Contoh video burung berkicau untuk lomba burung online: Jlambrong Jr

Banyak teman yang bertanya bagaimana aturan main dalam lomba burung online OmKicau.Com Cup I dan kapan waktu pelaksanaannya. Lebih dari itu, ada yang bertanya bagaimana tampilan umum dari video yang harus disertakan. Untuk hal yang pertama, yakni aturan main secara baku dan waktu pelaksanaanya, sedang kita matangkan menunggu kesiapan semua pihak terkait.

Yang jelas dan perlu ditandaskan adalah bahwa lomba burung online ini pada dasarnya adalah lomba video klip burung berkicau, yang ditentukan hari/waktu pengambilan gambarnya. Hal yang akan dinilai secara umum adalah hasil akhir pemrosesan video itu (kualitas gambar, kualitas audio, kualitas editing) dan kualitas burung (variasi lagu, gaya, dan performa umum) berdasar tampilan yang ada di dalam video.

Video yang dikirimkan diwajibkan merupakan hasil satu potongan sebuah video dan bukan penggabungan beberapa potongan.

Juga, video bukan merupakan hasil dubbing. Bisa saja ada peserta yang menggunakan teknik dubbing. Namun jika ada ketidaksesuaian antara bukaan paruh dan panjang-pendek suara, maka hal itu akan sangat terlihat dan bisa sangat mengurangi keseluruhan nilai atau bahkan akan didiskualifikasi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berikut ini adalah salah satu video berdurasi 47 detik yang saya buat berdasar video 10 menit. Di dalam video ini sengaja saya perlihatkan beberapa contoh salah dalam editing video dan saya tunjukkan beberapa bagian apa yang disebut dengan kualitas burung dalam konteks performa dalam video klip.

Silakan diperhatikan dengan catatan, ini adalah Jlambrong Jr (lihat artikel: Jlambrong Jr, murai batu istimewa nan telantar dari SKL Bird Farm) yang baru saja kelar mabung pertama tetapi hanya bagian ekor; sementara kondisinya belum fit tetapi saya paksa juga saya gebrak-gebrak sedikit untuk mejeng. Ini adalah salah satu murai batu saya yang saya dapat dari Om Syamsul Saputro – SKL BirdFarm.

Video Jlambrong usia 9 bulan.

Keterangan dan catatan:

1. Ada label:

Capture Video Jlambrong
Ada label yang harus ditempel di sangkar.

2. Beberapa catatan:

  • Contoh kualitas video yang tidak baik dan akan mengurangi penilaian ada pada detik ke 6 saat terjadi pemotongan dan penyambungan (terlihat dari ketidak-tepatan alur video).
  • Contoh kualitas burung yang baik ditunjukkan pada detik ke-2 s/d 4 (tembakan), detik ke-8 s/d 16 (ngerol tanpa jeda), gaya yang baik detik ke-18 s/d 20.
  • Untuk kualitas video secara umum untuk video di atas adalah “tidak baik” khususnya dalam hal kejelasan gambar yang tidak memperlihatkan secara jelas antara bukaan paruh burung dan suara burung yang dikeluarkan, serta pencahayaan. Untuk melihat video dengan kejelasan gambar yang memperlihatkan kesesuaian antara bukaan paruh dengan suara ada contoh yang sangat bagus. Bisa dilihat di sini.
  • Contoh video dengan pengambilan gambar yang baik yakni dengan meminimalisasi penghalang antara kamera dan burung (bukan dari sisi kualitas gambar karena pada video ini pencahayaannya sangat jelek) bisa dilihat di sini.

3. Video yang disertakan dalam lomba nantinya berdurasi maksimal 5 menit yang merupakan hasil satu potongan  bisa depan, tengah atau akhir (dan bukan hasil penggabungan dari bagian-bagian/potongan-potongan) dari video panjang selama pengambilan video burung.

Demikian sobat, itu sekadar gambaran awal dari aturan main yang akan diterapkan dalam Lomba Burung Online OmKicau.Com Cup I.

Mohon dimengerti bahwa aturan teknis di atas belum baku dan masih merupakan gambaran awal.

Mohon ditunggu kabar berikutnya.

Salam.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

12 Comments

  1. Mantaaap…. Cuma saran aja Om Duto kalo bisa stiker jgn ada alamat jelas pemilik burung takut ada oknum yg mau berbuat jahat. Krn sy yakin burung2 yg ikut LOMBA ONLINE ini burung yg bagus2 yg pasti mahal hrgnya. Mohon maaf kalo ada kata2 yg kurang berkenan

Komentar ditutup.