Pakan racikan untuk menambah stamina burung pleci

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Salah satu cara untuk membuat burung pleci lebih aktif dan rajin berkicau adalah memberikan pakan bergizi. Meski saat ini banyak beredar pakan racikan di pasaran, sebagian plecimania lebih senang membuat sendiri pakan racikan untuk plecinya, dengan alasan kandungan gizinya lebih terjamin. Berikut ini cara membuat pakan racikan untuk menambah stamina burung pleci.

Burung pleci
Pleci butuh pakan bernutrisi untuk mendukung aktivitas hariannya.

Meski bertubuh kecil, pleci merupakan burung yang sangat aktif. Untuk mendukung aktivitasnya, burung membutuhkan pakan dengan kandungan gizi yang lengkap. Pakan tersebut biasanya diperoleh dari voer.

Konsistensi dalam pemberian voer harus menjadi perhatian serius, karena tidak sedikit penggemar burung yang gonta-ganti voer dengan alasan tidak sreg atau kandungan gizinya tidak lengkap. Selain membuat burung mudah stres, sering berganti voer juga bisa menyebabkan masalah lainn seperti burung cepat mabung, penampilan kurang maksimal, kotoran encer dan berbau.

Salah satu cara untuk menjamin kelengkapan nutrisi yang dibutuhkan pleci adalah membuat sendiri pakan racikan dengan menggunakan bahan-bahan sebagai berikut:

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

  • Kacang kedelai
  • Udang (diambil dagingnya saja)
  • Wortel
  • Telur rebus (diambil kuningnya saja)

Cara membuat pakan racikan:

  • Kacang kedelai dibersihkan, lalu dikukus selama 40 menit. Anda bisa menggunakan panci kukusan ataupun pressure cooker.
Kacang kedelai
Kacang kedelai
  •  Kacang kedelai diangkat lalu ditiriskan, sambil didinginkan. Selanjutnya, kacang kedelai yang sudah lunak ditumbuk atau digiling dengan blender hingga menjadi serbuk.
Tepung kacang kedelai
Tepung kacang kedelai.
  • Wortel dipotong kecil-kecil untuk memudahkan proses penggilingan nantinya.
Potongan wortel
Potongan wortel
  • Siapkan udang yang hanya diambil bagian dagingnya saja, serta beberapa butir telur rebus yang diambil kuningnya saja.
Kuning telur rebus dan daging udang
Kuning telur rebus dan daging udang
  • Potongan wortel, udang, dan kuning telur digiling ( menggunakan blender / food processor) hingga menjadi bubuk.
Bahan yang menjadi tepung
Bahan baku sudah berbentuk tepung
  • Bahan-bahan yang sudah menjadi tepung dicampurkan dengan tepung kacang kedelai yang sebelumnya sudah dibuat.
Bahan dicampurkan semuanya
Bahan dicampurkan semuanya
  • Sebelum diberikan kepada pleci, Anda bisa memberikan bee pollen yang dicampurkan ke dalam bahan-bahan tersebut, kemudian diaduk merata. Pakan pun siap diberikan kepada pleci kesayangan Anda.
Siap disajikan untuk burung
Pakan racikan siap diberikan kepada pleci | Sumber foto: Beijing Birds Society (BBS)

Pleci yang rutin mengkonsumsi pakan racikan ini akan memiliki tubuh lebih ramping, aktif, dan rajin berbunyi. Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa membuat warna bulu pleci menjadi lebih cerah.

Selama memberikan pakan racikan ini, tidak berarti Anda tidak memberikan pakan tambahan lainnya seperti nektar atau air gula, buah-buahan, dan pakan serangga. Pemberian EF secara rutin juga sangat penting untuk mempercepat kondisi buka paruh pada burung pleci.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

8 Comments

    • Disesuaikan saja om dengan kebutuhannya, untuk pakan racikan takarannya ditentukan oleh kebutuhannya (misalnya untuk satu minggu atau lebih). Biar lebih jelas untuk jumlah udang dan kuning telurnya perbandingannya 1:1 saja begitu juga untuk kacang hijau/kacang kedelai dan bee pollennya yang disesuaikan jumlahnya.

    • bisa om, karena yang dibuat itu semacam voer racikan, bisa disimpan di kulkas jika masih ada sisa dan bisa digunakan sampai satu minggu jika menggunakan takaran seperti di gambar.

    • kondisi mentah om, untuk jumlahnya di samakan saja dengan jumlah kuning telur yang digunakan (sedangkan untuk jumlahnya sendiri tentu tergantung kebutuhan)

Komentar ditutup.