Burung selalu bermasalah? Ingat lagi soal kecukupan mineral

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Perlunya berbagai mineral untuk burungBurung mabung tidak tuntas, burung mudah terserang penyakit, burung ngedrop karena kebanyakan ditrek, telur di penangkaran tidak juga menetas padahal ada embrionya, dan segala problem yang muncul dalam pemeliharaan burung kicauan ataupun penangkaran, umumnya tidak diketahui secara pasti oleh penghobi khususnya lagi para pemula.

Untuk kita ketahui saja bahwa kecukupan pakan bergizi dan seimbang bagi burung yang kita pelihara di rumah semuanya sangat tergantung pada kita. Tanpa keseimbangan dan kelengkapan gizi pakan, maka burung akan mudah sekali terkena penyakit atau drop. Salah satu hal yang sangat diperlukan burung adalah mineral.

Kekurangan mineral ini menyebabkan burung sangat berisiko terkena beberapa gangguan seperti bulu lembek, pucat tak berkilau sehabis mabung, rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal), paralysa (lumpuh), perosis (tumit bengkak), burung menetas mati, urat keting (tendo),  terlepas sendi (luxatio), paruh meleset, kekurangan darah sehingga pucat dan lemah,  dan kematian embrio tinggi.

Oleh karena itu ingin saya tegaskan lagi artikel Mineral Burung di sini, yakni bahwa:

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Mineral merupakan pembentuk in-organik yang ada di seluruh jagad raya. Ya, tubuh makhluk hidup dibentuk dari mineral. Dan mineral juga membantu proses kimia dan elektrik yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Proses-proses kimia dan elektrik hanya akan berfungsi dengan benar apabila keseimbangan mineral yang sesuai diberikan pada sistem. Misalnya zat besi untuk darah, belerang untuk otot, kalsium untuk tulang, dan banyak lainnya yang secara umum memberikan kelancaran fungsional tubuh makhluk hidup.

Mineral dibutuhkan untuk pembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lain-lain. Seperti vitamin, mineral berfungsi sebagai ko-enzim, memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan. Meskipun vitamin begitu penting, vitamin tidak dapat melakukan apa-apa untuk makhluk hidup tanpa mineral. Celakanya tubuh makhluk hidup dapat menghasilkan beberapa vitamin, tapi tidak dapat menghasilkan satu pun mineral.

Plus-minus sotong sebagai sumber mineral

Para penghobi burung perkutut misalnya, sudah lama menyadari perlunya minaral untuk burung. Mereka terbiasa memberikan sotong/ totok cumi untuk diberikan kepada burung perkutut.

Namun perlu diketahui, penggunaan sotong untuk burung ada plus-minusnya. Plusnya adalah harganya murah dan gampang didapat di banyak kios pakan burung. Kelemahannya, sotong  terlalu banyak mengandung garam (NaCl). Ketika burung sebenarnya masih membutuhkan beberapa unsur mineral di dalam sotong, dia sudah terpaksa menghentikan konsumsi karena merasa “kasinan”.

Dengan demikian, meski sudah diberi sotong, kadang burung masih saja berisiko bermasalah, baik sebagai kicauan maupun sebagai indukan di penangkaran.

Untuk itu, pastikan Anda menggunakan asupan mineral yang lengkap dan seimbang sehingga bisa menekan seminimal mungkin risiko kerugian dalam berhobi burung.

Salam suksek dan salam mineral dari Om Kicau.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. beberapa hari yg lalu membaca artikel om tentang mineral jd inget kalo aqua byk mengandung mineral begitu di praktekin Alhamdulilah tidak mengecewakan

  2. Matur sembah nuwun infonipun.Kebetulan nih saya juga pemula Om. Tentu sebuah pengalaman yang mahal dari senior buat saya.

Komentar ditutup.