Korban iklan burung lovebird di tabloid makin banyak

Hati-hati selalu dengan iklan burung apapun - baik offline maupun online
Hati-hati selalu dengan iklan burung apapun - baik offline maupun online

Di pesan masuk facebook.com saya ada pesan dari Om Veri Irawan. Isinya padat tetapi menyengat: “Met malam Om Duto, mau minta tolong, kenal dengan Rynt alias Hrynt (catatan: saya singkat) yang jual lovebird. Dia nipu saya 20 ekor lovebird total Rp 7,7 juta Om, kalau kenal bisa mintakan uang saya pulang Om, mohon sangat bantuannya alamat ‘Rynt’ Jalan Semeru 4 No…. (saya hidden yah)  Kandangsapi Jebres Solo”.

Waduh-waduh, pesan masuk senada pernah saya terima beberapa bulan lalu. Juga berkaitan dengan orang yang disebut sebagai “penipu” yang sama. Kasusnya juga sama, jual-beli burung lovebird. Si korban, biasanya tertarik untuk bertransaksi karena iklan yang dipasang “terduga penipu” di sebuah tabloid terbitan Surabaya. “Tiap pekan selalu beriklan di tabloid itu,” kata teman yang pernah SMS ke saya setelah mengeluh kena tipu.

Menjawab pesan masuk itu, saya pun menyatakan tidak bisa berbuat apa-apa. Saya hanya menjawab begini: “Maaf Om, saya tidak kenal. Kalau tidak ada yang pernah lapor ke polisi, nampaknya akan terus banyak korban. Saya tidak bisa membantu lebih jauh karena itu sudah urusan hukum Om. Sebaiknya memang para korban melaporkan hal itu ke polisi. Atau coba layangkan trid di halaman Hobi Burung Kicauan dan Penangkaran, nanti lihat reaksi teman-teman dan saya angkat sebagai topik di omkicau.com agar bisa menjadi perhatian para penghobi burung luar Solo.”

Ya, demikianlah adanya. Jika tidak ada laporan dari para korban ke polisi, tentunya sulit juga untuk mengungkap tindak penipuan seperti itu.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sekali lagi, saya hanya ingin menekankan, entah via offline ataupun online selalulah TELITI SEBELUM MEMBELI. Kalau Anda ingin bertransaksi dengan orang di manapun yang belum Anda kenal, ada baiknya minta referensi ke teman-teman yang asalnya se-kota dengan penjual.

Untuk sementara ini, jika Anda mau beli burung di atau dari Solo, atau juga kota lainnya, bisalah kontak beberapa teman yang namanya tertera di Halaman BirdShop Onliner. Kalaupun ada melesetnya atau terjadi miskomunikasi, minimal saya bisa ikut “menjawilkan” karena kebetulan mereka adalah teman-teman yang saya kenal.

Baiklah kawan, sekali lagi, TELITI SEBELUM MEMBELI.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

14 Comments

  1. usahakan cod.. 🙂 atau paling tdk mnta fb ato twiter dia, ceck akun dia tmn2 asli knl dia ato cm tmn dumay…sdktny bs aga ktahuan dia bnr ato kaga. (Just opinion gan)

  2. Koq ga mau lapor polisi sih om…kenapa…?? takut..?, jangan takut om kalo emang dia nipu laporin aja…keenakan tuh orang polisi juga sekarang sedang berusaha bener2 melayani masyarakat koq om…jangan ragu om laporin aja…biar ga keterusan….

  3. maaf seblumnya.cm sekdar mengingatkan.
    saya jg barusan ketipu om,pesan lb warna blorok,eh ga taunya semiran. Sy lhat di iklan majalah. pesan dr solo.
    Bukti slip tranferan dan burungnya masih kok om2 sekalian

  4. Maaf kalo saya lancang, sebaiknya kalo mau beli burung ya datangi langsung penjualnya, lihat – pilih – transaksi. Saya yakin kalo begini tidak akan ada kasus penipuan lagi. Thanks.

  5. Tiap terbit tabloid sy perhatikan ad terus tu iklanny..wah..wah..bner kata om duto,harus lapor polisi,dgn harapan uang bsa kembali ato minimal g ad lg yg ketipu

  6. datangi alamatnya aja om veri, bawa bukti transfer/ bukti pembayaran, ambil burung apa aja yang ada..kalo perlu barang yang ada dirumahnya..

  7. maaf om duto orng ini memang kasus sekitar 3thn yg lalu saya juga pernah beli LB dr orng ini

    saya perjanjian LB indukan produktive 10 psng tp ternyata LB yg dikirim LB2 muda yg baru jodoh dan akhirnya saya minta tukar dan dia pun menukarnya tp ternyata lebih parah malahan saya di kirimin LB2 cacat lama2 saya cape juga akhirnya saya ihklas dan pasrah mungkin ini memang kerjaan dia nyari makan

    niat breeding malah ancur2an ga karuan

Komentar ditutup.