Merpati punkers tercipta akibat mutasi gen

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Ilmuwan biologi Universitas Utah (AS), Michael Shapiro, berhasil menguraikan rahasia genetik merpati, sekitar 5.000 tahun setelah spesies tersebut mulai menjadi hewan peliharaan. Analisis genetik di antaranya berhasil menguak mengapa ada jenis merpati yang memiliki bulu di bagian kepala dan leher yang mirip punkers. Menurut Shapiro, hal itu terjadi karena mutasi pada gen Ephrin Receptor B2 atau EphB2.

Meski mengalami mutasi, merpati punkers terlihat cantik dan unik.
Meski mengalami mutasi, merpati punkers terlihat cantik dan unik.

“Gen tersebut adalah gen yang sama pada manusia, yang menjadi kontributor dari munculnya penyakit alzheimer, kanker prostat, dan mungkin juga kanker lainnya,” kata Shapiro, asisten profesor biologi di universitas tersebut.

Merpati atau rock pigeon (Columba livia) dikenal memiliki variasi terbanyak di dunia, minimal 350 jenis. Studi yang dipublikasikan di jurnal Science mengungkap bahwa merpati berasal dari Timur Tengah.

Merpati punker terlihat dari depan.
Merpati punkers terlihat dari depan.
Merpati punkers terlihat dari samping
Merpati punkers terlihat dari samping

“Penelitian ini menemukan banyak kesamaan genetik antara spesies dari Iran dengan spesies yang diduga dari India, konsisten dengan catatan sejarah tentang perdagangan di wilayah itu,” ujarnya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Menurut Shapiro, orang dahulu tidak hanya berdagang di India dan Timur Tengah, tetapi juga membiakkan merpatinya. Dalam penelitian ini, Shapiro membandingkan gen manusia dengan gen merpati. Manusia memiliki 21.000 gen, sementara merpati batu memiliki 17.300 gen.

Penelitian ini juga mengungkapkan, merpati punya 1,1 miliar pasang basa nitrogen. Bandingkan dengan manusia yang memiliki 3 miliar pasang basa nitrogen. Menurut Shapiro, penelitian genetik ini akan membantu peneliti lain untuk mengurai bagaimana burung berevolusi.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.