Perilaku dan kebiasaan burung memang sangat beragam, dan tidak sedikit yang unik. Salah satunya adalah burung srigunting afrika atau fork-tailed drongos (Dicrurus adsimilis). Burung yang satu ini memiliki kemampuan luar biasa dalam menirukan suara burung predator seperti elang, bahkan hewan predator non-burung,  untuk mencuri makanan dari binatang atau burung lainnya yang ditakutinya. Ia juga memiliki mental pemberani.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Srigunting afrika masih memiliki hubungan kekerabatan dengan beberapa jenis srigunting asli Indonesia, seperti srigunting hitam (Dicrurus macrocercus) dan srigunting keladi (Dicrurus aeneus). Untung saja perilaku burung srigunting asli Indonesia tidak seburuk saudaranya yang memiliki habitat di Gurun Sahara Afrika itu.

Yang paling sering menjadi korban kenakalan srigunting afrika adalah meerkat, hewan mamalia yang juga banyak dijumpai di Gurun Sahara, serta burung-burung dari jenis pied-babbler.

Meerkat (kanan) kerap menjadi korban penipuan sriguntung afrika (kanan).

Kemampuannya menirukan suara binatang predator seperti elang maupun musang ternyata dimanfaatkan digunakannya untuk mengakali calon korbannya. Semula, srigunting afrika akan menguntit calon korbannya saat mencari makanan. Setelah calon korban mendapat makanan, burung ini langsung mengeluarkan suara binatang yang paling ditakuti korbannya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Begitu mendengar suara predator, sang korban langsung mencari termpat bersembunyi, tanpa memikirkan makanan yang sudah diperolehnya. Nah, saat itulah srigunting afrika mengambil makanan yang ditinggalkan korbannya. Unik bin aneh: kenapa si burung tidak berusaha mencari makan sendiri ya, he… he… he…

Selain menakuti korbannya dengan menirukan suara predator, burung ini juga sering terlihat bertingkah seperti perampok. Saat mengikuti meerkat, misalnya, ia akan bersabar menunggu si korban memperoleh makanan. Begitu mendapat makanan, srigunting afrika segera menukik dan mencuri makanannya.

Begitu juga jika melihat burung lain membawa makanan, srigunting afrika segera mengikuti dan mematukinya hingga si korban menjatuhkan makanannya. Saat itulah, burung nakal ini langsung mengambil makanan dan melarikan diri untuk menikmati hasilnya.

Karena kebiasaan buruknya, srigunting afrika dijuluki sebagai burung perompak.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Meski tubuhnya relatif kecil, srigunting afrika dikenal sangat agresif dan tidak mengenal takut. Terkadang ia berani bertarung melawan binatang ataupun burung lain yang tubuhnya lebih besar.

Burung jantan umumnya berwarna hitam mengkilat, dengan kepala besar dan ekor berbentuk gunting / garpu. Burung betina memiliki penampilan hampir sama, namun warna hitamnya tak terlalu mengkilat.

Semoga bisa menambah wawasan kita mengenai khazanah burung di berbagai belahan dunia.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.