Dua cara mengatur menu pakan kicauan

Lain lading lain belalang lain lubuk ikannya. Ungkapan itu saya anggap pas untuk mengantar tulisan mengenai perbedaan cara mengatur menu pakan. Istilah kicaumanianya adalah setting pakan.

Ada dua cara yang secara umum bisa diterapkan untuk mengatur menu pakan. Pertama adalah “setting tinggi” dan kedua adalah “setting rendah”.

Setting tinggi adalah memberikan pakan dan extra feeding (EF) ke burung dalam jumlah tak terbatas; sepanjang burung mau makan terus maka pakan dan EF diberikan tanpa batas. Kemudian jumlah diturunkan sampai terlihat pengaruh jumlah ideal pada burung.

Setting rendah adalah memberikan EF dari jumlah sedikit dan terus ditingkatkan mencapai settingan ideal.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Mana di antara keduanya itu yang Anda pilih? Masing-masing tentu sesuai selera tujuan kita serta karakter burung yang akan kita setting pakannya.

Untuk tujuan masing-masing cara setting itu, akan saya sampaikan pada tulisan berikutnya. Yang jelas, Anda harus tahu bahwa tidak ada cara mutlak dalam setting pakan, yakni dari jumlah rangsum sedikit ke jumlah banyak atau sebaliknya, dari sedikit ke banyak. Kedua cara bisa dipilih dan masing-masing juga bisa memberi efek yang baik maupun efek yang buruk.

Salam…

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

7 Comments

  1. saya punya jagoan kacer tapi jinak asal dari anak trorol tingkat biraahi tiggi om…..lok di lombakan ronde pertma gak balon tapi ronde ke dua lasak habis itu mbagonk kash tip perawatannya om…………di tuggu

  2. om saya punya kacer dada hitam buat lomba tapi kenapa ya wktu di gantang nge_time ( berhenti setelah manari2) apa karena tidak pas setelannya? mohon petunjuknya,,,terima kasih sebelumnya

  3. salam kenal om,mau tanya,saat ini kacerku sdng diset EFnya H1 2 JK 2UH pg,sore 2JK, H2 1sdm kroto pg/2JK sr H3 2JK tanpa UH H4 no EF H5 kembali ke Hari 1 menurut om gimana, cukup/ kurang? terima kasih

  4. Pagi om………terima kasih atas jawabanya……..ya
    Iya selama ini belum pernah mandi di karamba krn AM nggak mau masuk karamba om. Klau kandang 2 hari skli saya bersihkan. nanti sy coba latih mandi keramba om
    maaf sy tanya lagi om………….
    1. Kakinya kering dan udah medang (seperti pedang tipis) apa bisa di treatment obat atau dari makanannya om?
    2. Tangkringan beramplas apa ada di toko / dipasang sendiri ? ukuran amplas brp ?
    3. Apa om udah lihat foto AM yang saya kirimkan ? bisa ditrawang…gak om (kayak uang kertas ………….he..he..he) AM saya Co / Ce ?
    4. Sekarang saya taruh di sangkar besar , bulat punya muray (krn muray sy udah pulang ………..om) apa ada pengaruh ama AM ya?
    5. Saya cuma bisa jemur jam 6.20 sampe jam 7.00 , habis itu saya taruh di dalam rumah cahaya cukup terang , bagus /nggak (maaf terikat ama jam kantor) trus sore dgantung jam 4 sampe jam 6

    Sebelumnya mhn maaf om kalo tanya borongan (mumpung gratis……..he…he)
    Salam,
    nvsatria

  5. malam…..om duto
    Saya udah sminggu ini plihara AM trotol dari PB Ngasem, setelah saya amati beberapa hari ini, ada beberapa pertannyaan yg perlu pencerahan dari om :
    1.Kaki AM saya kok kelihatan kering ya,apa semua AM kaki nya kering?
    2.Pada jari kaki malah terrlihat kaya ada kerak (bubulen), kukunya kok panjang2 ya apa AM saya udah tua (tapi kok belum bunyi)? masih bisa ciiiiirr gitu
    3.foto pernah saya email ke alamat om duto, dari nvsatria@yahoo.com, apa bisa kelihatan itu co/cwe ya om
    4.Smentara ini AM saya lincah dan gesit. EF yang bagus untuk AM saya apa?
    Terima kasih atas perhatiannya
    salam,
    Nvsatria

    • Terbiasa karamba enggak? Kalau masih muda tetpi jarang mandi karamba (kaki masuk di air) biasanya juga terlihat kering. Apalagi kalau kondisi kandang sering kurang bersih, kakinya bisa kena bulul juga Om.
      Untuk kuku panjang, bisa gunakan tangkringan beramplas (tetapi yang beramplasnya di bagian bawa atau samping saja, kalau di bagian atas bisa menyebabkan kaki burung terluka/berdarah karena telepak kaki menipis.
      EF yang bagus untuk AM ya biasa Om jangkrik sama cacing,. Itu standar bagus.

Komentar ditutup.