Ketika BnR disorot

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Saya kadang tidak bisa mendefinisikan secara jernih apa itu BnR. Apakah ini sekadar nama tabloid tentang burung, sekadar nama yayasan, ataukah sekadar event organizer (EO) lomba burung. Tetapi apapun definisi BnR di sini, nama itu sudah terbranding sebagai “pemain baru” di dunia perburungan yang namanya cepat sekali meroket.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Seringkali teman-teman meminta saya untuk menulis tentang BnR ini, namun saya menolaknya. Mengapa? Saya takut terjebak menjadi tidak obyektif. Apalagi saya pernah kirim pesan ke Om Boy, salah satu bos BnR, agar BnR menyeponsori  web Om Kicau ketika saya masih memfokuskan pada penggarapan website omkicau.com. Dan saat itu, saya diminta menghubungi sesorang di BnR tetapi tidak saya lakukan karena saya rasakan tanggapan Om Boy kurang antusias. Nah, dalam konteks itulah saya takut menjadi tidak obyektif.

Namun mau tidak mau, saya akhirnya menulis mengenai BnR, saat ini. Tetapi sekali lagi, untuk menjaga obyektivitas, saya sengaja hanya membatasi diri membahas apa yang saat ini sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan kicaumania.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Forum terbesar untuk kicaumania Indonesia saat ini, tentu saja kicaumania.or.id (siapa belum daftar ke KM? ayo daftar dong…).  Nah dari sanalah saya  memulai tulisan berjudul “Ketika BnR menjadi sorotan” ini. Saya tidak akan menginterprestasikannya dan juga tidak akan memberikan penilaian karena saya kebetulan juga ikut ngobrol di forum itu.

Silakan Anda mengikuti sendiri obrolan di bawah ini. Harapan saya pribadi, hendaknya hal ini menjadi perhatian petinggi BnR untuk kembali menengok perjalanannya selama bergaul di dunia perburungan. Tetapi kalaupun tidak sempta menanggapinya, ya tidak apa-apa karena setiap orang mempunyai kesibukan sendiri-sendiri dan juga kepentingan sendiri=sendiri.

Obrolan di forum kicaumania.or.id itu dimulai dengan thread oleh:

Om FREDY TJA: Barusan baca Koran BnR ,hal 40, Diberitakan Bahwa mulai sekarang sangkar BnR harus pakai yg Logo nya PLAT BESI, berarti yg model lama kita beli sudah tdk bisa terpakai lagi untuk even-even wajib kandang BnR! Belum 1 thn sudah harus ganti kandang baru lagi,!!! *Dulu kan misi BnR pakai sangkar BnR supaya juri tidak pandang dari sangkar nya , walaupun ada palsu kan mirip2 juga ! Mereka tidak bilang ; kalau ada yg palsu in sangkar nya kita akan ganti lagi” musti nya pas mau masuk lomba ada beberapa orang petugas untuk mantau sangkar yg asli yg boleh masuk! Jadi kita tdk usah beli2 sangkar lagi ! tanya Mengapa!!! cappee Deehhh.

Tanggapan berikutnya yang relevan dengan tretment awal itu adalah sebegai berikut:

Ndoro Agung: Nanti berikutnye yg logonye pake Besi ga kepake ganti pake Tembaga… terus Timah..terus… seng.. serusssssssssss… EMAS kale yeeeeeeeee… walahhhhhhhhhhhh… .niat Jualan kandang kale yeeeeeeeeeee.. eh eh eh eh eh eh eh ..ane jg ikutan Mumet ..Ya sdh lah Latberan aje ahhhh..ga Lomba2 dari pada Lomba jadi mumet??..ta iyeeeeeeeeee

Boss Babbe: wah….kalau terus begini …bisa runyam juga ya…. setiap tahun harus ganti.. sebaiknya si BNR memberikan tukar aja logonya yang fiber menjadi yang besi…. tetapi harus membawa kandangnya kali ya…… prediksi sih supaya tidak ada yang meniru… atau mungkin kini sudah banyak bnr bajakan kali ya….

Sasha: Kadang saya jadi bingung sendiri, sebetulnya mau lomba burung atau pamer kandang. Untuk mencari burung yang layak dilombakan saja sudah susah, sekarang ditambah lagi ada kewajiban memakai kandang tertentu. besok-besok akan muncul lagi harus memakai kerodong merk tertentu. lama-lama lomba burung menjadi monopoli semata. Betul kata Om Fredy TJA, saya juga ikut capeeek deeehhhh ……..

Fredy Tja menanggapi Sasha: benar, dulu waktu beli kandang ,ber cita2 supaya tdk beli kandang lomba lagi, jadi pakai kandang BnR saja bisa universal di bawa2 ke lomba mana pun, eh ternyata sekarang sudah tdk ber laku lagi, jadi lah kandang harian dengan harga di atas rata2, maaf hanya share dan curhat, tdk lebih.

