangka. Sebab, bisa jadi burung yang kita beli memang bagus. Hanya saja karena cara kita merawatnya dan mensetting pakan dsb tidak pas atau sesuai dengan perawatan lama, burung jadi berubah, tidak bunyi dsb.
    Kalau Om melihat sendiri awalnya, maka kalau burung yang dibeli kemudian tidak bunyi bagus, tentunya Om menyadari kalau itu karena kesalahan kita sendiri.
    Cobalah sering kumpul dengan sesama penghobi burung. Nanti dari mereka pasti ada referensi yang benar mengenai burung yang akan Om beli.
    Itu saran saya saja Om biar nggak selalu "salah" ketika memilih burung.

  19. Om Maaf…nambahin koment ya.

    Trimakasih udah bantu share di web ini. maaf kemarin belum sempat untuk banyak menulis.

    mohon disampaikan bahwa penelitian ini dapat berjalan berkat dukungan pendanaan utama dari rufford small grants foundation (www.rufforsmallgrants.org) dan yayasam Kutilang indonesia sebagai pendamping pendanaan.

    Semoga kedepan, kita bisa membiayai sendiri riset-riset bagi pelestarian kekayaan hayati kita ya..hehehe…

    tak lupa trimakasih kepada Pak Paul (oxford university), Pak Made (PBI), dan Kang Odjat (PT. Aksenta) yang telah memberikan rekomendasi. Kemudian juga kawan-kawan dari Jalak Bali Team yang telah mengantarkan saya ke lokasi penelitian. Semua petani di Bali atas kerjasamanya, dan juga kawan-kawan pengepul, pengecer dan broker yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu namanya. Serta semua pihak yang telah membantu terlaksananya penelitian ini sampai sekarang. Semoga setelah bulan april, hasil penelitian secara menyeluruh dapat saya share.

    demikian dan trimaksih.

  20. wah…. hebat. hebat.
    yang menulis postingan ini juga hebat, yang melestarikan kekayaan alam indonesia dengan faunanya sungguh luar biasa….
    mari mas ajak semua melakukannya , tapi lama-lama anakan AM bisa merosot harganya 25 ribu perekor..

    Jawab:
    Terima kasih Om. Harga tidak akan merosot Om, sepertinya malah naik terus nih, hehehe. Payah ya?

  21. Om Duto,

    Reportasenya bagus, sangat detil, akurasi gambar dan tulisan benar2 sangat menyentuh sehingga memancing orang pembaca untuk membuka wawasan dan berfikir bagaimana sama2 menyelamatkan dunianya burung.

    Mudah2an ada info dan liputan terbarunya lagi.

    Wass

    Arnez

    081311077033

  22. Wuiihh……elok tenan…kang kapan di Jawa ada seperti ini, anis jawa gak kalah hebat sama anis bali…..khususnya dari pegunungan Ciremai.

    Jadi pengen liat langsung…..bagus buat wisata bravo………………..

  23. OM Duto,
    gimana caranya jadi agen trotrol Am buat di pasarin di Kota Bandung?atau minta alamat penangkar tersebut yang bisa di hubungi,terima kasih.

    Jawab:
    Coba tanya ke Om Budi Manuk, Klaten. Dia salah satu pemrakarsa PasarBurungRing Jogja. Teleponnya 085725175333.
    Atau bisa juga kontak2an dengan teman yang biasa ambil di sana, Om Gombest (Surabaya) di nomor 03170214444.
    Bilang saja saya yang ngasih nomor telepon…

Komentar ditutup.