Rumput gandum: Pakan bergizi untuk burung Anda

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Rumput gandum (wheatgrass) merupakan salah satu bahan pangan yang bergizi tinggi, bahkan memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kesehatan manusia. Rumput gandum antara lain bisa meningkatkan vitalitas, kesuburan, menyembuhkan keputihan, dan sebagainya. Ternyata rumput gandung juga bisa dijadikan bahan pakan bagi burung, terutama untuk keluarga burung paruh bengkok (parrot) seperti lovebird, cockatiel, nuri, kakatua, dan sejenisnya.

Burung-burung sedang sarapan rumput gandum.
Burung-burung sedang sarapan rumput gandum.

Manusia biasanya mengkonsumsi rumput gandum dalam bentuk jus. Jadi, harus ada peralatan khusus (misalnya blender) untuk mengolah rumput gandum menjadi jus. Tetapi tidak demikian untuk burung paruh bengkok. Mereka sudah memiliki “alat peras khusus”, berupa paruh dan lidah yang fleksibel. Dua organ inilah yang akan memeras rumput gandum menjadi cairan serupa jus, dan otomatis akan membuang bagian yang tidak bisa dicerna burung.

Kandungan rumput gandum

Penampilan rumput gandum sepintas mirip dengan rumput yang biasa kita lihat sehari-hari. Hanya saja posturnya lebih tinggi, dan tekstur daunnya lebih lembut.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Yang membedakannya tentu kandungan nutrisi. Rumput gandum memiliki 22 jenis vitamin, 92 jenis mineral, dan 8 asam amino yang sangat bermanfaat bagi burung dalam masa pertumbuhan maupun burung yang sedang berkembang biak (pasangan induk). Dengan kandungan selengkap itu, sejumlah peneliti menegaskan bahwa rumput gandum memiliki beberapa khasiat sebagai berikut :

  • Mampu membuang racun / toksin dalam tubuh.
  • Membersihkan kolon (usus halus)
  • Menambah energi dan tenaga.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Membersihkan darah.
  • Memiliki struktur molekul yang sama kepada haemoglobin (Hb).
  • Kaya kandungan klorofil.
  • Mengandung sumber terbaik kalsium (Ca), fosfor (P), kalium (K), magnesium (Mg), zincum atau seng (Zn) dan natrium (Na).

Budidaya rumput gandum

Seluruh proses budidaya rumput gandum, mulai dari penanaman benih hingga masa panen memakan waktu sekitar 1 minggu. Pertama, tentu Anda harus terlebih dulu benihnya berupa biji gandum (wheat berries).

Berikut ini proses budidaya rumput gandum :

  • Bersihkan biji-bijian tersebut dari kotoran atau debu.
  • Biji disimpan dalam toples yang berisi air. Tutup toples ini dengan handuk atau kain tipis, dan didiamkan selama semalaman (12 jam).
  • Setelah mulai tumbuh kecambah, selanjutnya dipindahkan ke wadah khusus seperti baki . nampan, baskom, dan sejenisnya. Sebelumnya, wadah sudah dialasi dengan tanah tipis.
  • Sebarkan benih gandum yang mulai tumbuh di atas permukaan wadah yang sudah berisi tanah. Semprot sedikit dengan sprayer, setelah itu simpan wadah di tempat gelap.
Menumbuhkan benih gandum dalam wadah
Proses menumbuhkan benih gandum dalam wadah
  • Beberapa hari kemudian, sekitar 1 minggu, tanaman mulai tumbuh membesar dan itulah waktu yang tepat untuk memanennya.
  • Anda bisa memotong rumput gandum dan memberikannya langsung kepada burung, atau disimpan dulu dalam kandang penangkaran untuk diberikan kapan pun Anda mau.

Anda bisa memberikannya dalam bentuk batang daun atau membuat jus lalu diberikan kepada burung.

Di mancanegara sudah ada produk khusus rumput gandum untuk burung, dalam kemasan yang menarik. Berikut ini salah satu contoh produk rumput gandum untuk burung.

Salah satu produk rumput gandum dalam kemasan.
Salah satu produk rumput gandum dalam kemasan.

Perlu diperhatikan:

  • Jangan berlebihan memberikan rumput gandum kepada burung, karena kadar zat besi (Fe) cukup tinggi. Berikan secukupnya saja, yang penting burung mengkonsumsi beberapa batang.
  • Rumput gandum bukan obat herbal, tetapi sekadar pakan tambahan atau extra fooding untuk burung paruh bengkok.

Berikut ini beberapa tayangan video burung yang menyukai rumput gandum:

Note: bagi yang berminat, silakan cari informasi mengenai penjual benih rumput gandum di Mbah Google, dengan kata kunci “jual rumput gandum” atau “benih rumput gandum”.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.