Riset penangkaran burung ala Om Irvan

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Bukan hanya sebagai tempat diskusi harian umum masalah burung, juga bukan sekadar tempat riset  suara masteran dan riset pengembangan produk Om Kicau, rumah Om Irvan di kawasan Gunung Sempu juga telah lama menjadi tempat riset penangkaran burung.

Pengembangan jenis kenari dengan postur tertentu sekaligus memiliki alunan lagu tertentu, menjadi salah satu obsesi sang empunya “laboratorium”, Om Irvan Sadewa. Salah satu “karyanya” yang sempat naik daun adalah silangan beberapa subspesies kenari/ finch lain yang disebut Java Singer Canary (JSC).

Oke sebelum berlanjut ngobrol, kita lihat gambar-gambar ini dulu.

KLIK sekali untuk melihat gambar utuh, KLIK sekali lagi untuk memperbesar.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Om Kicau yang pernah merawat salah satu anakan trah JSC sudah membuktikan betapa indahnya variasi dan alunan lagu JSC asal konsisten dimaster dengan paket lagu yang dibawakan beserta anakan JSC. Sayangnya, kenari tersebut sudah melayang ke majikan baru di Sabah, Malaysia.

Belakangan, Om Kicau juga mendapatkan anakan trah JSC dari Om Bagus Branjangan Jogja. Sayangnya, ketika Om Kicau belum sempat memaster ulang (burung sedang mabung) dan kakinya baru saja Om Kicau “bebaskan” dari bubul dengan BirdCream, burung ini diminati oleh Bu Weni Malang. Akhirnya melayanglah satu-satunya JSC yang sempat saya miliki.

Saya tidak yakin bagaimana nasib JSC yang di Malang saat ini karena awalnya yang tertarik adalah mamanya Bu Weni, yang sempat mampir rumah bersama keluarga dan tertarik mendengar alunan JSC. Karena kemungkinan besar juga tidak diteruskan program pemasterannya, besar pula kemungkinan burung itu sudah tidak bisa membawakan lagu murni JSC.

Era pasca JSC

Trah JSC yang saat itu dikembangkan dengan menekankan lagu dan postur, sekarang ini dikembangkan ke arah yang lebih spesifik ke lagu. Oleh karena itu, Om Irvan tidak begitu menekankan perlunya ukuran body burung besar (misalnya dengan indukan yorkshire atau lancashire) meskipun Om Irvan juga menyiapkan indukan kenari jenis besar itu.

Kenari yang dikembangkan Om Irvan saat ini beragam dan lebih ditekankan pada “menghasilkan kenari yang cerdas (smart) untuk bisa dimaster secara maksimal dengan masteran atau isian yang sudah dirancang secara khusus”.

Dengan pengalaman lama menangkar burung, “PR” Om Irvan yang paling besar saat justru bagaimana mencegah agar anakan-anakan yang dia kembangkan “tidak lari ke luar” sebelum “benar-benar jadi burung”. Hal ini saya katakan sebagai “PR” karena kenyataannya Om Irvan tidak pernah bisa menolak ketika ada teman merayu untuk mendapatkan burung-burung anakan SmartMastering dengan “main todong” ketika datang ke rumahnya di Gunung Sempu, Bantul, DIY.

Kegagalan “mencegah” keluarnya anakan-anakan SmartBF tentu saja akan berdampak pada kurangnya pemantauan hasil masteran yang diharapkan. Apalagi jika yang memelihara anakan-anakan itu tidak konsisten atau bahkan tidak menerapkan sama sekali “pakem” pemasteran yang diharapkan Om Irvan. Dampak lebih jauh, yang pasti, akan mengikis citra SmartBF sebagai “kawah pemasteran” burung-burung jenis finch. Tetapi apa mau dikata, dalam persoalan citra seperti ini Om Irvan bukan orang yang begitu ambil pusing. Bagi Om Irvan, pertemanan adalah nomer satu “meski harus sering menerima todongan memaksa” untuk take over burung. Hehehehe…..

Minimal itulah yang belum lama ini terjadi ketika saya bersama teman Solo datang ke rumah Om Irvan. Meski sebelumnya sudah mengangkut sejumlah anakan (bahkan indukan), teman Solo itu “masih tega” mengangkut lagi sejumlah anakan dan sekaligus induk border jantan kesayangan Om Irvan. Weleh-weleh… inilah PR dan tantangan SmartBF (begitulah Om Irvan menyebut lab penangkarannya).Sejumlah foto berbagai sisi penangkaran di SmartBF yang sempat diupload Om Irvan di facebook.com bisa dilihat di gambar yang saya sertakan di sini.
Ingin sukses breeding?
Awali dengan asupan bermutu produk eks impor.
Pastikan Anda gunakan produk-produk berkelas dan berkualitas dari Om Kicau.

Apa yang disampaikan Om Irvan di sana cuma sekelumit paragraf:

Smart Bird Farm Yogyakarta (Smart BF), Real Hybrid Canaries: – Java Singer – Spanish Timbrado – Waterslager – Roller – Border – Yorkshire – Berner – Lancashire – Fusan – Gloster – Lizard – Five Fancy – Scotch Fancy – etc… Hanya untuk keperluan riset, tidak untuk dijual.
Hasil produksi sangat ekslusif.

Nah, kalau Anda bertanya bagaimana bisa memiliki anakan-anakan kenari SmartBF, maka saya tidak akan menjawabnya. Mengapa? Ya tentu saja ini PR yang sangat berat bagi saya untuk menjawab “apa”, hehehehe.

Salam SmartBF, Salam dari Om Kicau.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

9 Comments

  1. dah nyoba sih sebebarnya di rumah,tp mgkn kesabaran yg menentukan jadinya ya percuma membaca artikel soal breding membreding.tp paling tidak ilmunya bisa terserap di pikiran.

  2. wah,bisa dibayangkan berbungkus bungkus rokok,bergelas gelas kopi, dan bersisir sisir pisang rebus klo bung Irvan,Om DSC & om DT sudah berkongkow ria @PIK Gunung Sempu.hehehe

    Salam “bebarengan mrantasi gawe”, salam “migunani tumraping liyan”

    Branjee of Jackal

    • Lha iya dong. Lain masalahnya kalau kena serangan DB hahahaha, makan nggak enak tidur nggak nyenyak.
      Bagaimana Om sudah sehat betul? Ditunggu artikel berikutnya ya.
      Salam.

  3. Sukses buat om Irvan Sadewa, smoga risetnya sukses trus. Smoga kalau saya pulang kampung bisa berguru ke gunung sempu. Salam kenal om saya Warno lare gunungkidul engkang ngrantau teng jakarta dados kuli. kulo remen sanget kalih peksi kenari. Salam kagem pinisepuh perkenarian ingkang wonten tlatah jogja solo. Matur nuwun

  4. salut om,smg tmbah sukses buat risetnya…dengan SM AIO-R smg anakan silangan f1 gloster vs f1 punyaq bs punya isian yg joooss… 187nya ciamik om..

  5. salut buat om Irvan, smogs sukses dengan risetnya…..Amin…!!!!! saya juga pengguna produk om Irvan (smartmastering platinum) lagi coba master kenari & cendet. OHya sekalian tanya, klo kenari bagusnya dimaster apa yah om? cndet juga apa?

Komentar ditutup.