Blue jay: Pencuri pakan dan peniru suara burung lain

Blue jay (Cyanocitta cristata) termasuk burung pengicau dari keluarga gagak-gagakan atau Corvidae. Burung-burung lokal Indonesia seperti tangkar ongklet (cililin), ekek geling, tangkar cetrong (murai papua), dan ekek layongan juga termasuk dalam keluarga ini. Hanya saja, blue jay tak bisa dijumpai di negeri kita. Habitatnya di Amerika Utara, terutama Amerika Serikat dan Kanada. Banyak perilaku unik dari burung blue jay, antara lain suka mencuri pakan burung lain, mencuri telur dan piyik burung lain, pintar menirukan suara burung lain, dan bisa membangun lumbung pakan bijian di dalam tanah.

Blue jay sering mengunjungi halaman yang dilengkapi dengan Bird feeders
Blue jay sering mengunjungi halaman yang dilengkapi bird feeders.

Dari segi fisik, blue jay memiliki penampilan yang cantik. Berbeda dari cililin yang memiliki penampilan gagah atau elegan. Warna bulunya didominasi biru, dengan variasi hitam dan putih pada beberapa bagian tubuh lainnya.

Namun warna biru yang teramati secara visual ini sebenarnya akibat efek melanin dari pantulan cahaya ke dalam sel-sel tubuhnya. Sebab, warna aslinya adalah cokelat seperti beberapa spesies burung tangkar di Indonesia.

Selain warna kebiruan, ciri khas lain pada burung ini adalah jambulnya yang khas. Ukuran tubuhnya sedikit lebih kecil dari keluarga gagak-gagakan, dengan panjang sekitar 22-30 cm.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bluejay berpenampilan cantik tapi suka mencuri
Jambul blue jay yang terlihat aduhai.

Blue jay sejatinya merupakan burung penghuni hutan. Tetapi di alam modern, mereka mampu beradaptasi seperti burung-burung khas Amerika Utara lainnya, seperti kardinal / northern cardinal maupun  northern mockingbird. Tidak heran jika blue jay mudah dijumpai di pekarangan rumah-rumah warga di Amerika Utara, terutama apabila tersedia bird feeders.

Ras dan wilayah persebaran blue jay

Burung blue jay terdiri atas empat subspesies / ras, dengan wilayah persebaran sebagai berikut :

  1. Northern blue jay (Cyanocitta cristata bromia): Ditemukan di Kanada dan Amerika Utara. Ukurannya lebih besar daripada ras lain, dengan warna cenderung kusam.
  2. Coastal blue jay (Cyanocitta cristata cristata): Tersebar di pesisir Amerika Serikat, mulai dari Carolina Utara hingga Texas (kecuali Florida). Ukurannya sedang, dengan warna biru terang.
  3. Interior blue jay (Cyanocitta cristata cyanotephra): Burung penetap di Amerika Serikat, berukuran sedang, dengan warna biru lebih gelap.
  4. Florida blue jay (Cyanocitta cristata semplei): Tersebar di wilayah selatan Florida, AS. Ras ini paling mungil dibandingkan tiga ras lainnya, dengan penampilan mirip ras bromia.

Beberapa perilaku unik burung blue jay

Perilaku unik burung blue jay
Blue Jay punya beberapa perilaku unik.

Burung ini dikenal memiliki hubungan sosial yang cukup kompleks dan ikatan kekeluargaan yang ketat. Mereka dikenal memiliki kecerdasan dan beberapa keunikan.

Misalnya, jika dipelihara dalam sangkar, kemudian pakan diletakkan di luar sangkar. Sebaliknya, di dalam sangkar kita letakkan lidi. Burung bisa menggunakan kaki atau paruhnya untuk “memegang” lidi, yang digunakan untuk mengais pakan di luar sangkar.

Di balik penampilan fisiknya yang cantik, blue jay memiliki perilaku buruk: gemar mencuri pakan milik burung lain. Bukan hanya sekadar pakan, terkadang mereka juga mencuri telur dari sarang spesies burung lain, bahkan menculik anakan / piyikan yang sedang berada di sarang.

Padahal pakan utamanya adalah bijian, dengan selingan serangga kecil. Perilaku mencuri telur dan piyik burung lain sempat mengundang rasa penasaran sejumlah peneliti dan ahli burung. Sebab hanya 1% burung blue jay yang mau memakan telur dan / atau piyik burung lain.

Blue jay juga memiliki kemampuan mimikri, atau meniru suara burung lain. Bahkan suara panggilan (call) burung ini sangat bervariasi, yang diduga juga hasil meniru suara burung lain. Suara burung elang pun dapat ditiru dengan sangat baik.

Berikut ini dua contoh suara burung blue jay ketika meniru suara elang”

  • Suara blue jay meniru red-shouldered hawkDOWNLOAD
  • Suara blue jay meniru red-tailed hawkDOWNLOAD

Kemampuan meniru suara elang kemungkinan digunakan untuk untuk menipu burung lain dalam rangka mencuri pakan, telur, atau anakan / piyikan burung lain. Sebab begitu induk yang masih ada di sarang mendengar suara elang, biasanya mereka takut dan melarikan diri. Inilah saatnya bagi blue jay untuk beraksi, he.. he…

Di luar musim dingin, blue jay suka mengumpulkan biji-bijian untuk disimpan / dikubur dalam tanah. Tujuannya diduga sebagai cadangan makanan di musim dingin, atau semacam lumbung makanan. Ini makin membuktikan kecerdasannya.

Namun, dalam usahanya membangun lumbung pakan, tidak jarang mereka mengalami kegagalan dalam mencari lokasi yang tepat. Akibatnya, biji-bijian yang disembunyikan justru bertunas, lalu tumbuh menjadi tanaman baru. Itu sebabnya, blue jay dianggap pula sebagai burung yang membantu penyebaran tanaman terutama pohon oak.

Perilaku unik lainnya adalah sering menurunkan jambulnya jika berada dalam keluarga dan kelompoknya, atau ketika sedang berada di sarang. Tetapi ketika sedang sendirian, mereka akan menegakkan jambulnya, dan berani menantang satwa lain yang mencoba menyerangnya, seperti ular dan  musang.

Namun, entah mengapa, blue jay justru mengalah jika berhadapan dengan burung pelatuk kepala merah / red-headed woodpecker, scrub jay florida, atau tupai yang akan mencegahnya saat hendak mencuri makanan.

Blue jay
Induk blue jay bersama anak-anaknya di dalam sarang.

Variasi suara panggilan burung blue jay

Seperti dijelaskan sebelumnya, burung blue jay memiliki suara panggilan (call) yang sangat bervariasi, di mana sebagian juga merupakan hasil mimikri. Kalau di atas sudah disertakan dua sampel suara mimikri burung blue jay, berikut ini beberapa variasi suara panggilannya.

Download

Download

Download

Download

Download

Download

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.