Berak kapur sangat menular dan berbahaya bagi burung

Saya mendapatkan beberapa SMS dari teman yang mengeluhkan burungnya terkena penyakit berak kapur. Terakhir, saya juga menyampaikan jawaban tentang berak kapur yang menyerang burung beo atas pertanyaan dari seorang teman di forum kicaumania.org.

Meskipun berak kapur pada burung mungkin dikarenakan oleh beberapa sebab, tetapi penyakit salmonellosis mempunyai gejala khas, yaitu tinjanya berwarna putih dan sisanya banyak menempel di sekitar kloaka burung. Untuk burung-burung yang dipelihara secara koloni, gejala penyakit ini yang dapat diamati adalah burung suka bergerombol di tempat yang hangat, tidak mau makan, dehidrasi (kehilangan cairan tubuh), kelihatan mengantuk dan beraknya berwarna putih seperti kapur.

Sementara untuk burung yang berada dalam sangkar sendirian, juga menunjukkan tanda-tanda serupa, yakni buruug berusaha mencari tempat di pojok tidak mau makan, dehidrasi (kehilangan cairan tubuh), kelihatan mengantuk dan beraknya berwarna putih seperti kapur.

Salmonellosis yang disebabkan oleh bakteri dapat menyerang burung atau satwa lainnya dengan angka kematian cukup tinggi dan merupakan penyakit zoonosis (menular kepada manusia). Burung yang telah dewasa lebih dapat bertahan, tetapi dapat menjadi pembawa (life carrier) salmonellosis tersebut. Pada burung di penangkaran dapat menyebabkan penurunan produksi telur.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dua spesies

Menurut Drh Dharmojono dalam buku Aneka Permasalahan Burung dan Ayam Hias, dikenal dua spesies salmonellosis yang utama, yaitu Salmonella pullorum dan Salmonella gallinarum. Kedua spesies ini mirip sekali, bahkan beberapa ahli menganggapnya sama.

Salmonellosis adalah penyakit menular baik secara langsung maupun tidak langsung. Induk burung penderita atau pembawa salmonellosis menghasilkan telur yang mengandung kuman salmonella. Apabila telur tersebut menetas anaknya pun akan membawa salmonella. Itulah sebabnya penangkaran burung perlu selalu melakukan tes salmonella.

Apabila hasil tes positif, penangkat dilarang menyebarkan atau menjual anak burung hasil produksinya. Dalam kasus asyam, telur yang dicurigai berasal dari induk carrier salmonellosis jangan dimakan setengah matang, apalagi mentah, melainkan harus dimasak dahulu sampai benar-benar matang (hard boiled eggs).

Untuk menanggulangi penyakit salmonellosis dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut.

  1. Untuk burung yang jelas-jelas mengidap penyakit salmonella  harus  dieliminir atau  disingkirkan.
  2. Upaya paling utama adalah pencegahan dan pengobatan yang dapat dilakukan sebagai berikut:
  • Pada pakannya bisa ditaburi BirdVit atau multivitamin lain sampai gejala berak kapur tidak tampak lagi.
  • Berikan BirdBlown pada air minumnya; disediakan sepanjang hari selama tujuh hari berturut-turut.

Multivitamin dan antibiotik dapat dibeli di poultry shop yang bonafide di kota Anda atau Anda bisa pesan ke Om Kicau. Lihat penjelasan produk-produk Om Kicau di sini.

Salam sehat burung Indonesia, salam dari Om Kicau.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

16 Comments

    • Coba diperiksa apakah ada cedera atau pembengkakan sekitar kaki dan amati apakah jari burung sudah menyengkram secara sempurna pada pangkringannya. Jika diameter pangkringan kurang pas tentu akan membuat burung kurang nyaman.

  1. Salam kenal om duto..
    Saya sapta dari ciamis om,mau iktan gbung ya.,coz saya msh pmula piara burung mure batu,jdi brgkali bnyak tnya harap mklum nya yo.
    Hehe..
    Sya mau tnya Kpan mure batu hbs mabung mlai bnyi ngplong lg om,mure btu sya usia 2thn stlan jgkrik 5p 5s.,kroto tiap pgi om.
    Mksh.

  2. saya punya burung AM, mula dari 3 hari kearen bulunya mengembang, nafsu makan berkurang dan beraknya berwarna putih. bagaimana cara mengeobatinya? obat da vitamin apa saja yang cocok. mohon TIP dan bantuanya?

  3. sy baru beli mb dr psr burung, awalnya sih sehat2 aja, dirumah juga makannya doyan tapi jelang 6 hari kok bulunya mulai mengembang dan dieeem aja ( tp nafsu makannya tetep) kira2 kenapa ya?????aku udah 2 kali kejadian kayak gini n ujung2nya mati. gimana solusinya ommm…

    • Begitu beli burung, coba berikan multivitamin, antibiotik dan semprot pakai obat semprot antiparasit untuk memastikan penurunan stres secara cepat, bebas kutu dan penyakit.

  4. Slmat sore om..
    sy kn dirmh ternak lovebird.
    (Br mulai ternak),.
    Tp blm jg bertelur,eh yg betina sudah meninggal,.
    (Br td pagi meninggal nya)
    Pada hal sehari sebelumnya,sang betina tampak sehat dan sangat rajin bunyi..
    Lovebird saya sih msh muda2
    (Jantan & betina)
    Kira2 apa yg menyebabkn yg betina meninggal y?
    Sblm n sesudah nya terima ksh y om..
    (Maaf kepanjangan dan bertele tele)

Komentar ditutup.