Jenis-jenis burung kacamata dan opior © Om Kicau

Burung suku Zosteropidae (burung kacamata dan opior) adalah burung suku besar yang terdapat di Afrika, Asia, dan Australia. Burung ini dinamakan burung kacamata karena kebanyakan anggotanya memiliki lingkar bulu keperakan di sekitar mata (terlihat seperti kacamata).

Umumnya burung kacamata dan opior berukuran kecil, panjang antara 9 cm sampai yang terbesar 14 cm, seperti cikrak dengan bulu zaitun kehijauan atau kekuningan, paruh kecil, ramping, dan sedikit melengkung, sayap pendek, dan kaki kecil kuat.

Burung ini sangat gesit, bergerak tidak kenal lelah. Sering membentuk kelompok campuran, beterbangan di antara puncak pohon, mencari buah-buahan kecil dan serangga. Seperti sesap madu, mendatangi bunga-bungaan untuk mengisap madunya.

PENGIN TANYA OM KICAU? BISA DM...

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Suara berupa cicitan dan ketikan. Sarang berbentuk mangkuk yang bersih dan rapi, ditempatkan pada percabangan pohon.

Ada sepuluh jenis burung ini di kawasan Sunda Besar (Kalimantan, Jawa-Bali dan Sumatera).

Berikut ini gambar-gambarnya (klik dua kali untuk melihat ukuran normal):

Burung kacamata yang hanya endemik di wilayah Sumatera adalah burung kacamata Enggano atau Zosterops salvadorii, sementara burung yang khusus endemik di Jawa adalah burung Opior Jawa (Lophozosterops javanikus) yang terdiri dari L. j. javanica (Jawa Tengah) dan L. j. frontalis (Jawa Barat).

Burung kacamata dan opior endemik Kalimantan adalah burung kacamata belukar atau Zosterops everetti, burung opior kalimantan atau Oculocincta squamifrons, burung opior mata hitam atau Chlorocharis emiliae.

Burung kacamata topi-hitam atau topi-hitam Zosterops atricapilla hanya endemik di Kalimantan dan Sumatera sementara burung kacamata jawa atau Zosterops flaus endemik di Jawa dan Kalimantan.
Burung opior yang khusus endemik di Jawa dan Bali adalah burung opior jawa atau Lophozosterops javanikus. Sementara burung kacamata gunung atau Zosterops montanus hanya ada di Sumatera, Jawa dan Bali.

Burung kacamata yang merupakan endemik di Sumatera, Jawa-Bali dan Kalimantan adalah burung kacamata laut atau Zosterops chloris.

Ciri-ciri identifikasi burung kacamata

Kacamata biasa atau Zosterops palpebrosus terdiri dari ras Z. p. melanura (bagian terbesar jawa) dengn perut kuning seluruhnya, dan ras Z. p buxtoni dan auriventer (jawa ujung barat, Kalimantan, Sumatera) memiliki pita kuning sempit pada perut tengah bawah.

Kacamata Enggano atau Zosterops salvadorii seperti Kacamata biasa tetapi perut berwarna putih krem.

Kacamata topi-hitam atau Zosterops atricapilla memiliki kening dan mahkota kehitaman.
Kacamata belukar Zosterops everetti seperti Kacamata biasa tetapi pita pada dada bawah tengah kuning lebih lebar; mahkota depan kekuningan.

Kacamata gunung atau Zosterops montanus punya iris pucat; tidak ada warna kuning pada perut; sisi tubuh kecoklatan.

Kacamata Jawa Zosterops flaus lebih kecil dan lebih kuning dari kacamata laut; tidak ada hitam pada kekangnya.

Kacamata laut Zosterops chloris berukuran lebih besar dan pucat daripada kacamata jawa; bintik di sekitar kekang hitam.

Opior Jawa atau Lophozosterops javanikus pada tenggorokan berwarna abu-abu, lingkar mata tidak lengkap, dan kekang kuning. Burung ini ada dua jenis yakni L. j. javanica (Jawa tengah) dan L. j. frontalis (Jawa barat).

Opior Kalimantan atau Oculocincta squamifrons berukuran sangat kecil; lingkar mata putih sempit; mahkota depan berbintik-bintik.

Opior mata-hitam atau Chlorocharis emiliae berukuran besar; paruh panjang kemerahan; lingkar mata dan kekang hitam.

Sumber informasi dan gambar: Buku Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan, oleh John MacKinnon, Karen Phillipps dan Bas van Balen, terbitan LIPI – Burung Indonesia.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:


BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

39 Comments

  1. Salam Kenal Om Duto… Saya Mau Tanya nih..Jika Jarak antar kandang burung pleci berdekatan apakh bisa membuat burung tsbt menjadi ngdrop atau strees… krna kondisi luas ruang rmh yang
    tidak begitu besar.. krna saya gemar sekali dengan burung pleci jd dirmah saya punya 9 ekor om… mohon solusi buat masalah ini??? makasih om duto?? mohon infonya

      • salam kenal om duto…..saya punya pleci sumatera 2..tetapi udh 3bln lbh kok msh ngriwik halus ja….bgamana solusi nya??? dan bgaimna byr cepat gacor…..??? mhon info nya…..mksh om duto…

        • perawatannya selama ini bagimana?, idealnya pleci jantan jika sudah dirawat 3 bulan sudah mulai ngeriwik, tapi balik kementalnya.

    • pisang, pepaya, sawo, dan buah segar lainnya. bisa tambahkan kroto/uler kandang bergantian, jika kondisi pleci sudah sehat dan adaptasi akan kembali gacor.

  2. om numpang tanya nih… kaca mata saya warnanya hampir semua hijau zaitun, di dadanya hijaunya agak muda, ukurannya besar… kira2 itu kaca mata jenis apa?

  3. di kab.bogor akhir bln ini baru mulai marak pedemam pleci om,dan harga pleci pun cukup mencengangkan om di kab.bogor.saat ini mencapai 100rb/ekor om
    salam pleci mania om hhe…..

    • Bukan Om. Pleci lebih sebagai burung yang suka berkoloni. Jantan betina bisa dibedakan dari formasi ekor. Jantan membentuk huruf V (ada cekungnya) sementara betina tidak membentuk V.

  4. om gimana cara masukin gambar, saya pengen tanya tentang jenis burung kaca mata saya, soalnya saya cari2 reverensinya ga ada yang sama? burungnya agak besar paruh panjang agak bengkok warna hitam, kacamatanya tipis warna kuning kehijauan,badan atas+sayap hijau yautin tenggorokan kuning, dada kuning ke hijauan.

  5. om mau tnya? Gmana supaya pc mau ngalas saat di lombakan, soalnya pc aku ngalasnya pas di jauhin jarak gantangannya.. mksih atas pencerahannya.

  6. salam om kicau
    saya baru beli burung kaca mata yg besar (warna hijau gelap/frontalis/jawa barat)..
    saat saya masukin ke dlam sangkar,burung lngsung berkicau ngepolong..

    yg saya pertanyakan : 1. cara perwtan harian seperti apa ?
    2. klau pelihara lebih dri 1 brung kaca mata,apa ada pengaruhnya dgn mental brung msing2?

    thnxs mas duto, atas informasinya…

    • Rawatan biasa saja Om, pakan terukur dan sering diberi kroto.
      Jangan didekat2kan dengan burung lain karena kalau tarung terus, bisa drop salah satunya atau malah kedua2n ya.

  7. salam kenal om kicau,..
    Mohon bantuan om,..
    Kira2 mana yang lebih bagus om, trus apa semua burung kacamata bisa teler??

    Makasih sebelumnya om,..
    😀

Komentar ditutup.