Panduan membedakan gelatik jawa jantan dan betina

Gelatik jawa (Padda oryzivora) adalah burung monomorfik atau sulit dibedakan jenis kelaminnya berdasarkan bentuk tubuh. Makanya banyak pemula yang bingung cara membedakan gelatik jawa jantan dan betina. Meski demikian, ada beberapa petunjuk yang bisa kita gunakan untuk membedakan jenis kelamin burung tersebut.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sulitnya membedakan jenis kelamin burung gelatik juga pernah dibahas Om Kicau dalam artikel terdahulu (cek Sulitnya sexing gelatik).

Dalam sebuah artikel di salah satu website mancanegara dijelaskan, burung gelatik jawa atau sering disebut juga  java sparrow/java finch sebenarnya bisa dibedakan jenis kelaminnya melalui pengamatan lingkar mata, warna paruh, dan suaranya.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

1. Pengamatan lingkar mata

Pada gambar 1 terlihat lingkar mata burung jantan lebih tebal daripada lingkar mata burung betina. Pengamatan menjadi lebih mudah apabila ada dua ekor burung atau lebih.

GAMBAR 1: LINGKAR MATA JANTAN LEBIH TEBAL, WARNA PARUHNYA JUGA TERLIHAT LEBIH MENYALA /  MERAH-TUA

2. Pengamatan warna paruh

Pada gambar 2 (pengamatan dari atas) terlihat paruh burung jantan berwarna lebih menyata (merah tua) daripada burung betina yang berwarna merah terang. Sekali lagi, pengamatan menjadi lebih mudah dilakukan jika kita melakukannya terhadap dua ekor burung atau lebih.

GAMBAR 2: PENAMPANG ATAS PARUH JANTAN DAN BETINA

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Perbedaan warna paruh ini makin kentara pada burung gelatik jawa yang sudah mengalami mutasi warna. Sekarang lihat gambar 3 di bawah ini. Warna paruh gelatik jawa jantan terlihat lebih kontras ketika dibandingkan dengan betinanya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

GAMBAR 3: PARUH BURUNG ORIGINAL (ATAS) DAN PARUH BURUNG YANG MENGALAMI MUTASI WARNA

3. Mendengarkan suaranya

Perbedaan yang nampak jelas tentu ketika kita mendengar suara yang dilagukannya. Gelatik jawa jantan memiliki kicauan yang lebih bervariasi, sedangkan burung betina monoton.

Coba dengarkan suara gelatik jawa jantan (klik play untuk mendengarnya:

Mutasi warna gelatik jawa

Dalam perkembangannya, gelatik jawa yang merupakan burung asli indonesia telah menyebar ke berbagai negara, dikembangbiakan sehingga melahirkan banyak varian baru dengan warna-warna yang telah mengalami mutasi. Berikut nama populer hasil mutasi warna pada gelatik jawa.

Salam dari Om Kicau!

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

7 Comments

  1. numpang tanya om klw indukan gelatik jawa tangkapan liar bs g untuk diternakan katanya susah untuk di ternakan klw indukan hasil tangkapan hutan?????

    • mungkin sama dengan burung jenis lainnya om, untuk indukan yang masih liar yang digunakan adalah burung jantannya, sedangkan indukan betina diambil dari yang sudah jinak / peliharaan lama.

Komentar ditutup.