Joker, anis kembang punya Om Gunawan

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Di bawah adalah foto anis kembang (AK) punya Om Gunawan, yang mengirimkan ke agroburung via email. Sayang satu gambar lainnya, link-nya tidak bisa saya buka. Nggak apa-apa satu saja sudah cukup.
Pesan Om Gun antara lain sebagai berikut:

Om Duto, selamat malam , ini saya kirimkan foto anis kembang saya yg bernama = JOKER, hasil ternakan dari ring GAT Salatiga . Si joker ini umurnya kira2 menjelang 2 tahun Om Duto.
Saya mengirimkan foto AK saya dengan tujuan agar supaya di lomba2 terutama di Jawa Timur, kelas AK tidak dianaktirikan oleh penyelenggara lomba.
Terima kasih Om Duto

Berikut ini gambarnya:

Joker, anis kembang milik Om Gun.Mendapat email ini, saya tidak akan mengomentari soal AK-nya. Soalnya, dari nama dan penangkarnya, para penghobi AK rata-rata sudah tahu bagaimana kualitas AK dari penangkaran GAT Om Heri Salatiga. (Cerita tentang penangkaran Om Heri bisa dibaca di sini: https://omkicau.com/2009/04/10/ngobrol-asyik-dengan-om-heri_gatbf/.

Memang, saat ini AK seperti anak tiri di arena lomba. Banyak EO yang tidak menggelar kelas AK pada lomba yang mereka gelar. Atau kalau diadakan, biasanya bukan termasuk kelas bergengsi.
Padahal, menurut saya, AK termasuk burung “klasik”. Mudah perawatannya dan relatif stabil (dibandingkan AM misalnya).
Selain itu, dalam hal kicauannya, AK tergolong merdu dan tidak membosankan. Lagu bisa sangat bervariasi tergantung isiannya. Selain itu, AK yang sudah jadi, tidak pernah putus2 untuk bunyi. Dia hanya istirahat kalau pas makan dan mandi. Di luar itu, dia akan ngerol meski hari sudah larut malam, kecuali dikerodong atau ditempatkan di ruangan gelap.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Mengapa AK dianaktirikan?
Menurut saya hal ini pertama-tama adalah karena stok AK sendiri secara umum tidak melimpah sebagaimana kacer poci, MB, AK, LB atau kenari misalnya.
Dengan stok pasaran yang menipis, maka burung ini tidak menyebar merata dimiliki oleh para penghobi burung. Artinya, jika ada EP menggelar kelas AK, pesertanya memang jadi hanya sedikit. Ya namanya bisnis, mereka tidak mau ambil risiko. Akibatnya, EO lebih menekankan pada burung2 yang secara umum di pasaran melimpah. Contohnya ya MB, AK, kenari dsb.
Terlepas dari pesoalan bisnis itu, maka ini adalah tantangan bagi para penghobi burung untuk mendorong berkembangnya penangkaran AK sehingga jumlah AK di pasaran bisa banyak, tanpa berburu lagi AK2 di hutan yang sekarang populasinya sudah menipis.
Ya mangga Om Gun, ini tugas kita bersama.
Terima kasih atas emailnya.
Salam.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

9 Comments

  1. terima kasih banyak untuk om DUTO , yang telah menampilkan foto AK saya . saya berharap ke depannya anis kembang tidak di anak tirikan atau di hapus , baik dalam lomba ataupu latber . terima kasih om DUTO

  2. Saya baru dapat info..dua hari ini udah keluar bunyi Toet (yg dengar org lain)..cuma 1xsehari..selanjutnya gimana supaya Toetnya rajin,syukur2 suara bs bongkar lagi. Apa jangkrik udah boleh..kasian Om,bentuk badannya jadi bulat.
    Ada saran dr teman..full kerodong aja ampe Toet..toet..toet baru buka..apa cara itu benar?

  3. 1 Thn yang lalu saya beli AK trotolan tangkapan hutan di pasar burung harganya 325rb, sebelumnya saya pernah beli AM trotolan, 2 thn saya merawatnya & sekarang sudah bunyi. Makanya saya pilih AK sebagai tantangan baru untuk merawatnya, sekarang sdh ngriwik2. Saya pilih AK krn jenis ini punya suara yang kristal & ngerol. Tapi saya juga sedih dengan minat AK yang begitu anjlok baik di tempat2 latihan maupun daya beli para penghobi burung. Pernah saya datangi tempat dulu saya beli AK, ternyata harganya sekarang turun 75rb dari harga saya beli dulu. Harapan saya kelak AK menemui kembali masa emasnya seperti dulu.

Komentar ditutup.