Saling “jepit” antar EO? Sehari ada 4 lomba burung di Soloraya

lomba burungPada Minggu 19 Februari 2012 nanti, di kawasan Soloraya yang dari satu titik ke titik lainnya tak sampai 1 jam perjalanan bakal ada 4 even lomba burung berkicau. Apakah ini indikasi hilangnya toleransi antar-event organizer yang sepertinya memang sedang jadi “trend” di tempat lain? Anda bisa menilainya sendiri; yang jelas berikut ini ceritanya. 

Dimulai dari titik paling selatan, di kawasan Wonogiri, tepatnya di koordinat selatan SMPN 3 Ngadirojo, akan digelar Condong Sampur BC Cup jilid ketiga. Mr Kotak dan kawan-kawan rupanya lagi ngebet bikin lomba. Soalnya, grub Condong Sampur ini sesungguhnya belum lama menggelar lomba, baru pada 29 Januari kemarin. Artinya, baru berselang 2 pekan. Tapi, memang tak ada yang bisa melarang-larang orang lain yang pengin menggelar lomba.

Bergeser ke Sukoharjo, adalah Parmin SH dan kawan-kawan yang akan menggelar Latihan Bersama Sukoharjo, mengambil tempat di Wana Tirta Sukoharjo. Di Klaten, ada even rutin Papburi, yang mungkin menjadi satu-satunya kontes yang menggelar Lomba Suara dan Non Suara (body kontes) burung kenari. Papburi Klaten akan memilih lokasi di halaman Dinas Pertanian Klaten, sebelah timur Terminal Bus Klaten.

Satu lagi even yang dikemas lumayan besar adalah Angkasa Pura Cup. Seperti namanya, even ini juga di gelar di kawasan kantor Angkasa Pura, atau di kompleks Bandara Udara Adi Sumarmo Boyolali, sisi barat Kota Solo.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Belum lagi bila memasukkan latihan rutin tiap Sabtu yang digelar di kompleks Dinakeswan Balekambang Solo, semakin padatlah jadwal lomba di kawasan ini.

Soloraya gara-gara

Tidak biasanya even di Kawasan Soloraya menjadi begitu padat bahkan ada kecenderungan seperti saling menjepit. Dua EO besar yang paling sering menggelar lomba dan memiliki perangkat lomba cukup lengkap, yaitu Ikatan Keluarga Pedagang Burung Surakarta (IKPBS) dan Persatujan Juri Surakarta Indonesia (PJSI) biasanya bisa saling koordinasi dalam menggelar even reguler.

Ketika PJSI akan menggelar Gebyar Tutup Tahun pada Minggu 25 Desember 2011 yang lalu misalnya, IKPBS meniadakan latihan rutin hari Sabtu 24 Desember, dengan maksud agar calon peserta bisa fokus menuju Gebyar Tutup Tahun.

Kedua EO yang hidup ‘serumah’ itu, sama-sama bersekretariat di Pasar Burung Depok, Solo, biasanya juga saling mengambil panitia dan juri.

Dulunya, IKPBS akan menggelar even akbar tahunan Solo Kota Budaya pada 19 Februari. Karena pertimbangan terlalu berimpitan dengan even akbar lainnya, yaitu Valentine Jogja yang digelar pada 12 Februari, apalagi pada 5 Februari juga sudah ada Prabowo Cup di Colomadu, Warjo dan kawan-kawan memilih mundur menjadi 26 Februari, dengan maksud ada jeda dua pekan, sehingga peserta sudah tidak lelah lagi datang lagi ke Solo, terutama peserta yang datang jauh dari luar kota dan over-nigh.

Ketika hari semakin dekat, di akhir bulan Januari, ternyata Mardi dan kawan-kawan dari PJSI mengisi 19 Februari dengan gelaran Angkasa Pura Cup. Dia beralasan, pihak Angkasa Pura yang memintanya dan bila ini tidak diambil, mereka akan menggelar sendiri lomba burung.

Seperti diduga, pihak IKPBS kurang berkenan dengan even yang terkesan ‘menghadang’ di depan even Solo Kota Budaya.

Gejala akan terjadi saling trek lomba di kawasan Soloraya, naga-naganya akan segera terjadi. Peniadaan latber Sabtuan IKPBS yang selalu ramai bila hari Minggu ada even di kawasan yang dekat dengan kota Solo, rupanya tidak berlaku lagi bila lomba yang berdekatan waktunya digelar PJSI.

Bahkan bila situasi makin memanas, bukan tidak mungkin digelar pula even di hari yang sama dengan lokasi yang berdekatan. Wah… bakalan ramai nich Soloraya… (by Waca Jogja)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

6 Comments

Komentar ditutup.