Jenis kelamin dan penjodohan: Trend burung paruh bengkok (4) © Om Kicau

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Berikut ini adalah bagian keempat dari beberapa tulisan tentang Trend Burung Paruh Bengkok. Artikel-artikel ini diangkat dari tabloid Agrobis Burung edisi 566, Maret 2011 dengan beberapa editing seperlunya. Selamat menyimak.

Bayan jantan dan betina

Membedakan jenis kelamin jantan betina burung paruh bengkok ada yang gampang ada yang susah. Untuk jenis-jenis tertentu, seperti kakatua raja dan bayan, bisa dilakukan dengan mudah. Untuk kakatua raja yang jantan, warna mata adalah hitam. Sedangkan kakatua raja betina matanya berwarna merah.

Burung bayan juga mudah untuk dibedakan. Jantan berwarna bulu hijau, betina berwarna bulu utama merah.

Namun demikian untuk jenis burung paruh bengkok lainnya, perlu dilakukan tes darah untuk menentukan jenis kelaminnya. Tes darah ini, menurut pengelola PT Anak Burung Bali, relatif mahal. Jika setiap burung paruh bengkok sudah diketahui jenis kelaminnya berdasar tes darah, maka segera diberi cincin pembeda jenis kelamin. Setelah itu baru dilakukan penjodohan.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Penjodohan burung paruh bengkok

Begitu siap jodoh burung paruh bengkok segera dimasukkan kandang

Menjodohkan burung parih bengkok, menurut pengalaman PT Anak Burung Bali, cukup mudah. Jika kedua jantan-betina sudah terlihat birahi, maka begitu dimasukkan ke kandang penangkaran, akan segera bercumbu.

Namun demikian perlu diamati beberapa saat karena sering bertengkar begitu dijadikan satu. Kalau bertengkar harus segera dipisahkan. Si pejantan diambil dan dimasukkan ke sangkar tersendiri dan ditempel di dekat kandang betina.

Beberapa hari kemudian akan terjadi percumbuan yang terpisah sekat jeruji. Jika sudah demikian bisa dicampurkan lagi.

Meski demikian tetap harus dipantau setiap saat. Sebab kalau jantanh terlalu over birahi, meski sudah berjodoh dan beranak pinak, bisa terjadi pertengkaran lagi di antara pasangan tersebut.

Jika sudah berjodoh, maka sekitar sebulan kemudian si betina akan bertelur. Meski demikian, semuanya tergantung pada kesuburan masing-masing jantan-betina. (Bersambung ke Trend Burung Paruh Bengkok Bagian 5)

Artikel terkait:

Terus berkembang: Trend burung paruh bengkok (1)

Penangkaran untuk tekan penangkapan liar: Trend burung paruh bengkok (2)

Penangkaran perlu racik pakan sendiri: Trend burung paruh bengkok (3)

Asesoris, mulai dari harness sampai pampers: Trend burung paruh bengkok (5)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

9 Comments

  1. sore om mohon maaf sebelumnya… saya merasa waswas karena ingin menangkar ttp tdk resmi tkendala perizinan, alias tdk dpt mengisi “asal-usul “indukan parbeng lokal
    sekedar mau tanya, apakah saya bisa membeli parbeng di penagkaran resmi spt di pt anak burung? mohon bantuananya bagaimana jalur/caranya ? soalnya saya belum tau jalur resminya om.. salam kicau mania terima kasih banyak

  2. salam kenal om saya sekarang tinggal di maluku saya jg penghobi burung, yang mau saya tanyakan. saya tertarik untuk penangkaran paruh bengkok khususnya kakak tua putih medium, nuri dan bayan mohon petunjuk yang deteil untuk membedakan jenis kelamin untuk kakak tua putih dan nuri, dan juga untuk teknik perkandanganya saya tinggal di jailolo kab. halmahera barat Prov. maluku utara….. terimakasih om dan saya tunggu infonya

  3. malam Om kicau… Salam Kenal…Saya mau tanya..cara membedakan jenis Kelamin jantana atau Betina burung Nuri Biak..terutama kalau masih anakan….saya mau coba Tangkar nih…thks

Komentar ditutup.