Kindef_united: walah ada2 aja….. sabar om….. resiko lomba dikelas kakap…

zrf: Kecurigaan saya dari awal terbukti. UUD – Ujung-Ujungnye Duit.

iray06′: ada2 aja peraturanya… blom lagi penyusuain burung dengan kandang baru…

Kc: Sbnrnya, pakai kandang apapun gk mslh wkt perlombaan, yg penting layak dan enak dilihat… Ada-ada aja peraturan skr ini…

DC: hehe..ane dah nebak bakal kayak gini…ada2 aja…

Subianto: Memang yg suruh ikut lomba BnR itu siapa?

bay arena: dr awal motifnya udah keliatan kok om..

oni andoko: yah mending suruh beli plat besi BNR saja donk.. Bijimana seh nih orang BnR? Cara-cara begini ini yang bakal bikin pamor BNR surut dgn perlahan sendirinya dan lomba2nya sepi peminat, walau…hadiahnya lomba BnR memang paling menggiurkan semua orang. Lets wait & see lah, waktu yang akan membuktikan.

jenggotah: sama sama om….. ane berpikir bak “mono poli tapi tidak berusaha dari mulai biji, akar sampai tumbuh tinggi pohonnya” yang ada berusaha diatas “pepohonan” orang lain…..yang mana pepohonannya udah pada tinggi janganlah begitu……jalankan usaha yang biasa-biasa aja , ntar lama-lama tumbuh dan berkembang dengan sendirinya.

Subianto menanggapi Oni Andoko: Awal BnR mulai bikin lomba , orang2 jg bilang wait & see lah, kenyataannya sekarang yg pada lemes yg mana ? Batas waktu nunggunya mau sampai kapan. Ane gak pro Bnr tp pro KM.

FREDY TJA: *Dulu kan misi BnR pakai sangkar BnR supaya juri tidak pandang dari sangkar nya , walaupun ada palsu kan mirip2 juga ! Mereka tidak bilang ; kalau ada yg palsu in sangkar nya kita akan ganti lagi” musti nya pas mau masuk lomba ada beberapa orang petugas untuk mantau sangkar yg asli yg boleh masuk! Jadi kita tdk usah beli2 sangkar lagi ! kalau setiap 4 bulan ganti sangkar RP 450 X 3 ( 1 tahun ) = 1.2 jt lebih, mending beli kandang ukir yg murah meriah.

arkum2x: ngapain jadi susah… dari pada susah.. wesh gak usah ikut lomba.. breeding aja deh…hik…hik…hik

ione_bagja: Kontes burung sekarang mah jadi ajang lomba sangkar,..dgn dalih agar lbh objektive dalam penilaian he he, Ujung2 EO membuat ketergantungan thd pelomba utk mdnggunakan produk tertentu. Ekonomi kapitalis berlaku juga di dunia burung ,he he Kalo ane cenderung tdk menggunakan sangkar dgn brand tertentu,toh ..masih banyak EO bergengsi yg membebaskan pake sangkar tanpa label produk

Um Pe: ..Dilema .. Kontes Burung apa kontes sangkar ?

ping62: wah saya mendengarnya aja udah bingung nih pdhl setahu saya pihak bnr berniat supaya orang tidak bingung…

harry: Biar aja bro, bukannya untung nanti mereka malah buntungko.

sabian_08: yap….. setuju ma semuanya… itulah sistem perdagangan yg baru… kan dri awal emang mo dagang…

gus git: yap….. setuju ma semuanya… itulah sistem perdagangan yg baru… kan dri awal emang mo dagang… setuju juga om, ane jd binun kl mau lomba beli tiket tunjukan bekas bungkus pakan dari BnR,kandang BnR, lama2 burung jg harus dari BnR nih…heheheee..

CJ: Tujuan BNR mungkin untuk mengantisipasi Sangkar PALSU kali……. Pada hal saya beli sangkar BNR harus nabung nih ….

jhony Cries: Yaaaa klw gitu ngak usah ikut lomba BnR aza knp pusing hehehe

]ione_bagja: Rumors nya lagi,sebagian besar AM asal bali di borong oleh BnR.

firman haz: yang saya dengar malah sdh dari 2 musim yang lalu sdh diborong om

FREDY TJA: Tadi sy telp Herry ip, sy tanya ,menurut dia si kata nya,masih boleh, dan plat nya bisa di ganti, tapi belum tau kepastian tepat nya si,

Kc: Msh bnyk lomba2 dan latber2 yg bkn BNR om… Np musti hrs ikut lombanya BNR… Udah cpk bnyk peraturan lg… Mungkn sklgus promosi sangkar dia x yg gk bgt laku, wkwkwkwk……………..

kindef_united: wah..bisa2 ntar muncul lomba AM khusus ring BnR….

ndoro agung: Entu jg dah Diwacanakan Om..ane pernah Baca di tabloidnye malah nanti dng Hadiah Guede spesial Ring die aje…

firman haz: dengar2 isunya memang demikian om, nasib oh… nasib….

gatot sutanto: ya …, mungkin kalau diganti platkan bisa dicek pake metal detector, mana yang asli/palsu, sejujurnya ini adalah tantangan para juri apapun sangkarnya kalau nilai dengan tulus hasilnya akan terbaik, emangnya yang punya duit yang mampu beli sangkar bagus? kasihan pengrajin kecil hanya dijadikan kambing hitam, kreativitas karya sangkar harusnya dihargai bukannnya hanya dijadikan kambing hitam!! saya buat sangkar sudah 10 tahun tidak ada bos gede yang beli sangkar kok, jadi jangan terkecoh dengn trik2 dari bos besar yg seolah-olah bantu pengrajin kecil yach ujung-ujungnya rekan kicau mania tau sendiri kan????? Saya usul yang jadi juri sebaiknya para bos2 besar aja, bisa fair atau tidak ??

dody_jb: wah.. wah..wah.. kok jadi libet gitu yak..?

dian_76: yach begitulah ..katanya buat bikin inovasi tapi apa …???? bilang ja klao mau jualan ….!! he3x

Andysurya: Ujung2nya pecinta burung kicau dengan kantong cekak seperti ane kayanya ga bakal bisa ikut lomba dah!!!

