Hindari water bloating, parkit tak perlu diberi air minum

Di halaman Curhat Burung, Om Maman bertanya “Om, saya punya beberapa pasang parkit tetapi sekarang ada yang mencret-mencret. Sebaiknya apa yang dilakukan ya? Saya tidak tahu pasti burung mana yang mencret soalnya saya punya sekitar 7 pasang yang saya jadikan satu dalam satu kandang ukuran 1 x 1 x 1,5 meter. Terima kasih.”

Menjawab pertanyaan Om Maman ini saya jadi ingat ada referensi yang menyebutkan bahwa burung parkit mudah mencret terutama jika diberi air minum secara khusus, apalagi kalau burung itu juga sudah diberi sayuran. Jika diberi air minum khusus, burung parkit cenderung akan minum terus dan hal ini bisa menyebabkan dia kelebihan air (water bloating) dan mencret-mencret.

Hal itu disampaikan Drh Dharmojono menjawab pertanyaan tentang burung parkit stress yang disampaikan pembaca majalah Invovet. Tanya jawab tersebut kemudian dirangkum dalam buku Aneka Permasalahan Burung dan Ayam Hias. Untuk mengetahui secara detil permasalahn burung parkit stress silakan ikuti tanya jawab ini:

Tanya:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Saya mohon penjelasan Pak Dokter tentang pemeliharaan burung parkit yang benar. Selama ini burung parkit yang saya pelihara cenderung banyak yang mati tanpa menunjukkan gejala-gejala yang jelas. Mereka berkelompok dalam suatu kandang dengan makanan dan air minum yang tersedia dengan cukup. Atas segala penjelasan Pak Dokter, saya ucapkan terima kasih.

Jawab:

Burung paling gampang terkena stres karena termasuk makhluk yang mempunyai organ-organ tubuh serba mini. Padahal tugas dan tanggung jawab organ-organ tersebut sangat besar. Bayangkan saja sebesar dan sesederhana apa jantung, paru, ginjal, dan organ-organ lainnya. Burung peliharaan yang stres, termasuk parkit, paling umum disebabkan oleh kotornya kandang, padatnya populasi, mutu gizi rendah, makanan yang monoton, kedinginan, kena air hujan atau angin, ketidakteraturan pemberian pakan dan minum, terganggu, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi stres harap Anda perhatikan petunjuk-petunjuk sebagai berikut:

1. Berilah alas kandang atau sangkar berupa kertas koran bekas agar kotoran yang lembap segera dapat terserap dan setiap hari diganti dengan kertas koran yang bersih.

2. Pakan burung parkit adalah berupa biji-bijian berkulit karena suka menyisil (makan sambil mengupas biji). Burung ini paling suka pada millet, yaitu sebangsa jewawut yang agak besar berwarna putih. Millet ini sebagai sumber protein (nabati), karbohidrat, dan lemak.

3. Berikan pula setiap hari jagung segar yang muda (masih dengan jonggolnya), kecambah (tauge) yang segar, atau kedua-duanya. Dapat pula diberikan sayuran segar yang lainnya karena kecuali sebagai sumber vitamin dan mineral pakan segar tersebut dimaksudkan pula sebagai sumber air.

4. Burung parkit tidak perlu diberi minum khusus karena kebutuhannya telah dicukupi dari sayuran segar tadi.

5. Apabila parkit diberi air minum khusus cenderung meminum berlebihan (sebentar-sebentar minum). Hal ini dapat menyebabkan kembung air (water bloating) dan ini merupakan titik awal timbulnya penyakit pencernaan seperti indisgesi dan regang lambung (distensia) yang dapat menyebabkan parkit tidak dapat makan dan mati.

6. Bagi burung pakit yang diternakan, diperlukan kandang yang luas dan diberikan rumah-rumahan untuk bertelur dan mengeram atau untuk berdua-duaan. Parkit termasuk burung yang suka romantis dan bermain cinta dengan (mesra seperti burung merpati).

Nah begitu ceritanya mengapa saya menyarankan juga untuk burung parkit diperbanyak sayurnya, beragam, dan tidak perlu diberi air minum khusus.

Dalam kaitan burung Om Maman yang mencret-mencret, coba ke semua burung bisa diberi BirdBlown. BirdBlow adalah antibiotik khusus untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan dan gangguan lain non-saluran pernafasan. Untuk gangguan pernafasan bisa digunakan BirdTwitter.

Lebih dari itu, perhatikan kebersihan kandang dan jaga jangan sampai lembab.

Salam parkit sehat!
Artikel terkait:

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

22 Comments

  1. Om saya mau konsultansi disini sama om kicau nih,,

    1. Om kira” burung parkit perlu dimandikan nggak..??
    2. Lalu setiap hari burung saya selalu saya beri millet, dan kangkung, kira” apakah cara saya sudah benar dalam merawat burung parkit..?? (Itu tanpa diberi minum air)

    Tolong dijawab ya om.., thanks..

  2. om saya tanya saya ada ternak parkit sdh sering bertelur ta sekarang bertelur tapi tak ada anak nya apa solusinya om trmksh

  3. om saya punya burung tapi gak tau apa nama nya,dia badannya gede dan paruh nya tajam berwarna hijau kalau gak salah saya paruh nya kayak burung beo hitam dan kaki nya cuma tiga om dua di depan dan satu dibelakng,tolong om identifikasi burung saya itu om..?

  4. apa benar kalo merawat burung parkit itu bisa menyebabkan pyakit asma pada manusia,soalnya kta orang2 klo merawat brg parkit itu bsa kena pnyakit asma. mohon penjelasannya dan atas perhatiannya saya ucapkan byk trima ksh.

  5. om.saya mau tanya ni:knapa parkit saya kok sampai skrg belum mau bertelur juga,padahal sudah saya beri canari post.agar merangsang birahiagar cepat bertelur.tolong dibantu ya,apa mungkin burung nya uda tua?

  6. salam kenal om,,
    saya pemula dalam ternak buruk,dan yang saya tenak burung parkit
    saya punya 3 pasang dalam satu kandang 3m X 70 Cm
    untuk bertelur,bagusnya dikasih rumput atau ancuran kayu yang bwat hamster

    trima kasih om

  7. om kicau..numpang tanya nih,,apakah perlu burung parkit di mandikan stiap hari?mengingat parkit mudah kembung.trims om atas jawaban nya.

  8. Pak,,,, apakah rumah2an burung parkit yg di pakai untuk bertelur,tiϑak masalah di beri alas yg empuk atau bahan kotaknya aja,sperti plastik atau tripleks mungkin? Mohon balasannya, ‎​​° • · ♡·♥ τнänκ чöü ♥·♡ · • °

Komentar ditutup.