Modus pencurian burung: Dari berlagak pembeli sampai cara gendam

Kini, pencurian burung-burung kontes marak terjadi lagi di beberapa kota. Berbagai macam cara dilakukan pelaku untuk mendapatkan hasil curiannya. Di antaranya menggunakan magic atau mondar-mandir di depan rumah terus pura-pura menawar burung.

Burung di teras rumah jadi sasaran empuk
Burung di teras rumah jadi sasaran empuk

Biasanya pelaku menggunakan jurus jitu ini untuk mendapatkan burung incaran. Dan sudah banyak korban pencurian dengan modus tersebut. Tak mengherankan karenanya kalau ada isitilah nyleneh beredar di komunitas Jabodetabek. Entah muncul sejak kapan tapi kemunculannya makin mudah terdengar di telinga seiring tingginya kejadian pencurian burung. Yakni burung”spanyol” alias separuh nyolong.

Mahalnya nilai jual burung di lapangan memunculkan situasi kurang sedap didengar. Yakni pencurian burung-burung lomba. Trend ini bahkan sudah menyasar ke burung-burung dengan label mahal dan berprestasi.

Banyak kicaumania mengalami kejadian ini. Menariknya, modus operandi para pelaku nyaris mirip. Para pelaku sudah tahu betul burung dan jenis yang bakal diembatnya. Dan mereka pun jeli memilih burung mana yang berbanderol mahal.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dalam hitungan sekejap burung mahal yang biasa diletakkan di depan rumah atau teras, amblas digondol pencuri.

Belakangan beredar kasak-kusuk di tengah para korban, mencuatkan kesimpulan bahwa burung diembat orang yang sudah mengerti seluk-beluk perburungan, khususnya dari kelihaian mereka memilih burung mahaI dari jenis yang sedang tren.

Rata-rata korban mengatakan bahwa pelaku tidak membutuhkan waktu lama untuk beroperasi.

Burung “Spanyol” alias separuh nyolong. Peredaran burung spanyol ini juga merambah ke arena lomba. Harganya tentu jauh lebih miring.

Berikut ini adalah laporan tentang kasus dan seluk-beluk pencurian burung yang diangkat Agrobis Burung sebagai laporan utama pada edisi No. 637 Minggu IV Juli 2012. Saya turunkan di sini dalam beberapa sub judul agar memudahkan Anda mengikutinya. Silakan cek daftar sub judul ini:

1. CUKUP SEJUTA DAPAT BURUNG JUARA

2. MENGENALI MODUS SANG PEMETIK

3. KASUS-KASUS PENCURIAN DI BALI

4. KASUS-KASUS PENCURIAN DI KALIMANTAN TIMUR

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

9 Comments

  1. Untuk semua orang.kalo didaerah anda ada PENCURI yang tertangkap.lgsung di MASA saja. Satu kampung itu harus kompak kalo di interogasi.harus semuanya mau mengakui bareng2. Insya Allah aman.

  2. baru kehilangan juga lovebird kesayangan 🙁 ,niat dijemur ditinggal bentar hilang sama sangkar2nya lemes dah, sialan tuh pencuri….

  3. Pengennya sih kalo ketangkep langsung dimampusin aja tu orang….. karna ane udah 2 kali kecolongan yang pertama CI gacor & Anis Kembang gacor biarpun g pernah kocer rasa GONDOKnya sapai saat ini masih terasan…..DASAR PENCURI BIADAP….

  4. bagi yang belum pernah dicuri burungnya mohon waspadalah…………………………
    karena saya sudah pernah kehilangan murai jagoan…………..sakit rasanya…….

Komentar ditutup.