Srigunting Afrika: Pintar meniru suara predator untuk mencuri makanan

Perilaku dan kebiasaan burung memang sangat beragam, dan tidak sedikit yang unik. Salah satunya adalah burung srigunting afrika atau fork-tailed drongos (Dicrurus adsimilis). Burung yang satu ini memiliki kemampuan luar biasa dalam menirukan suara burung predator seperti elang, bahkan hewan predator non-burung,  untuk mencuri makanan dari binatang atau burung lainnya yang ditakutinya. Ia juga memiliki mental pemberani.

Srigunting afrika masih memiliki hubungan kekerabatan dengan beberapa jenis srigunting asli Indonesia, seperti srigunting hitam (Dicrurus macrocercus) dan srigunting keladi (Dicrurus aeneus). Untung saja perilaku burung srigunting asli Indonesia tidak seburuk saudaranya yang memiliki habitat di Gurun Sahara Afrika itu.

Yang paling sering menjadi korban kenakalan srigunting afrika adalah meerkat, hewan mamalia yang juga banyak dijumpai di Gurun Sahara, serta burung-burung dari jenis pied-babbler.

MEERKAT YANG KERAP MENJADI KORBAN PENIPUAN DARI SRIGUNTING AFRIKA INI
Meerkat (kanan) kerap menjadi korban penipuan sriguntung afrika (kanan).

Kemampuannya menirukan suara binatang predator seperti elang maupun musang ternyata dimanfaatkan digunakannya untuk mengakali calon korbannya. Semula, srigunting afrika akan menguntit calon korbannya saat mencari makanan. Setelah calon korban mendapat makanan, burung ini langsung mengeluarkan suara binatang yang paling ditakuti korbannya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Begitu mendengar suara predator, sang korban langsung mencari termpat bersembunyi, tanpa memikirkan makanan yang sudah diperolehnya. Nah, saat itulah srigunting afrika mengambil makanan yang ditinggalkan korbannya. Unik bin aneh: kenapa si burung tidak berusaha mencari makan sendiri ya, he… he… he…

Selain menakuti korbannya dengan menirukan suara predator, burung ini juga sering terlihat bertingkah seperti perampok. Saat mengikuti meerkat, misalnya, ia akan bersabar menunggu si korban memperoleh makanan. Begitu mendapat makanan, srigunting afrika segera menukik dan mencuri makanannya.

Begitu juga jika melihat burung lain membawa makanan, srigunting afrika segera mengikuti dan mematukinya hingga si korban menjatuhkan makanannya. Saat itulah, burung nakal ini langsung mengambil makanan dan melarikan diri untuk menikmati hasilnya.

KEMAMPUANNYA MENIRU SUARA PREDATOR MEMBUAT NYA MENDAPAT GELAR BURUNG PEROMPAK AFRIKA
Karena kebiasaan buruknya, srigunting afrika dijuluki sebagai burung perompak.

Meski tubuhnya relatif kecil, srigunting afrika dikenal sangat agresif dan tidak mengenal takut. Terkadang ia berani bertarung melawan binatang ataupun burung lain yang tubuhnya lebih besar.

Burung jantan umumnya berwarna hitam mengkilat, dengan kepala besar dan ekor berbentuk gunting / garpu. Burung betina memiliki penampilan hampir sama, namun warna hitamnya tak terlalu mengkilat.

Semoga bisa menambah wawasan kita mengenai khazanah burung di berbagai belahan dunia.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. bagi pengalaman aja tentang burung srigunting.skitar 1.5thn dulu.saya beli srigunting dari seorang petani 1sarang isi 3ekor.burung ini manja banget& lama untuk notol.bahkan sampai umur 2bulan pun saya masih ngloloh karena takut burung kurang makan.ahirnya kaku.suara piyikan pun enak di dengar.saran saya burung srigunting ini umur 3blan baiknya di kasih menu vor lele kw 1&2 jangkrik serta 1 sendok ulat /hari.gk mahalkan.sekarang srigunteng saya sudah gacor full isian diantaranya centet.kucing.tokek.siul2 bahkan bisa menirukan tembakan kacer zerta ciri hasnya ser ser dan siit siit.jangan lupa mandikan karena srigunteng sangat suka bila kita semprot bahkan isian akan keluar serts mengdpak2an sayap saat di semprot.trimakazih.untuk vidionya di tunggu aja karena saya lg tugas di jkt dan burung itu ada di rumah sragen.ok broder

  2. gan gimana cara agar srigunting mudah bunyi???
    ane punya srigunting usia 2 bulanan, tapi manja banget, (wajar melihara dr kecil)…
    kasih solusinya gan…!!!

Komentar ditutup.