Rudi Jambi: wkwkwkkkkk… iya nih…seperti saya…. ngk ikut lomba lg… mending breeding aja… kadang kalo lagi kepengen….ikut latberan lokalan aja… kalo masuk sukur… kalo ngk ya… kondangan… he he he he he ….. santai aja…lagee…dont worry be happy…. wkwkwkwkkkk….

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

indra: bila hobi udah dicampur kepentingan sendiri jadi mls2an buat hobi burung lg he3

ivanparis: ONO ONO BAEK yaaa…”opo maneh iki jiiiahhh”….. Seharusnya yang diberantas yang palsu yakk… bukannya yang asli diganti sama yang “baru akan dipalsu”… lah… kepribeeen.. to kiye…KEMREMYESSS

pambakau: Ya namanya bisnis, ya gitulah

myxomatosis menanggapi zrf: Yang ini TOP Markotob bangat saya suka deh om.

tjia.lionghay: begitulah kalo tujuannya bisnis………. dari awal saya udah baca tujuannnya kemana, sempat saya beli tabloidnya 2 edisi….. abis itu saya putusin ngga akan pake produk tsb….. karena adanya wajib inilah…. wajib itulah…… beda khan dengan KM yang tujuannya untuk hobbies……. ngga ada suatu keharusan….. semua didasarkan solidaritas dan persaudaraan….. mudah2an KM ngga terkontaminasi ama hal-hal begituan….. CMIIW.

dedy_utomo: Yang malas hobi piara burung apa hobi lomba burung nih om…he he he

pitagoras: semoga saja aspirasi dari kawan2 semua dapat tanggapan positif dari pihak terkait. jadikan hobi utk sebatas kesenangan saja, jika merasa terbeban jangan dilakukan….enjoy saja.

zrf: Lucu bnr warningnya. Hik hiks.. Emang nya klo sangkarnya Palsu knp. Ga jadi untung krn duitnya masuk ke penjual sangkar yg laen yah. Apalagi klo baca isi tabloidnya Bhsnya penuh intimidasi & pamer.

IJHOEL_YULIANT: asal jangan nantinya burung yg ikut lomba harus ada tatonya BnR..capeeeeee dehhhh.

Arda Pandawa: Gak usah dibikin mummet om…. Kalau kita mau ikut even dia ya…. ikuti aja aturannya dan just enjoy…. Kalau ribet…. ya leave it…. Sekali lagi kita dari kalangan penghobi om, jangan bikin tersiksa oleh keadaan….

Bustomi: Tambahan info mungkin sudah terlupakan. Sebenarnya ganti kandang made in bnr ini sudah yang ke 2 kali dan kalau rencana baru ini berjalan berarti yang ke 3. Ingat tidak waktu pertama kali lomba besar bnr yang mewajibkan pakai kandang harian mereka yang tanpa logo (polos) ?? Kalau tidak salah di Taman Bunga Wiladika – Cibubur dan event ini mendapat penghargaan rekor MURI dari Om Jaya S. Tapi benar seperti yang dikatakan Om AP, buat apa di pusingin khan lomba masih banyak yang diadain oleh EO lainnya. Contohnya minggu ini ada lomba besar di Jakarta di 3 titik. Mau pilih PBI, silahkan ke Deptan. Mau pilih BNR, silahkan ke Kemayoran. Dan mau pilih yg lain, ada di Kelapa Gading. Nah yang terakhir ini altenatif terbaik karena disponsori beberapa anggota KM loh. Uppss malah promosi…

ayiebatam: gak usah pusing,kalo diikutin malah kita yang mumet… lah wong yang lomba burung, bukan sangkarnya… kalo saya gak bisa ikut lomba bnr gak apa2… biar ikut lomba yang lain nya masih banyak…. kalo boleh ikut ya ikut kalo gak boleh yo weeessss….

CJ: Ya santai saja bro … Yang kita harapkan sih semoga BNR ada Team Pengecek Sangkar Palsu, sehingga kalau ketahuan langsung di blacklist dari Lomba BNR, atau tidak boleh pada saat mengikuti lomba. Atau kalau itu kewajiban BNR (karena emang Hak nya BNR), maka yang mau mengikuti Lomba nya BNR kita juga Harus mengikuti Peraturannya BNR. Kalau tidak mau mengikuti lomba ya tdk perlu beli lag sangkar BNR …

cak_silo: Lomba Manuk tha dodolan kurungan…..

bhonie: tik tak tik tak tik tak tik taktik tiktak,, , menerima kandang bekas pakai tanpa di pungut biaya hanya di do’a kan masuk surga aja,, , siap terima jemput ke rumah 1 x 24 jam,7 hari seminggu,, , maaf tidak terima marahan atau makian,, ,100% guyuu,, ,he he he

FREDY TJA menanggapi CJ: untuk lomba di bali, kayak nya musti beli, karna hadiah nya besar ,menang kan kepulangan uang sangak nya (ngarep menang) he he he.

