Jagal punggung-hitam: Burung agresif yang pandai meniru suara lain

Letak geografis yang berdekatan membuat beberapa spesies burung di Papua juga dijumpai di Australia, mulai dari burung paruh bengkok hingga burung surga dan burung pengicau. Salah satu di antaranya adalah burung jagal punggung-hitam / australian magpie (Gymnorhina tibicen). Di Australia, jagal punggung-hitam masuk dalam 10 besar burung terfavorit. Burung ini sangat agresif, terutama pada musim  berkembang biak, namun memiliki kemampuan luar biasa dalam meniru suara burung lainnya.

Burung jagal punggung hitam ( Australian magpie)
Burung jagal punggung-hitam / Australian magpie (Gymnorhina tibicen).

Burung jagal punggung-hitam memiliki postur tubuh besar, dengan panjang sekitar 41 cm. Bulunya hanya terdiri atas dua warna saja, yaitu hitam dan putih. Penampilannya mirip burung jagal papua dan jagal leher-putih. Yang membedakan adalah bagian dada jagal punggung-hitam seluruhnya berwarna hitam, sedangkan dua spesies jagal lainnya memiliki dada berwarna putih.

Penampilan burung jantan dan betina terlihat hampir mirip. Perbedaannya terletak pada bagian tengkuk, di mana pada burung jantan terdapat warna bulu yang putih bersih. Tengkuk betina berwarna putih keabu-abuan. Perbedaan warna seperti ini terlihat juga pada burung dari keluarga Cracticidae lainnya, seperti jagal papua dan lainnya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

burung jagal jantan betina
Burung jagal punggung-hitam jantan (kiri) dan betina. Lihat perbedaan warna tengkuknya.

Semua spesies burung jagal termasuk omnivora. Meraka akan memakan hampir semua jenis pakan, termasuk serangga, buah-buahan, binatang kecil, dan invertebrata. Burung ini akan mencari makanan di permukaan tanah, terutama untuk mencari cacing, tikus, kadal, jangkrik, dan burung-burung kecil yang dijumpainya.

Perilaku agresif jagal punggung hitam

Jagal punggung-hitam termasuk burung teritorial, namun mereka bisa beradaptasi terhadap lingkungan di perkotaan maupun pedesaan. Meski akrab dengan manusia, jangan harap bisa mendekati burung ini pada masa berkembang biak, karena mereka tak segan-segan menyerang siapapun yang mendekati wilayah kekuasaannya, terutama sarangnya.

Silahkan baca lagi artikel Ketika burung berburu manusia, untuk melihat bagaimana burung ini agresif mengejar manusia, lalu melukai siapapun yang memasuki daerah teritorialnya.

Swooping
Di musim berkembang biak, burung jagal punggung-hitam akan menyerang siapapun yang memasuki sarangnya.

Pada musim berkembang biak, burung jagal punggung-hitam akan membangun sarangnya di pohon-pohon yang berdekatan dengan lingkungan manusia. Makanya sering terjadi konflik antara burung dan manusia.

Beberapa serangan dari burung ini pun dilaporkan telah menimbulkan banyak korban luka-luka, sehingga pemerintah kota (khususnya di Australia) memasang papan peringatan akan serangan burung di lokasi-lokasi yang terdapat sarang jagal punggung-hitam. Adapun di Provinsi Papua, belum diketahui apakah ada papan peringatan serupa.

Papan peringatan yang di pasang di lokasi burung ini bersarang
Papan peringatan yang dipasang di lokasi burung bersarang.

Meski termasuk burung agresif, memiliki paruh kuat serta cakar yang tajam, ternyata burung ini memiliki musuh alami, yaitu berbagai jenis biawak dan burung hantu. Namun, pembunuh alami yang paling utama adalah kabel-kabel listrik dan kendaraan yang melaju kencang.

Suara burung jagal punggung-hitam

Burung jagal punggung-hitam termasuk burung diurnal, artinya selalu aktif pada siang hari . Meski begitu, burung ini juga sering bersuara pada tengah malam, sebagaimana burung nightingale dan mockingbirds.

Kemampuan bernyanyi burung jagal punggung-hitam juga tidak bisa diremehkan. Meski penampilannya kurang menarik, burung ini memilik suara kicauan yang sangat bervariasi, bahkan bisa lebih kompleks.

Burung jagal dikenal memiliki kemampuan meniru lebih dari 35 suara spesies burung lainnya. Bahkan tidak hanya itu, mereka juga memiliki kemampuan meniru suara lingkungan du sekitarnya dengan sangat baik, misalnya suara anjing, kuda, atau ayam berkokok.

Gaya berkicaunya cukup nyentrik, yaitu berdiri tegak / nagen, dengan kepala ke atas sambil mengangkat kedua sayapnya. Gaya kicauan seperti itu mirip dengan burung hwamey atau wambie ketika berkicau.

Berikut dua suara burung jagal punggung-hitam:

1. Suara burung jagal punggung-hitam variasi 1 | DOWNLOAD

2. Suara burung jagal punggung hitam variasi 2 | DOWNLOAD

Kalau yang ini, dua video yang menggambarkan bagaimana burung jagal punggung-hitam berkicau dengan gayanya yang khas:

video milik Juna | Youtube

video milik YunRah18 | Youtube

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

    • kalau bibit rasanya belum ada yang ternak/jual om, tapi untuk burung jagal kadang suka ada juga yang jual di forum-forum jual beli online.

Komentar ditutup.