Waspadai penyakit burung di musim penghujan

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Musim penghujan adalah musim berkembang biak untuk banyak jenis makhluk hidup, termasuk burung. Burung anis merah di penangkaran alam Bali misalnya, saat ini sedang memasuki musim beranak pinak. Hal itu tidak mengherankan karena pada musim penghujan banyak serangga juga beranak pinak, bunga bermekaran dan buah-buahan bermunculan. Semuanya adalah pendukung ketersediaan makanan bagi anis merah untuk menyuapi anak-anak mereka.

Hanya saja, ketika musim hujan ini pula ancaman penyakit datang bagi burung-burung peliharaan kita. Perubahan cuaca yang secara umum bersuhu panas ke dingin, menyebabkan daya tahan tubuh burung turun. Pada saat yang sama, mikroba dan parasit pengganggu burung juga sedang berkembang biak. Termasuk pula jamur di pojok bawah sangkar burung, di kandang penangkaran, bahkan di kaki-kaki burung yang menyebabkan burung mudah terkena bubul.

Tiga langkah penting

Bagaimana kita mengatasi ancaman tersebut? Yang pertama-tama kita lakukan adalah rajin-rajin mengerodong burung di malam hari; kedua, memberikan pakan yang cukup dari sisi vitamin dan mineralnya, dan ketiga menyempatkan diri mencuri-curi waktu untuk menjemur burung di sela-sela waktu hujan.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Kerodong mutlak diperlukan jika ruangan tempat burung digantang adalah ruangan terbuka atau terhubung langsung dengan udara luar. Untuk burung-burung usia muda, kalau perlu diberikan penerangan yang kuat untuk menghangatkan  suhu ruangan.

Sementara kelengkapan asupan makanan jangan dilupakan. Sebab, dalam kondisi perubahan cuaca, burung bisa mengalami penurunan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, sistem pencernaan, sistem peredaran darah dan proses metabolisme perlu dibantu dengan “oli” dari luar, berupa vitamin, mineral dan juga sejumlah jenis asam amino tertentu sesuai kebutuhan mereka.

Untuk menghadapi ancaman parasit seperti jamur, mikroba, kutu dan tungau serta cacing, diperlukan juga pembasmi parasit yang perlu digunakan secara lebih sering dibandingkan ketika musim kemarau.

Jadi, singkat kata, Anda perlu “sedia payung selama musim hujan” khususnya untuk burung-burung Anda. Jangan sampai menyesali sesuatunya ketika semua sudah terlambat.

Ya mohon diingat saja, pesan ini disampaikan oleh PERAWAT PRIMA BURUNG ANDA: BirdVit, FreshAves dan AscariStop.

Selamat  berhobi secara happy.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.