CJ: Gini aja om semua .. Bang Boy selaku big bos BNR kan baik hati …. siapa tahu salah satu pengurus BNR membaca thread ini sehingga ada kebijakan buat warga KM misal begini: “KHUSUS WARGA KM maka KANDANG LAMA TIDAK MASALAH” asal tidak palsu ya …

Aragorn: 1. BnR versi-1 (Cibubur) : Polos, made in Solo. 2. BnR versi-2 (Presiden Cup) : Logo plastik, made in Bandung. 3. BnR versi-3 (………) : Plat, made in ?? ~ Harga dinaikin + Kualitas diturunin = Untung Gede (Udah Gue Pikirin). ~ Model baru keluar, model lama ga berlaku lagi = Pemain Bingung (Emang Gue Pikirin). Belom lagi iuran anggota … kemana tuh nasibnya?

henry kenari: untung sy selalu pake kdg lovebird utk kenari saya.. KUAT TAHAN BONCENG TAHAN PATAH. TAHAN DIRI gak IKUT LOMBA BNR tapi gak tahan liat kicaumania dipermainkan… plat BNR….??? apa sih susahnya dipalsukan??? sy yakin bentar lg ada kdg BnR dgn plat yg palsu beredar kalo sdh beredar mk kandang BnR harus pake yg dipahat lgsg di kayu nya…tanpa tempelan plat lg.. itu sdh diperkirakan.

Subianto: Kalo memang niat malsu biar dipahat tetep aja bisa .
suwarno71: Efek dari kapitalisme global, monopoli pasar (lewat kontes), atau marketing strategy yang brillian? wallahu alam.

bhonie: wadoooohh klo begitu kaya’a mending beli kandang BnR yg ada pelat’a aja,, ,itu juga klo harga’a sebanding dgn kwlitas’a,, ,klo ngak mending beli yg ……. aj

Dende: jelek Kandang BNR !!! Harga mahal… kwalitas RENDAHAN… jual paksa logo BNR… Punya burung bagus… Ga perlu pusing ngikut lomba BNR…. Kandang harus BNR… Pakan harus BNR… Pemenang orang orang BNR..

liverpooldian: sama dari awal saya juga begitu curiganya .. akhirnya terbukti, Kalo di sby BNR banyak kisruhnya kalo ada event, mudah2an kedepannya sih gak.. selain kurangnya sosialisasi proses penjurian BNR. apa lagi dengan adanya wajib pake sangkar BNR sekarang malah ganti pake sangkar yang bener2″wajib” (plat besi), makin terlihat kalo UUD. lama lama nanti di sangkarnya ada foto jabat tangan pembeli sama pemilik bnr, biar bener2 valid tu keaslian sangkar.. karena kalo plat besi aja, masih bisa di palsu oknum tertentu (kalou pun itu di palsukan??!, karena beda asli ama palsu sebelum plat besi ini. saya blom denger dan lihat sendiiri,) kalo yang plastik atau viber aja bisa di palsukan apa lagi plat besi??!!. Keris aja bisa di bikin mirip kok heheheheh.

Duto Sri Cahyono (Om Kicau) menanggapi Dende:
Untuk poin kandang, pakan, bahkan burung “merk BnR” dan sebagainya memang itu hak BnR untuk menerapkan aturan main, tinggal kita mau ikut atau tidak.

Tetapi kalau “pemenangnya orang-orang BnR” itu memang baru sebatas kecurigaan. Hendaknya tidak dibesar-besarkan karena bisa menimbulkan ketidaksenangan orang.

Ini sekadar cerita, tentang cara main “LOMBA BESAR, HADIAH BESAR” pada lomba mancing di berbagai kolam ikan jaman “dahulu kala” (sekarang sudah fair kaleeee….):

Alkisah, ada lomba besar mancing ikan tombro di sebuah kolam negeri antah berantah…

Pada kolam dengan 150 lapak, tiket yang dijual sebanyak 125 lapak. Sisanya yang 25 lapak, digunakan oleh orang-orangnya panitia lomba mancing. Siapa 25 orang yang diberi tiket gratis itu? Ya para maniak mancing yang bisa membawa ikan hasil pancingan secara gratis, tetapi jika dapat hadiah, maka hadiah dikembalikan ke panitia dengan ya.. sedikit potongan sebagai uang gula-gula… (Saya dulu suka banget jadi “pemancing” model beginian…).

Nah pada sepekan sebelumnya, ikan2 besar nominasi (yang kalau kena orang dapat hadiah), sudah ditebar di kolam itu. Ikan2 ini juga sudah dipelajari dulu kebiasaan makanannya, jenis pakannya dan sebagainya. Ketika dia ditebar, pemilik kolam mempelajari juga di sisi mana saja ikan2 besar itu suka bergerombol. Ketika diketahui temoat ikan bergerombol, di situ pula pakan ikan selalu ditebar.

Jadi selama sepekan itu, ikan juga mempelajari bahwa dia tidak perlu pergi kemana-mana untuk mencari pakan dan kalaupun dia diangkat lagi sebelum waktu lomba kemudian ditebar lagi ketika lomba berlangsung, dia hapal untuk kembali lagi ke tempat dimana dia merasa nyaman sekaligus mudah mendapatkan pakan.

Nah di titik-titik ikan suka bergerombol inilah lapak yang disediakan untuk 25 orang “pemancing bayaran” pihak panitia. Bahkan di titik-titik itu pula air dari luar dirembeskan masuk ke kolam sehingga terjadi gelembung2 udara ketika lomba berlangsung. Tentu saja ikan paling suka dengan tempat seperti itu. Alhasil, siapakah yang mendapat peluang besar mendapatkan ikan nominasi? Ya bisa dipastikan orang-orang panitia.

