Serunya berburu adenium di Negeri Berjuta Candi

Pengantar: Ini adalah tulisan oleh-oleh omkicau.com dari Thailand.  Jika ada hal yang ingin ditanyakan seputar perjalanan ini ataupun segala persoalan tentang adenium, langsung saja kirim pertanyaan ke agroburung. Insya Allah saya jawab.
(Senja, Editor & Penulis)

Berburu Adenium di negara Thailand sebenarnya tidak sulit, karena banyak sekali kebun atau pedagang Adenium besar yang ternama maupun tidak bermukim di sana. Namun kalau ingin mendapatkan jenis-jenis tertentu apalagi yang berkualitas jadi lain lagi ceritanya.

Maaf foto sudah dialihkan!

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Perjalanan seminggu di Thailand serasa nggak cukup untuk memburu lokasi-lokasi bercokolnya Adenium-adenium bagus dan berjenis khusus. Apalagi saat itu rombongan kami yang berjumlah empat orang terfokus pada beberapa jenis Adenium saja di mana di negeri itupun masih dianggap sebagai Adenium bergengsi dan berharga di atas rata-rata jenis Adenium lain.

Beberapa jenis itu adalah Arabicum kualitas prima, Thai Soco prima ukuran medium up dan RCN cutting medium up. Beragam informasipun dihimpun sebelum berangkat kesana, namun, nampaknya bekal itu saja nggak cukup, karena sesampai di sana jika hanya berbekal informasi dari internet atau map pasti hanya akan membuat perjalanan selama seminggu itu tidak akan menyisakan hasil yang maksimal.

Wal hasil, karena intensitas hubungan yang baik antara Hidayat Adriyansah, salah satu peserta rombongan dari Jegeg Nursery Bali dengan salah satu koleganya di Thailand maka waktu seminggu menjadi sangat mengesankan karena sukses meraup banyak sekali kebun berkualitas sesuai yang diinginkan.

Maaf foto sudah dialihkan!

Antar lokasi kebun atau dari base camp kita ke kebun-kebun itu (dengan di antar sang kolega), jarak minimalnya sekitar 1,5 jam, sementara jarak terjauh yang dapat kita jangkau dalam sehari 4 jam. Seperti jarak perburuan ke kebun di kawasan Korat City, sebuah kawasan di distrik Nakon Ratchasima yang membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan darat dari Pathumthani di mana base camp kita berada.

Kebun-kebun di sana, memang nggak terlalu besar, namun di sana banyak sekali kebun-kebun yang sebagin besar di antaranya belum terjamah oleh Ademania Indonesia. Namun sayang, untuk mencari RCN cutting seperti yang diinginkan plus ukuran dan kualitas yang diharapkan juga tidak terlalu ada.

Yang banyak dibudidaya oleh Ademania kawasan ini adalah Thai Soco. Kalau bicara Thai Soco di kawasan jangan tanya deh, beragam ukuran dan kualitas ada di sana. Harganya pun rupa-rupa dari yang hanya 1000 Thailand Bath (THB) sampai dengan yang jutaan THB, semua bergantung ukuran dan kualitasnya. Nampaknya, orang sono pun sudah mulai mafum dengan selera Indonesia, ketika kita nyampai disalah satu kebun yakni di kebun milik Mr. Charant, pun dia langsung menyodori produk-produk dengan kualitas yang sudah Indonesia Banget, namun sayang untuk harga sudah nggak alang kepalang untuk Thai Soco yang sudah siap kontes. Lain waktu, kita lanjutin cerita seru ke kebun-kebun lainnya. Oke? (Senja Agroburung; jegegnursery.com)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. Salute to bli dayat, bli kadek bli dodi dan mas senja…..Semoga dunia adenium indonesia dapat semaju di thailand. Kita semua teman2 di indonesia men support langkah2 yang diambil JN utk memajukan dunia adenium di indonesia.
    Btw foto nya ganteng juga tuh…..( yg Gede maksudnya ) hehehehe

  2. Salute to bli dayat, bli kadek bli dodi dan mas senja…..Semoga dunia adenium indonesia dapat semaju di thailand. Kita semua teman2 di indonesia men support langkah2 yang diambil JN utk memajukan dunia adenium di indonesia.

Komentar ditutup.