Mencabuti bulu sendiri dan AIDS pada burung

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Lovebird penderita PBFD (www.avianbiotech.com)

Benarkah burung bisa kena AIDS? Kalau AIDS diartikan sebagai menurunnya kekebalan tubuh, maka burung pun bisa kena penyakit tersebut. Hanya saja, pada burung, gejala seperti itu disebut Psittacine Beak and Feather Disease (PBFD). Sebenarnya, untuk penyakit ini pernah Om Kicau tulis pada artikel PBFD, penyakit paruh dan bulu pada burung paruh bengkok hanya bisa dicegah. Namun karena gejala ini berkecenderungan semakin banyak dijumpai para penghobi burung, maka di sini saya hanya ingin menekankan kewaspadaan.

Apa kaitan antara burung  mencabuti bulu sendiri dengan PBFD? Begini ceritanya.

Burung yang mencabut bulu dan melukai diri sendiri (mematuki kaki atau daerah kulit di dekat bubur sampai berdarah) bisa disebabkan oleh masalah psikologis maupun patologis sebagaimana pernah saya tulis juga di sub artikel Halaman Penyakit Burung.

Khusus masalah psikologis maka lingkungan baru, suara keras atau kegiatan berulang yang sangat mengganggu, digoda dengan tangan atau benda lain, tertekan suara burung lain, semuanya merupakan penyebab stres pada burung. Stres yang berlebih itu bisa menyebabkan burung mencabuti bulu sendiri dan mematuki kulit sampai luka-luka.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Jika hal ini terjadi pada burung Anda, jelas Anda perlu mengambil langkah-langkah segera mengurangi tingkat stres si burung. Penurunan tingkat stres bisa mengurangi secara bertahap kesenangan burung mematuki bulu sendiri. Namun, jika burung Anda terus mencabuti bulu, maka bisa jadi burung Anda sudah membawa potensi penyakit. Nah, seperti ditulis dalam birdchannel.com, salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan berkaitan dengan masalah ini adalah PBFD seperti saya sebut di atas.

“Ini adalah penyakit bangsa unggas yang mematikan karena menyerang sistem kekebalan tubuh seperti AIDS pada manusia,” demikian kutipan dari artikel berjudul Feather Plucking and Self-Mutilation itu.

Seekor burung mungkin merupakan pembawa PBFD selama bertahun-tahun dan tidak menunjukkan tanda-tanda luar (biasanya ditandai dengan bulu yang rontok atau bulu yang terpelintir atau rusak) sampai pada suatu ketika sistem kekebalan tubuh terganggu oleh masalah lain.PBFD ini sangat menular dan sering terlihat pada beberapa burung jenis paruh bengkok, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada burung lain.

Pada kasus lain, burung yang mencabut bulu sendiri bisa disebabkan karena da gangguan kutu atau tungau. Jika hal ini yang terjadi, maka pengobatannya relatif mudah, yakni bisa menggunakan FreshAves maupun BirdFresh.

Namun jika Anda melihat bahwa burung Anda mulai mematuki bulu atau melukai diri sendiri secara terus menerus, segera hubungi dokter hewan atau kontak segera Om Kicau, hehehe.

Salam Sehat, Burung Sehat, salam dari Om Kicau.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

20 Comments

  1. Selam kenal om….
    burung kacer saya matokin bulu ekor putihnya sampai habis…
    padahal baru selesai mabung trus saya harus gimana yah om…
    minta solusinya dong om.

  2. om mau tnya knpa ia burung murai saya saat melihat lwan brbunyi sebntar trus mlah mencabuti bulunya sendiri sampai strees saya mnghadapinya.

  3. salam kenal,aku punya masalah dgn burung murayku yang sering matuk bulu bagian dada,padahal baru selesai mabung…apa solusinya neh..pusing..udah jadi dipatuin lg trs aja gitu…beuh..pusing

    • coba cek dulu apakah ada kutu, stress dengan burung lain, atau over birahi kalau yang terakhir ampuhnya memang dikawinkan om.

  4. kalo burung udah penyakitan lebih baek dimusnahkan aZa, cari yang bagus n sehat jaDi generasinya sehat pula, n jgn lupa dirawat dg baik

  5. Salam kenal om, .. ..
    Hehe, aku dari blog sebelah numpang bertamu, hehe, .. ..

    Hueee, burung semua, .. ..
    Eehh, ini blog cocok banget buat om aku yang suka burung, .. ..
    Nanti aku kasi tau ah, .. ..
    Hehe

Komentar ditutup.