Foto jalak punya Tante Markisa

Di bawah terdapat foto-foto gambar jalak putih muda yang dikirim Mbak Anna yang saya lebih senang menyebut Tante Markisa  aja. Isi pesan adalah sebagai berikut:

Kulonuwun Om Duto
Ini loh gambar jalakku.. kira kira cowok apa cewek? Ceile kayak ABG aja pake istilah cowok and cewek Heheeh
Ditunggu ya om,  terima kasih.
Anna

Brikut gambarnya:
Maaf foto-foto sudah dialihkan.

Menanggapi pertanyaan itu terus terang saya tidak bisa memperkirakan jantan-betinanya jalak itu tanpa adanya perbandingan dengan pasangannya (yang menurut Tante Markisa lepas karena kandangnya jebol).

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Alasan saya bisa dibaca berdasar postingan saya yang ini: https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

Hanya saja ada hal yang perlu saya komentari dan saya harap diubah cara pemeliharaannya:

1. Sangkar kurang besar.

2. Tangkringan jangan dari plastik dari dari kayu. Kalau dari plastik, apalagi kekecilan, kasihan burungnya karena sulit mencengkeram. Akibatnya, kaki bisa invalid. Lihat saja posisi kaki pada gambar2 jalak itu, menunjukkan posisi yang tidak seharusnya. Kanan dan kiri tidak simetris. Yang kiri terkesan habis sakit dan belum kuat mencengkeram.

3. Saya memang tidak melihat wadah air karena mungkin ada di bagian bawah dan tidak kefoto.  Saya harap wadahnya cukup besar agar burung bisa mandi dengan leluasa. Sebab, kalau saya lihat dari foto itu, burung kurang segar karena mungkin kurang mandi (meniru majikannya kaleee)…

5. Tangkringan terlihat bersih. Saya tidak yakin kalau majikannya sedemikian rajin sampai-sampai tangkringan terlihat putih bersih hehehe. Menurut saya, burung ini jarang dikasih buah seperti kates atau pisang.

Nah atas dasar catatan saya itu, mangga Tante Markisa bisa melakukan perbaikan pemeliharaan sehingga burung bisa sehat, senang, aman sejahtera….

Salam…

Untuk yang mau kirim foto,  silakan kirim ke dutosricahyono@yahoo.com

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

2 Comments

  1. wah Om Duto, terima kasih saran dan tanggapannya… membuat saya jadi malu berat…

    1. kurungan jalak masih rusak, saya belum belikan yang baru dan itu memang kurungan punya Lovbird dan masih baru makanya kinclong adn bersih.. tau aja om kalo aku ga rajin-rajin banget, apalgi jalak kalo pup banyak ga ada berhntinya hehehe
    makanya buat tangkringan kekecilan dan burung sering ga imbang kayak mau ke jlungup

    2. buah memang jarang saya kasih, pas kebetulan yang punya beli ya di bagi kalo ga ya cuma poer ma kroto om, ada tempat mandi tapi kayaknya kurang besar jadi ga seger ga bisa nyemplung kayak kandangnya yang dulu.., yang bikin heran dia selalu gelagapan kalo di deketi.. kayak takut mau di makan aja. .. tapi terima kasih om wejangannya, akan segera saya laksanakan agar sehat dan segar… sukses selalu buat Om Duto.. bener bener eyang burung sejati yang memperhatikan sekali kesejahteraan burung..s alut buat om, kalo saya memang kadang moody.. pas rajin, kinclong sarangnya.. and wangi krn di cuci pake shampo .. giliran males ya gitu deh.. hehe tapi kalo kasih makan ga pernah lupa … sekali lagi terima kasih Om..

Komentar ditutup.