Nah itu cerita tentang LOMBA BESAR HADIAH BESAR di kolam pemancingan yang secara teknis lebih rumit ketimbang lomba burung karena untuk makan atau tidak makan, ikan besar atau ikan kecil, bukan juri yang menetukan tetapi ikan itu sendiri dan kepiawaian para “pemancing bayaran”. Toh demikian, semua bisa disetting yang penting jangan sampai hadiah mobil atau uang jutaan rupiah melayang ke peserta luar (di lomba mancing besar, uang pendaftaran bisa sampai 2 jutaan, dengan hadiah mobil dan uang jutaan juga).
Kalau di Lomba Besar Hadiah Besar di dunia burung, saya kok nggak yakin kalau ada setting kecurangan seperti itu. Enggak tahulah bagaimana pendapat teman-teman semua.

Apalagi kalau panitianya sekelas BnR, apa ya mungkin mereka melakukan usaha dengan cara seperti itu? Semoga tidak dan tidak akan….

===

Demkiianlah sekelumit sorotan terhadap BnR yang tentu saja sorotan tersebut bersifat pribadi member kicaumania.or.id dan bukan mencerminkan sikap kicaumania.or.id sebagai sebuah komunitas kicaumania.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

35 Comments

  1. Salam damai om kicau tlong share dunk contoh gambar kandang bnr,, supaya para pemula paham dan tahu apa itu bnr dan apa sie arti bnr,, mksi yaa omkicau.. Dan 1 lg om selain bnr tlong share gambar kandang-kandang burung yg pantes dibawa kelomba yg sesuai dgn jenis burungnya om.. Mksi yaa om salam pemula om..

  2. Maaf om pengen curhat..
    Kapan ya di medan ada kontes suara manusia yg penontonnya burung kicau..?
    Atau para peserta kontes di medan pada tidak bisa baca atau para panitia kontes atau juri yg tidak tegas dalam menjalankan peraturan..?!

  3. terima kasih atas tanggapan kritik yang diberikan sistem penjurian BnR harus tidak memndang siap dan sangkar apa. jika om om semua melihat atau mengalamami ke tidak fair an kami mengharapkan om om dapat beritahukami sehingga kami bisa langsung menindak juri ataupun Eo yg kerjasama BnR jika terbukti mereka salah atau menyimpang di mata BnR seluruh kontestan atau kicaumania punya hak yang sama karena beli tiket yang sama. begitu juga dengan kualitas produk kami karena masukan atau kritik itu membuat kami bisa membenahi sesuatu yg kurang. kami yakin semua itu untuk kemajuan dunia perburungan Indonesia. mohon ijin ommkicau kalau kicaumania ingin memberitahukan penyimpangan atau apapun tentang BnR bisa langsung email ke kami di ariza.bnr@gmail.com/ke surat pembaca kami di thanks buat omkicau yg selalu memberikan wadah bagi kicaumania sukses selalu….salam kicaumania

  4. Jadi mau ikutan corat coret dikit nih om..
    Sekedar share saja buat om-om kicau mania semua,,
    1. Memang dengan adanya lomba yang mengharuskan kandang BnR dimana kandang tsb cenderung agak mahal dibanding kualitasnya membuat banyak orang yang benci/kontra dengan BnR. tapi perlu dilihat positifnya bahwa juri jadi tidak mengenali pemilik suatu burung dengan mendeteksi kandang burung tersebut (krn semua kandang sama). KALAU MASALAH SOGOK MENYOGOK ITU MENYANGKUT OKNUM KARENA DI LATBERAN YANG 10rb AJA SYA MELIHAT ADA YANG MENANG TAPI NYOGOK AMPLOP DAN ROKOK BUAT JURI DAN PANITIANYA.
    2. Kita harus mengakui keorganisasian BnR dalam dunia perburungan sudah sangat terorganisir dengan baik. (sehingga membuat Kicau Mania yang menang dalam suatu Event besar maupun latberan lokal yang dibawahi EO BnR bangga) BUKAN KARENA FOTONYA TAMPIL DALAM MAJALAH/TABLOID BNR YAAA
    3. Saran saya Presiden Cup seharusnya diadakan giliran di seluruh ibukota provinsi sehingga tidak menimbulkan kesenjangan/iri bagi Kicau Mania di seluruh Indonesia. (KARENA LUMAYAN MAHAL KAN OM BAWA BURUNG BY PESAWAT WONG ORANGNYA AJA MNGKIN BLOM PERNAH NAIK PESAWAT)…xp
    4. Publisitas saat ini tentunya dikuasai BnR karena majalah/tabloid dsb, namun saya yakin untuk Publisitas by Internet masih dikuasai OmKicau. Nah, bagi kita yang internetan terus ini mngkin ga sadar berapa banyak biaya yang kita keluarkan demi kegemaran/hobi kita membaca-baca/membuat blog, curhat masalah burung dsb. TAPI KARENA KITA TIDAK MERASA RUGI WALAUPUN MUNGKIN MAHAL KAN KITA TETAP MEMBUKA TERUS SITUS INI.
    5.So, penutup dari saya bagaimanapun usaha orang dalam menyalurkan hobi dan bisnisnya sekaligus, selama tidak merugikan diri kita sendiri menurut saya sih ga masalah. TAPI KALAU KITA MENGELUARKAN BIAYA DAN MEMANG KITA MENYUKAINYA MENURUT SAYA ITU TIDAK MERUGIKAN. (Contohnya udah tau kandang BnR ganti label, berarti rugi kan tuh ya…eh dia malah beli lagi kandang BnR yang label plat besi) TERMASUK SYA SENDIRI OM…hehehe, yahh sabar dan ikhlas ajalah karena abis ganti kandang baru kan bisa cepet kegantinya kalo memang burungnya bisa juara……hehehe, maaf bukannya sombong tapi buat memotivasi bahwa ga seberapa sih sebenernya harga kandang itu kalau dapetin hadiah dari Event BnR.

