Tanpa umbaran, Happy Birthday mampu dominasi 4 kelas murai batu di satu event

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Ini salah satu bukti lagi bahwa umbaran tidaklah mutlak diperlukan oleh murai batu jawara. Murai batu Happy Birthday, murai batu milik Akia dari Jambi Team misalnya. Tanpa pernah main “obrok-obrok” di umbaran, burung ini mampu tampil stabil dalam satu event. Pembuktian diperlihatkan pada 21 Oktober 2012 lalu saat Happy Birtday menggemparkan ibu kota Jakarta karena dalam even Pendawa 5 Enterprise yang bertajuk Ronggolawe Fiesta secara meyakinkan mengobok-obok murai batu Jakarta dan blok barat pada umumnya.

Akia Jambi
Akia Jambi dan Murai Batu Happy Birthday

Pada 4 kelas yang digelar, masing-masing kelas Pakan BnR, kelas BnR Vit, kelas Jatijajar, dan Kelas Ronggolawe, semua disapu bersih oleh murai batu HB. Catatan prestasi HB memang cukup mengagumkan, mulai dari bumi Andalas hingga ke tanah Jawa, khususnya di blok barat.

Contohnya, pada 16 September di Batam Bird Community, dia juga memborong 3 kali juara 1. Kemudian di Pusdikku Cup Bandung (30/9), HB mengguncang Bandung setelah dua kali meraih juara 1 pada kelas Ebod Vit dan Ronggolawe.

Cara perawatan burung ini secara umum sama dengan burung lain pada umumnya, misalnya mandi tiap pagi dan sore dengan dimasukkan keramba. Tapi itu juga tidak dipaksa. Kalau mau mandi ya mandi sendiri. Kalau tidak mau mandi ya tidak apa-apa, tidak dipaksa dengan semprot misalnya. Umbaran pun kadang-kadang saja, bila burungkelihatan gemuk dan kurang lincah. Bila kondisi sudah oke, tidak pernah masuk umbaran. (Waca-Jogja)

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.