Awas, jangan tertipu kembaran mozambik

Banyak pedagang burung yang berlaku jujur, terlebih karena sudah memiliki pelanggan tetap. Tetapi tidak sedikit pula pedagang burung yang nakal, kerap menipu, atau berbuat culas untuk mengelabuhi calon pembeli, demi mendapat keuntungan pribadi. Saat ini, misalnya, muncul aksi tipu-tipu menjual burung yang mirip mozambik, tetapi dikatakan sebagai burung mozambik.

Mozambik merupakan burung kenari impor yang berasal dari Afrika dan termasuk popular di negeri kita. Sekitar dua dasawarsa lalu, burung ini mencapai puncak popularitasnya bersama hwamei dan pekin robin, juga samyong yang berasal dari negeri sendiri.

Bahkan sampai saat ini, mozambik masih lebih mudah dijumpai di pasar burung daripada robin dan hwamei. Tetapi jika tidak hati-hati, Anda bisa tertipu juga oleh oknum pedagang nakal yang mengaku menjual mozambik, tetapi sebenarnya merupakan spesies lain yang mirip atau seperti “kembaran” mozambik.

Setidaknya ada dua spesies burung yang menyerupai mozambik, yaitu kenari brimstone dan kenari white-bellied. Begitu miripnya, banyak kicaumania pemula yang tertipu. Sebab warna, corak bulu, dan posturnya hampir sama.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Untuk membedakannya, ada beberapa tengara yang bisa Anda cermati dari gambar di bawah ini :

PERBEDAAN ANTARA MOZA-BRIMSTONE-WHITEBELLIED
Perbedaan antara mozambik, brimstone. dan white-bellied ( foto : koleksi Anan )

Setelah melihat gambar di atas, saya akan menguraikan beberapa penjelasan penting terkait dengan tiga spesies burung tersebut.

Kenari mozambik

Kenari mozambik mempunyai nama ilmiah Serinus mozambicus. Dalam literatur perburungan internasional, burung imut ini disebut yellow-fronted canary, dan sering dijuluki sebagai green singing finch.

Panjang tubuhnya sekitar 10 cm, namun ada juga yang mencapai 11 – 13 cm. Artinya, sulit bagi kita untuk membedakannya dari brimstone dan white-bellied hanya dari panjang tubuhnya.

Lebih baik amati bagian punggungnya yang berwarna hijau. Ini berbeda dari kenari brimstone yang bagian punggungnya berwarna kuning kehijauan, dengan garis-garis hijau gelap.

Tetapi, Anda benar-benar akan kesulitan untuk membedakan mozambik dan white-bellied. Sebab warna punggung keduanya hampir sama. Bahkan kemiripan itu dijumpai pada hampir semua bagian tubuhnya.

Postur tubuh white-bellied memang sedikit lebih besar daripada mozambik. Tetapi jika Anda membelinya tanpa pembanding, tentu tetap sulit. Satu-satunya yang bisa membantu adalah melihat corak kepalanya yang sedikit berbeda (silakan lihat kembali gambar di atas).

Mozambik jantan dewasa memiliki bulu sayap dan ekor berwarna cokelat. Bagian bawah tubuh (dada, perut, dan pantat) berwarna kuning. Kepalanya berwarna kuning dengan mahkota yang berwarna abu-abu. Warna abu-abu juga dijumpai pada bagian tengkuk, dengan garis hitam yang memanjang.

Burung betina memiliki kemiripan dengan burung jantan, hanya saja warnanya cenderung lebih kusam. Untuk mengetahui lebih detail tentang burung mozambik, silakan buka kembali artikel terdahulu di sini.

Kenari brimstone

Kenari brimstone atau bully canary merupakan spesies tersendiri, dengan nama ilmiah Serinus sulphuratis. Burung ini juga mempunyai habitat asli di Afrika, terutama di wilayah tengah dan selatan.

Dibandingkan dengan mozanbik dan white-bellied, postur tubuhnya memang sedikit lebih besar (panjang 15-16 cm). Paruhnya berwarna cokelat muda. Bagian atas tubuhnya, seperti dijelaskan sebelumnya. berwarna kuning-kehijauan dengan garis-garis hijau gelap.

Di daerah sekitar cuping telinga terdapat warna kuning kehijauan. Pada sayapnya terdapat dua garis kuning. Adapun tubuh bagian bawah berwarna kekuningan, tersapu oleh warna kehijauan pada bagian samping perut dan dadanya.

Burung betina memiliki warna yang sama dengan jantan, namun cenderung lebih kusam. Pada bagian wajahnya terdapat garis cerah berwarna kuning.

Kenari white-bellied

Kenari white-belied (Serinus dorsostriatus) juga berasal dari Afrika, dan banyak ditemukan di Ethiopia, Kenya, Somalia, Sudan, Tanzania dan Uganda. Postur tubuh dan warna di seluruh tubuhnya memiliki kemiripan dengan mozambik, sehingga sulit membedakan keduanya secara sekilas.

Tengara terpenting adalah postur tubuhnya yang lebih besar dan corak di kepalanya yang agak  berbeda.

Perbandingan suara

Bagaimana dengan perbandingan suara ketiganya? Dari segi suara, ketiga spesies ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa kicaumania justru lebih menyukai suara brimstone, dengan alasan lebih kristal dan lagunya bisa panjang. Adapun white-bellied banyak digemari karena suara ngerolnya yang panjang, dengan variasi tembakannya.

Berikut adalah suara kicauan dari ketiga jenis burung tersebut:

Suara mozambik | DOWNLOAD

Suara white-bellied | DOWNLOAD

Suara brimstone | DOWNLOAD

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

6 Comments

  1. saya mau kok dibo’ongin klo bilangnya mozambik, hehehe…
    soalnya saya punya brimstone yg katanya whitebellied itu suaranya kenceng banget dan harganya lebih mahal dibanding moza

  2. maap om duto, saya mau melakukan pembenaran, suara brimstone diatas itu sebenarnya suara dari white bellied canary ( Serinus dorsostriatus ), sebab saya yg mengunduh video di you tube, ( pas didengerin ada tukang es krim wallsnya ) setelah saya baca sedikit tentang perbedaan antara serinus sulphuratus ( brimstone canary ) dengan white bellied canary ( Serinus dorsostriatus), perbedaan jelas pada warna dimana brimstone berwarna seperti kuning kusam ( kuning sulphur ) dengan garis” yg tidak jelas dan tidak ada warna putih di tunggirnya, sedangkan white bellied ada warna putih di tunggirnya,

    menurut pendapat saya malah kita untung kalo pedagang menipu memberikan “mozambik” palsu , karena jelas kedua burung ( brimstone dan white bellied ) punya suara yg lebih besar, kristal, tajam, dan ngerolnya lebih panjang dr pada mozambik

    mohon maap atas komentar saya

  3. om kurang lengkap nih..jadinya yg dimaksud ketipu it dari segi harga kan?kasih ulasan harganya juga dong dari ketiga inI yg paling murah mana sampai yg paling mahal mana?

    • setau saya brimstone dan whitebellied masuk bersamaan (pedangan cuma tau itu adalah brimstone canary padahal campur) dengan patokan harga waktu itu sekitar 800 ribu per ekor , sementara harga mozambik sekitar 400-500 ribu/ekor, jadi kalau kita beli mozambik terus diberikan ke 2 jenis kenari tersebut diatas kita untung, kecuali kebalikannya

Komentar ditutup.