Oxyspirura mansoni, cacing yang suka bersarang di mata burung

Burung dengan Oxyspirura mansoni di matanya (Foto: cari.res.in/animal-ach/SERO.htm)

Namanya memang keren, bagai nama bintang film, Oxyspirura mansoni. Wuah… padahala ini adalah nama salah satu jenis cacing gilig. Dan tidak seperti cacing lain yang hidup di saluran pencernaan, Oxyspirura mansoni ini sukanya tinggal di mata inangnya (hewan di mana si cacing hidup dan menjadi parasit). Si inang cacing ini sebagian besar adalah bangsa unggas dan burung. Jadi kalau suatu ketika burung Anda terserang sakit mata, bisa jadi itu adalah serangan cacing bernama keren tersebut.

Cacing ini senang tinggal di balik kelopak mata (membrana nictitan) unggas seperti ayam dan burung. Cacing jenis ini yang dewasa bisa mencapai panjang 12-18 mm dan dapat menyebabkan radang mata, kerusakan kornea dan mengganggu daya pandang burung.

Cacing betina dewasa bertelur di balik kelopak mata dan dapat masuk ke dalam tenggorokan (pharynx) lewat saluran air mata, kemudian tertelan masuk kerongkongan (oesophagus), lalu berlanjut ke alat pencernaan (usus) dan keluar bersama kotoran (faces). Faces yang mengandung telur-telur cacing ini kemudian dimakan oleh sebangsa lipas (kelabang) juga kecoa. Dalam tubuh kecoa ataupun kelabang ini telur menetas dan meneruskan daur hidupnya hingga mencapai stadium infektif. Bila kelabang dimakan unggas maka daur hidup cacing akan berlanjut karena larva cacing ini akan menuju ke kerongkongan dan melalui saluran air mata masuk kembali bertengger di balik kelopak mata induk semangnya (ayam atau burung).

Untuk cacing yang ada di kelopak mata, teteskan saja 1-2 tetes larutan Cresol 5% (dapat dibeli di apotek), biarkan 2-3 menit maka tidak lama kemudian cacing-cacing yang hidup di mata akan mati. Selanjutnya bersihkan mata dengan aquades steril agar sisa larutan Cresol hilang. Selanjutnya jangan dibiasakan burung makan atau diberi makan lipas (atau malah kecoa).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sementara itu untuk membasmi cacing yang sedang berada di saluran pencernaan, kita bisa memberikan obat cacing (bisa kita gunakan AscariStop). Sementara untuk cacing yang sedang berada di saluran air mata, bisa digunakan BirdFresh sebagai pembasmi cacing dengan cara oles dan akan bekerja secara sistemik ke semua bagian tubuh yang teraliri darah.

Foto mikroskopik Oxyspirura mansoni

Sehubungan dengan ancaman Oxyspirura mansoni, maka para penghobi yang suka memberikan extra fooding (EF) berupa kelabang atau lipas kepada burung kesayangannya, perlu mematikan bahwa kelabang yang diberikan bebas dari telur Oxyspirura mansoni. Tetapi untuk memastikannya bukanlah pekerjaan mudah. Paling gampang tentunya tidak perlu memberi extra fooding (EF) kelabang untuk burung kesayangan kita. (Referensi: Drh Dharmojono, Aneka Permasalahan Burung dan Ayam Hias. Foto: http://www.scielo.br).

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.