Rahasia pentet jawara dari Om Nicho

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Om Nicho dulu merupakan moderator pentet di forum kicaumania.or.id. Karena kesibukan kerja, dia memutuskan mengundurkan diri. Meski demikian, dia tetap setia berbagi ilmu mengenai perawatan burung pentet di forum yang inspiratif tersebut. Artikel kali ini mengungkap rahasia perawatan pentet jawara dari Om Nicho, khususnya mengenai setelan extra fooding (EF) untuk rawatan harian dan rawatan jelang lomba, sebagaimana ditulisnya dalam salah satu threat di forum tersebut.

tren cendet berkualitas
Pemilik pentet jawara sering memberikan kroto pada malam sebelum lomba.

Extra fooding untuk rawatan harian :

Extra fooding untuk burung pentet dalam rawatan harian biasanya terdiri atas kroto, jangkrik, serta ulat hongkong (UH). Khusus UH, Om Nicho jarang memberikannya, karena mudah sekali membuat burung mengalami over birahi (OB), salto, buka sayap, dan sebagainya.

Sebaliknya, dia juga tidak memberikan ulat bambu (UB) untuk harian, karena fungsinya justru menurunkan birahi pentet (biasa digunakan untuk meredam burung yang OB). Pemberian UB secara terus-menerus dapat menyebabkan burung sering terlambat panas saat berlomba. Jika sudah jadi kebiasaan harian, makin susah untuk mengontrolnya saat tampil di lomba. UB hanya diberikan pada hari lomba, cukup 2 ekor, yang bisa dilakukan di rumah atau sebelum burung dibawa ke lapangan.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Dengan demikian, hanya ada dua jenis EF yang diberikan setiap hari, yaitu :

  • Kroto       : 1 sendoh teh
  • Jangkrik  : 3 ekor pagi + 2 ekor sore
tren burung cendet jawara
Mulai Jumat, pentet tidak dimandikan atau dijemur, tetapi cukup dianginkan sebentar.

Extra fooding menjelang lomba:

  • Mulai Jumat, porsi jangkrik dinaikkan menjadi 5 ekor pagi + 4 ekor sore. Porsi kroto tetap 1 sendok teh.
  • Mulai Jumat, pentet sudah tidak dimandikan lagi. Jadi begitu memberikan EF, kerodong dibuka 15 menit. Selanjutnya, burung kembali dikerodong agar birahnya tetap terkendali.
  • Burung juga tidak perlu dijemur, tetapi cukup diangin-anginkan sebentar. Hal ini berlaku sampai Hari-H.
  • Hari Sabtu, porsi jangkrik kembali dinaikkan menjadi 7 ekor pagi + 5 ekor sore. Kroto tetap 1 sendok teh.
  • Sabtu malam, pentet kembali diberi 1/2 sendok teh kroto. Tujuannya agar pada Hari-H, burung menjadi sedikit adem, tidak mengalami over birahi akibat peningkatan porsi jangkrik dalam 2 hari terakhir.
  • Hari Minggu, sebelum berangkat lomba, pentet diberi 2 ekor ulat bambu dan 3 ekor jangkrik. Kroto sama sekali tidak berikan. Kini burung siap dibawa ke arena lomba.
  • Dua sesi menjelang sesi pentet, burung dimandikan dengan cara disemprot hingga basah-kuyup. Usai mandi, berikan lagi 1 ekor jangkrik, lalu dijemur sebentar agar bulunya kering. Setelah itu, sangkar dikerodong kembali.
  • Kini, pentet siap memasuki lomba.

Catatan:

Dalam kondisi tertentu menjelang lomba, misalnya cuaca mendung atau kondisi pentet agak nggembos, pentet bisa diberi 2-3 ekor UH, yang dilakukan di rumah (sebelum ke arena lomba).

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

10 Comments

  1. om…pngen tnya nh sya…tentang jenis burung cendet/plentet…jantan..gimna sh om ciri”nya cendet jantan
    coz nya sya krang paham tentang burung
    dear ipsAn bekasi

  2. cendet saya bermasalah setiap di kasi jangkrik cuma kepalanya saja yg di makan,klw udah di kasih UH 20ekor,,baru mw gacor

    gmna solusinya gan

  3. om sya punya burung cendet sudah lumayan tua.kaki nya pun sudah agak bersisik.posisi brdiri nya pun tegak lurus.nah yg jd pertanyaan sya.knapa ya om cendet sya suka mengembangkan bulu klo d deketin orang jg sayap nya suka menggelepar.mhon jawaban nya om.terima kasih

  4. Om seumpama Burung cendet gacor/jadi apakah bisa ditambah suaranya,misalkan Burung cendet isian kenari,ciblek,CJ,lalu ditambah BURGER,KUTILANG,BR.dll.
    Pakah bsa om soalnya bosen denger itu2aja.
    SORY dikit brantakan kmenya

  5. Mohon bantuan nya……mengenai tips memandikan burung……..pentet saya habis mengalami masa mabung…….sekarang ekornya sudah tumbuh bagus…….tp saat memandikan pentet saya sering nempel jadi ekornya agak rusak…….bagaiaman tips memandikan pentet lewat semprot biar ekornya tetep bagus….terima kasih sebelumnya…..

Komentar ditutup.