    SALAM KICAU INDONESIA

  5. NM..Maaf bukan maksud hati buat menjelekan BNR ini sekedar masukan aja.. bulan kemarin ada kontes di bandung tepat nya di PUSDIKU..saya pemula dan burung saya Pleci, di kelas pleci saya liat tidak fair buat para pemenang di kelas itu, karna yg saya amati yg masuk nominasi tidak layak..kelas pleci kedua,burung saya sangat ngotot 1.tidak ada lompat sama sekali malahan selama kontes berlangsung burung pleci saya lupa minum saking kicauan nya ngotot..alhasil burung pleci saya tidak masuk nominasi yg lebih parahnya lagi burung pleci yg lompat2 malah masuk nominasi ..kelas ketiga burung saya tidak begitu ngotot tapi malah masuk nominasi..(saya malu ma diri sendiri burung lompat2 kok bisa masuk nominasi ) ada dibenak saya ini juri2 nyari burung yang gmn sih buat layak masuk??kebanyakan yg masuk nominasi kemarin 1 sangkar Bogor ke 2 sangkar BNR dan ke 3 sangkar Ebod yg masuk nominasi ketiga sangkar itu,diluar sangkar ketiga tadi ga di perhatikan sama juri mau burung segimana kicau ngotot juga percuma..saya datang ke kontes itu dengan modal kualitas burung bukan kalah dengan birokrasi..klo penilaian juri masih seperti itu,saya yakin ga ada regenerasi buat para pemula kicau mania..soal sangkar tiap orang punya selera jangan dipaksakan harus pake sangkar itu..yang paling vital liat kicau burungnya selama kontes..yang saya dengar ternyata bukan dari kelas pleci aja kelas seperti anis dan murai juga ada birokrasi..maaf kalo kata2nya terlalu lancang,saya hanya ingin meluruskan biar pihak BNR enak para KM juga enak..terima kasih

  6. Sala kicaumania…..sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas tanggapan, kritik ataupun masukan buat BnR. Saya harap semua itu semata2. Untuk kemajuan dunia perburungan dan BnR bukan untuk kepentingan pribadi.
    Ada beberapa hal yg perlu saya tanggapi:
    1. Kalau ada ber anggapan lomba BnR dimenangi oleh org2 BnR saya rasa itu tidak tepat. Karena Bang boy sendiri mengintruksikan sapapun itu. Kalau burung layak dinilai layak begitu sebaliknya. Sebagai contoh even BnR Cup I yg juara pertama di kelas Anis itu pemula dri suka bumi bukan anggota ataupun pengurus BnR.
    2. Kalau masih ada Juri yg menawarkan kalau mau menang harus bayar. Laporkan ke kami. Dengan bukti nama dan di event apa. Pasti kami akan tidak tegas. Karena hanya di BnR yg berani memecat jurinya jika terbukti bersalah.
    3. Mengenai sangkar sama dan perubahan bukan semata2 mencari keuntungan karena pendapatan yg di dapat dari sangkat tidak sebanding apa yg di keluarkan oleh BnR untuk mengadakan event nasional seperti Presiden cup. Kalau mutu kurang baik silakan komplain. Pasti di tanggapin. Anda membeli produk bukan menyumbang.
    4. Mengenai wajib di suatu event saya rasa bukan hanya BnR yg memberlakukan seperti itu. Contoh: perusahaan kredit card bagi yg pemegang kredit card tertentu. Dpt medapakan masuk di acara tertentu. Sya rasa sama Event BnR mewwajibkan bungkus pakan atau apapun produk itu hal yg biasa dilakukan EO lain yg mewajibkan memakai produk tertentu. Apakah karena BnR??
    4. BnR membina beberapa pengrajin. Tapi tentu tidak bisa semua pengrajin di bina khan? BnR melakukan kerjasama beberapa Instansi dlalam penangkaran Bukti kongkrit yg dilakukan BnR untuk di dunia perburungan BnR jg melepas Burung Anis Merah di habitatnya di Bali…
    Inti semua yg saya ucapkan jangan melihat dari satu segi saja tp lihat dari keseluruhan. Mari kita lakukan sesuatu yang lebih bermanfaat. Om kicau makasih topic ini mejadi masukan buat BnR…. Salam BnR

    • salam kicau mania…terima kasih telah ditanggapi masukan saya…

      mau saya tegaskan bahwa:

      1.saya tidak mengatakan bahwa orang2 BNR yang memenangkan kontes itu,tapi arah omongan saya diatas adalah bahwa dikontes kemarin sangkar BNR,Ebod dan bogor yang diperhatikan sama juri.

      2.saya tidak tahu masalah juri ada main sama peserta lain atau tidak,tapi yang saya pantau selama kontes,para pemenang kemarin terlihat akrab sama juri2..dan salahnya juri kemarin kenapa burung loncat2 bisa masuk nominasi?sedangkan burung yang ngotot kicaunya tanpa loncat2 tidak masuk?dari segi isian dan volume burung saya tidak kalah,malah tembus suaranya.yang bikin ganjil pas kelas terakhir saya masukin lagi,burung saya tidak terlalu bagus tampilnya malah masuk nominasi.yang mau saya pertanyakan adalah,bagaimana system penjurian kemarin burung tidak layak masuk malah masuk?

