Mencetak kenari hibrid unggulan

Bereksperimen dalam penangkaran kenari lazim dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diidam-idamkan, yaitu burung yang atraktif, mampu berkicau dengan bagus, memiliki kondisi fisik, mental, dan kesehatan yang bagus. Beberapa penangkar kenari pun berlomba-lomba menciptakan anakan dari perkawinan antara dua indukan berkualitas dalam satu spesies maupun kawin silang antara dua spesies berkualitas. Bahkan ada juga yang menangkar kenari dengan burung finch, untuk menghasilkan filial atau keturunan yang dikenal sebagai kenari mule atau kenari hibrid.

KENARI HIBRID SILANGAN GOLDFINCH x KENARI
Silangan gold finch >< kenari

Perkawinan silang antara kenari dan burung finch akan menghasilkan kenari yang mampu berkicau dengan irama dan lagu penuh variasi. Nahkan lagunya bisa lebih panjang daripada kedua induknya. Dengan kata lain, hasil persilangan ini akan menciptakan burung penyanyi yang sempurna dengan kekuatan vokal dari kenari serta melodi dari finch. Sifatnya akan lebih atraktif dan lincah daripada kedua indukannya.

Akan lebih baik lagi jika kedua indukan yang dipilih adalah burung berkualitas, baik suara kicauan maupun fisiknya. Beberapa jenis burung finch yang bisa disilangkan dengan kenari adalah gold finch dan green finch. Keduanya paling popular, karena peluang keberhasilan untuk disilangkan dengan kenari sangat tinggi.

Berikut ini tayangan video kenari mule, hasil persilangan antara kenari dan gold finch :

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Jika ingin menyilangkan kenari dengan finch, pastikan kedua indukan harus dalam kondisi sehat dan siap dikembangbiakan. Biasanya kenari yang digunakan berkelamin betina, sedangkan burung finch yang digunakan berkelamin jantan. Sediakan pula kenari jantan sebagai pemancing birahi kenari betina di awal penjodohan.

GOLD FINCH DAN GREEN FINCH YANG POPULER DIKAWIN SILANGKAN DENGAN KENARI
Gold finch dan green finch bagus untuk disilangkan dengan kenari,

Pisahkan terlebih dlu burung-burung tersebut. Sebab pakan dan kebutuhannya mereka berbeda. Kenari bisa dengan mudah diberikan makanan yang tepat dengan 12 jam aktifnya setiap hari, sedangkan finch memiliki 14 – 16 jam aktif setiap hari. Pakan untuk finch berupa sayuran hijau, telur rebus, dan biji-bijian berkecambah (direndam dulu).

Gunakan kandang bersekat untuk memisahkan mereka, dan biarkan mereka saling melihat, sampai keduanya siap dijodohkan. Pertama kalinya, kenari betina kemungkinan akan menolak finch jantan.

Siapkan beberapa bahan untuk bersarang.  Kotak sarang diletakkan di kandang kenari betina. Kenari akan mengambil bahan sarang dan menata sarangnya ketika ia sudah siap berkembang biak. Untuk mempercepat birahi kenari betina, Anda perlu menyiapkan kenari jantan yang sudah gacor di dekat kandang, tetapi jangan sampai terlihat kenari betina. Kalau betina sudah menyiapkan sarangnya, itu pertanda sudah siap kawin.

Pada saat itulah, kenari jantan bisa diperlihatkan kepada kenari betina. Ketika birahi betina makin tinggi, sekat yang memisahkan kenari betina dan burung finch bisa dibuka, agar segera memulai ritual kawinnya. Karena finch dikenal sebagai burung pemalu, terlebih saat ingin kawin, sudah saatnya Anda bersembunyi agar tidak terlihat finch.

Jika burung sudah melakukan ritual kawin, pisahkan finch dari kandang kenari, sampai burung betina mulai bertelur. Sebab burung finch suka mematuk telur.  Anakan akan menetas dalam waktu 2 munggu, dan siap meninggalkan sarang saat berumur 16 – 19 hari dam bisa mandiri setelah umur 30 hari.

BEBERAPA KENARI HIBRID | Photo charlies song birds
Beberapa jenis kenari hibrid  (Foto : Charlies Song Birds)

Catatan tambahan:

Pada waktu anakan mulai meninggalkan sarang, itulah waktu yang tepat memaster mereka dengan suara burung, baik dari kenari jantan yang berkualitas maupun suara masteran dari media elekronik seperti CD atau MP3, agar diperoleh kenari hibrid yang memiliki kicauan yang penuh variasi   dan lebih penuh irama.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

Komentar ditutup.