Penyakit sinusitis pada burung, gejala dan penanganan

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sinusitis pada burung. Kita sering berpikir bahwa sinusitis sekadar sebagai suatu penyakit serius yang mengganggu kehidupan makhluk hidup.  Pada mamalia mungkin hanya begitu tapi pada burung, sinusitis dapat berarti kematian burung jika tidak ditangani dengan benar.

Burung memiliki sistem sinus yang sangat rumit dengan banyak kantung yang berhubungan dan merupakan situs yang ideal bagi penyakit untuk tumbuh dan menyebar. Infeksi dapat dimulai pada satu situs dan bergerak melalui sistem sinus menyerang sebagian besar wilayah tengkorak. Infeksi yang parah pada burung hanyalah berarti kematian.

Terlihat seperti apakah gejala sinusitis?

Burung-burung yang terlihat bengkak pada matanya atau keluar cairan dari mata dan lubang hidung, merupakan salah satu pertanda sinusitis. Kadang-kadang semua sisi wajah bengkak dan mata tertutup. Pada lain waktu, akan ada pembengkakan yang berbeda tepat di atas mata.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Gangguan pernafasan, yang jelas terlihat ataupun samar, biasanya menunjuk ke keterlibatan sinus. Burung dengan sinusitis terlihat sebagaimana unggas yang sedang sakit. Mereka akan memiliki tanda-tanda serangan penyakit burung pada umumnya, tidak mau makan dan tidur melulu.

Karena situs berada pada struktur dekat mata, maka bagian apa saja yang terserang sinus akan menunjukkan gejala bengkak, mata memerah dan berair.

Hal lain yang menandai adanya sinusitis adalah adanya benjolan keras tetapi bukan berisi nanah.

Apa penyebab utama sinusitis?

Bakteri dan virus adalah penyebab yang paling umum terjadinya sinusitis. Bakteri memang menjadi penyebab sinusitis yang paling utama. Bakteri ini menyebabkan tumbuhnya daging keras yang menumpuk di sinus. Kadang-kadang bakteri ini bisa sangat resisten terhadap antibiotik, yang membuat perawatan menjadi sangat sulit.

Bakteri Chlamydia (penyebab Psittacosis) akan menginvasi sinus dengan mudah. Sebuah contoh klasik adalah Neophema yang membuat mata memerah, menyebabkan burung suka menggosok-gosokkan muka pada tenggeran.

Mycoplasma (jenis lain bakteri) biasanya juga menyerang sinus burung merpati dan kutilang. Hal itu memang tidak menyebabkan kerusakan parah tetapi membuka pintu bagi terjadinya infeksi sekunder oleh beberapa bakteri berbahaya.

Kekurangan Vitamin A juga dapat menyebabkan perubahan pada lapisan sinus yang mengarah ke infeksi sekunder oleh bakteri.
Ada juga beberapa infeksi jamur yang menyebabkan sinusitis tetapi ini tidak umum.

Apa yang harus Anda lakukan untuk burung yang terinfeksi?

Langkah pertama adalah menyadari bahwa infeksi sinus bisa membunuh burung. Dekati burung  dan lihat dari dekat pada area mata dan sekitarnya. Apakah ada kerusakan pada bagian mata? Apakah ada cairan yang keluar dari lubang hidung? Apakah ada perubahan tertentu pada kedua sisi kepala? Apakah ada bengkak – jika memang bengkak, lunak atau keras?

Untuk kasus ringan di mana tidak ada pembengkakan kepala dan hanya sebagai ada gangguan di lubah hidung – Anda bisa langsung memberikan antibiotik pada burung.  Pengobatan perlu dilakukan minimal 10 hari.

Jika ada kemungkinan burung terserang Chlamydia (Psittacosis) maka mereka segera diberi treatmen obat anti infeksi saluran pernafasan atas (misalnya BirdTwitter).  Chlamydia adalah penyebab paling umum sinusitis pada burung.

Jika terjadi pembengkakan di sekitar mata atau di sisi muka, maka perawatan harus lebih intensif. Bengkak ini bisa dibuka melalui pembedahan dan kemudian dibersihkan. Setelah itu, luka bisa ditetesi dengan obat khusus untuk pencegah infeksi dan antibiotik. Dalam hal ini bisa digunakan BirdPro.

Apakah ada pencegahan untuk sinusitis?

Tidak ada. Penyakit ini cenderung merupakan penyakit yang hanya menyerang beberapa burung dalam satu kelompok atau bahkan hanya satu burung di sangkar tunggal. Deteksi dini adalah hal terpenting yang perlu dilakukan. (Referensi: http://www.vetafarm.com/pages/Sinusitis-in-birds-.html)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. tambah 1 lg ilmu yg sangat berguna bagi saya penghobi burung..burungnya Om Duto emang mantabs..eh salah..maksudku ilmunya yg mantabs..
    Ampun Om..

Komentar ditutup.