      3.mungkin plane BNR sudah bagus cuma ada beberapa yang coba mengotori nama besar BNR,soal sangkar kalau seandainya kejadiannya tidak kaya kemarin mungkin akan banyak orang yang minat membeli sangkar atau produk BNR,dengan kejadian kontes kemarin banyak perserta yang kecewa dan secara Otomatis kemungkinan besar orang tidak akan beli produk BNR,saya pikir sayang kalau BNR dirusak sama oknum2 yang tidak penting,toh nanti BNR juga yang rugi,bukan secara materi aja tapi juga nama baik.

      4.tidak ada salahnya itu namanya marketing intern BNR buat jual produk,ibarat bank BCA punya PRIORITAS tapi yang saya tegaskan disini buat para juri jangan hanya sangkar2 tertentu yang di perhatikan,coba lebih global menilai burung seperti yang di ucapkan bang Boy..

      saya hanya ingin semuanya berjalan fair dan nanti hasilnya nama BNR juga baik..saya harap tidak ada lagi kejadian seperti kemarin,terima kasih maaf kalau ada kata2 yang tidak berkenan..salam kicau Mania

  7. Yah sangkar bnr yg sekarang memiliki kualitas yg buruk, saya punya sangkar yang lama dan sangkar yang baru, nah yang baru itu saya pesan melalui salah seorang juri bnr, dan ternyata sangkar tersebut sangat buruk kualitasnya, seperti asal buat, itu dari segi sangkar, sedangkan dari juri, ada 2 orang juri bnr yang tidak memadai atau bisa dibilang kampungan lah, tak perlu menyebutkan namanya, juri tersebut berbadan besar dan berbadan kecil, ini harus menjadi koreksi agar panitia lokal tidak rugi dalam mengadakan lomba atau latber an. Saya sangat mendukung bnr, maka dari itu perlu di koreksi lah hal ini agar kedepan nya bnr jadi lebih baik.

  8. OM DUTO INI KALAU SAYA PERHATIKAN MEMANG BUKAN PRO BNR MALAH MUNGKIN KAYAKNYA PRO PAPBURI, OM-OM SEMUA YG SINIS DENGAN BNR NIH BACA TULISAN SAYA….SAYA MEWAKILI KAUM PEMULA…BAGI SAYA YANG PEMULA KEBERADAAN BNR DI KANCAH LOMBA LOKAL MAUPUN EVENT-EVENT NASIONAL TELAH MENGANGKAT PARA PEMULA KE PERMUKAAN KAMI PEMULA JADI SEMANGAT MERAWAT BURUNG DAN SEMANGAT TIAP MINGGU PERGI KE LATBERAN TANPA TAKUT BURUNGNYA TIDAK JUARA LANTARAN JATAH JUARA SUDAH DI BOOKIING OLEH KAUM BOS YG SEBELUMNYA SUDAH MAIN MATA DENGAN JURI…..KAMI SANGAT MENDUKUNG KEBERADAAN BNR WALAUPUN HARUS MEMBELI KANDANG BNR SUPAYA BISA IKUT LOMBA BNR KAMI RELA…KAMI TAU TUJUAN MENGGUNAKAN KANDANG BNR itu SUPAYA JURI TIDAK LAGI MENGENALI BURUNG SIAPA…TAPI HANYA MENDENGAR DAN MELIHAT KWALITAS BURUNG YANG PADA SAAT ITU TAMPIL…JADI SAYA MENGAJAK OM DUTO DAN TEMAN-TEMANNYA ITU UNTUK IKUT BERGABUNG MENDUKUNG BNR….BAGI KAMI KAUM PEMULA HANYA KARENA BNR LAH MAKA SEKARANG GAIRAH KICAUAN SANGAT RAMAI….LIHAT SAJA TIAP MINGGU SUDAH BANYAK DAERAH-DAERAH YG MENGGELAR LATBER SAKING TINGGINYA ANIMO MASYARAKAT TERHADAP BURUNG OCEHAN…SEMUA INI DI AWALI OLEH TINDAKAN BNR YG TIDAK LAGI MEMANDANG MITOS-MITOS PADA BURUNG SPT: MURAI EKOR HITAM, EKOR CAGAK, KAKI PUTIH, DLL. UNTUK KACER BUKAN GAYA YG DINILAI TAPI KWALITAS SUARA DAN NAGENNYA….COBA LIHAT KALAU BUKAN BNR SIAPA YG BISA MENGANGKAT PLECI JADI BURUNG LOMBA SPT SEKARANG INI…JJUGA CUCAK ENGGOT…DAN MUNGKIN NANTI KEDEPAN AKAN ADA KELAS BURUNG GEREJA….SIAPA TAU TUNGGU SAJA…

  9. Susah memang kl pebisnis murni masuk ke dunia hobi!! Boleh hobi jd bisnis tp hrs dg cara2 yg fair dong (tdk main monopoli) om2 BnR yg terhormat.. Jgn jadi opportunist di dunia KM.

