Setelan burung untuk lomba memang sangat beragam, termasuk di antaranya adalah pleci. Umum dipahami, pleci termasuk burung yang sulit stelannya, sehingga jarang ada burung pleci yang benar-benar bisa tampil secara stabil dan bisa juara terus-menerus.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Banyak kasus, penggemar yang membeli burung pleci juara dengan harga mahal, tapi kemudian tak bisa menampilkannya secara konsisten. Kemudian beli lagi, beli lagi, hingga terkumpul beberapa bahkan ada yang hingga puluhan atau belasan ekor, tapi tetap saja tak ada yang bisa nampil dengan stabil.

Bila semua jalan stelan sudah dicoba dan tetap mentok, salah satu yang dilakukan adalah dengan cas (charge – mengisi dalam arti menstabilkan atau menormalkan kondisi mental) dengan burung betina. Model casnya pun tidak sama. Beberapa penggemar pleci ada yang memasukkan si betina langsung ke sangkar. Dibiarkan hidup bersama terus- menerus, ketika hendak lomba, baru dipisah. Setelah lomba usai, kembali dicampur.

Ada pun Budi Aserehe dari Gorang Gareng, Madiun, memakai cara  yang lebih moderat. Setiap kali lomba, selalu membawa juga pleci betina dalam sangkar yang berbeda. Nah, menjelang digantung, beberapa sesi sebelumnya sudah dicas, dengan cara sangkar betinanya disandingkan atau dijejerkan.

Sementara pleci lainnya, ada yang dicas dengan sesama musuhnya, saling didampingkan sebagaimana model anis merah.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Cas burung pleci konvensional – dengan sesama calon peserta
Budi AS mencas pleci dengan betina

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Pleci yang diberinya nama Matador terbukti langganan menjadi juara dan termasuk stabil penampilannya. Seperti pada penampilan terakhir di Diplomat Cup yang digelar oleh Martaluhur BC di Jatipurno, Wonogiri, Minggu 2 September 2012. (Lihat artikel Diplomat Cup Jatipurno Wonogiri: Teramai, didominasi peserta luar kota).

Bagaimana dengan pleci Anda, sudah ketemukah stelan yang fix? (Waca-Jogja)

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

-7.550085110.743895