  10. Kalo merasa ribet dengan BNR yaudah gak usah ikut lomba BNR. Gak usah pada sewotlah gara2 burungnya gak pernah menang di bnr,atau memang burungnya hanya kelas latber 10ribuan jgn di paksain untuk turun kelomba BNR..mending di latber aja dari pada sakit hati kalah di bnr nyatanya tiap lomba BNR peserta juga full..gak usah pada sewotla ama BNR ..bagi yang kurang cocok ama BNR ya uda gak gak usah ikut lomba BNR,bagi yang suka ama BNR ayo ramaikan lomba BNR..GITU AJA KOK PADA REPOT..kalo burungnya istimewa kenapa gak diikutkan..kalo burungnya pas-pasan ngapa juga diikutkan lomba malah buang2 duit aja… Salam damai…

    • Lomba BNR,kandang BNR,tangkringan BNR,cepuk BNR,burung BNR ?
      Saking tiyang mboten gadah arto katah sagete nggih mung latber sepuluh ewuan,matur sembah nuwun

    • Kamu Pro atau orangnya BnR ya? tenang mas /jeng jgn meng underestimate kan burung sekelas latberan yg tiketnya 10,15,20rb an dan ( anda Mas/Jeng berarti sdh menganggap remeh pemilik tempat, panitia, juri, dan seluruh peserta latberan )apalagi burung2 latberan yg bukan ikut lomba di BnR sdh pasti tdk ada apa2nya dimata anda mas/jeng. Jangan anda berani berani membandingkan kelas latberan dgn lomba BnR…jgn anda beranggapan bahwa hanya burung2 istimewa saja yg ikut lomba di BnR,.bodoh benar anda ini….tolol…

      • setubuh eit setuju mksut saya om 😀 tak dpt di pungkiri, bgtu banyak burung2 jawara berawal dr latberan seperti ini,,,,,

  11. BnR DARI DULU JUGA MAIN CURANG KOQ…mana adaEO yang mau rugi….salah satunya di event presiden cup..beberapa peserta trnyata keluarga besar dari BnR dan mereka pun membawa burung jawara dari kepunyaan beberapa pejabat BnR.mereka hanya mengganti nama burung tersebut

  12. sebenernya kita ini pecinta burung apa mo pamer kandang… semua kandang sama asal ngerawat burungnya bener ajh…kalo kandang gak harus bermerk… yg bermerek ajh ribet…marilah kita cintai burung kita dan rawatlah di kandang yg sesuai.. bukan harus kandang yg bermerek…

  13. Ada-ada aja…
    Pdahal kwalitas kandangnya tidak bgitu bagus,tp harganya lumayan.yg bikin mahal itu logonya munkin ya..?

  14. ass om kicau saya mau tanya,tips biar muray cepat bunyi apa sie selain di kasih kroto sma jangkring?…….
    mv om saya baru pemula jadi jam terbang’a kurang.mohon bimbingannya untung para senior….
    terima kasih..

  15. Adakah mitra kerjasama dalam penangkaran burung ?
    saya amat sangat berkeingingan untuk melakukan usaha penangkaran namun terbentur masalah modal.

  16. burung kenari sy bnyk yg minat,awlny burung itu,brng lepas sy dpt,sy pelihara smpai saat ini
    3kali sy ikutkn prtanding 3x juara 1,3,2
    kli pas ganti bulu bunyi nya deda dr sblm gnti bulu
    2x sy ikutkn prtandingan lg tdk prnh mau 5bsr lg,apa yg hrs sy lakukan,trma ksh

  17. Juri-juri nya ga beres, ter Utama lomba di kemayoran. Temen saya pernah dihampiri juri BnR dan juri tersebut bertanya ” burung anda mau menang ga ?. Bisa di atur kalau mau menang ” tentu ada syaratnya ( UANG ). Mendingan latberan aajaa

  18. maaf bagi yang orang baik se dunia,saya mau tanya saya punya kenari kakinya patah tapi ga pas dengkul pas tulang tengan yang mau ke jari,bagi yang pernah ngalami seperti saya minta ilmunya biar KN saya bisa normal lagi makasih…krim aja ke fb phio_rastavara@yahoo.com / sms ke 02291262821 makasih bnget…( TOLONG )

    • 1. Bungkus bagian yang patah dengan kertas yang ditetesi minyak tawon.
      2. Ambil lidi 2 cm, belah sampai kecil dan rata/halus.
      3. Tempelkan lidi ke kaki yang sudah dibungkus kertas, dan kemudian diplester.
      4. Biarkan sampai selama 2 minggu, moga2 tulang bisa menyambung lagi.

  19. Sebenarnya Untuk urusan kandang harus BnR dsb “pokoknya yang ada tetek bengeknya dengan Bnr”, Itu adalah hak mereka “BnR” karena itu event mereka dan mereka bebas untuk membuat peraturan. pilihanya hanya Dua
    1. Ikut Lomba Mereka dan ikuti peraturan mereka.
    2. Tidak ikut lomba mereka dan bikin lomba sendiri dengan peraturan sendiri.
    Gampang kan. jadi menurut saya hal ini tidak perlu diributkan karena bisa menimbulkan perpecahan diDunia perburungan di Indonesia.

  20. susah memang jika mesti hitam atau putih, siapapun sadar ada motif ekonomi yang mesti dipertahankan agar hidup terus di sebuah lapangan bisnis. Jawaban yang paling pas, ikut peraturan lomba burung jika kontes digelar BnR atau jika tidak mau ya sudah ndak usah ikut kontes yang digelar oleh BnR, aman toh…pada dasarnya BnR ya orang usaha juga…

Komentar ditutup.