Beberapa metode sexing anakan kenari

Sexing atau membedakan jenis kelamin burung kenari relatif lebih mudah dilakukan jika burung sudah mencapai umur dewasa kelamin (UDK). Begitu bertelur, maka kenari tersebut pasti betina (tul.. betul ?). Beberapa penangkar umumnya membutuhkan kepastian yang lebih cepat, terutama untuk memenuhi permintaan konsumen yang justru ingin membeli kenari sejak anakan. Untuk memandu para penangkar dan penggemar kenari, ada beberapa metode sexing yang bisa dilakukan. Meski tidak mudah, kalau sudah terlatih nantinya akan menjadi lebih gampang.

imagesMetode ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Sexing sejak anakan kenari masih di sarang.
  2. Sexing berdasarkan suaranya sejak dini.
  3. Sexing berdasarkan penampilan warnanya.

Sexing sejak anakan kenari masih di sarang

Penangkar yang khusus mengembangbiakkan kenari tipe penyanyi biasanya fokus pada pemilihan anakan kenari yang berjenis kelamin jantan. Dengan demikian, anakan jantan bisa langsung diangkat dan dipisahkan dari saudaranya yang betina. Sejak itu pula, anakan kenari jantan mulai dimaster agar kemampuan berkicaunya bisa maksimal saat dewasa nanti.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Untuk alasan itulah, beberapa penangkar kenari telah membuat riset atau penelitian mendalam untuk menentukan jenis kelamin burung dalam usia sedini mungkin, sebelum anakan menjadi burung muda, apalagi burung dewasa.

SEXING KENARI BISA DIMULAI DARI MASIH BERUSIA USIA PIYIKAN
Sexing kenari bisa dimulai sejak masih berada di sarangnya.

Sedikitnya ada tiga metode yang merupakan hasil penelitian dan dapat digunakan para penangkar kenari di Indonesia dalam menentukan jenis kelamin anakan. Meski belum terjamin keakuratannya, Anda bisa mencobanya untuk memperoleh formula yang tepat bagi Anda sendiri berdasarkan beberapa uji coba :

  • Cara pertama
    Untuk metode ini, anakan harus dalam keadaan sudah memiliki bulu pertama, dengan bulu sayap masih berupa sedotan (bulu jarum) . Caranya, tekan sarangnya menggunakan jari telunjuk Anda. Jika anakan langsung menunduk dengan pantat atau ekor yang mengarah ke atas, itu menandakan burung jantan. Sebaliknya, jika anakan kenari diam saja, sambil melihat Anda, itu adalah burung betina.
  • Cara kedua
    Taruh semua anakan yang berasal dari satu sarang di atas handuk, atau permukaan kasar lain yang tidak licin, di mana mereka akan menggunakan kedua kakinya untuk berdiri. Jika ada anakan yang langsung melompat dan mengarah ke depan, itu menandakan burung jantan. Sebaliknya, jika diam saja, berarti burung betina.
  • Cara ketiga
    Cara ini bisa dilakukan pada saat pemasangan ring. Anakan yang memiliki jari kaki lebih panjang dari pusat kakinya adalah burung jantan. Sedangkan anakan yang jari kakinya lebih rata ukurannya adalah burung betina.

Sexing berdasarkan suaranya sejak dini

Sekitar 1 bulan sejak menetas, anakan kenari biasanya sudah bisa makan sendiri. Saat itulah, ia akan lebih banyak mengeluarkan suara cicitannya, yang mengandung beberapa makna, antara lain :

  • Lapar
  • Terkejut, panik
  • Kesakitan, marah
  • Terganggu oleh saudaranya

Tetapi terkadang, di antara waktu-waktu tersebut (masa mandiri hingga waktu ganti bulu), mereka berusaha untuk berkicau. Lagu pertama ini dikenal dengan istilah sub-song, yang dijabarkan sebagai suara “trillili” yang dinyanyikan sambil melamun dengan mata setengah tertutup, dalam keadaan hampir tidur siang.

Saat itulah sebenarnya burung sedang belajar berkicau, yang bisa terlihat dari tenggorokannya yang kembang-kempis seperti halnya kenari jantan ketika sedang bernyanyi.

Sebagian pakar kenari menganggap bahwa ini pertanda burung tersebut berkelamin jantan, yang sedang mengembangkan (melatih) suara nyanyiannya. Tetapi hal ini belum bisa dijadikan kesimpulan akhir, sebelum kenari mulai berpindah lagi ke lagu berikutnya,  pada tahap belajar bernyanyi yang disebut plastic song. Plastic song adalah lagu yang dinyanyikan burung muda yang masih dalam tahap belajar bernyanyi, terdiri atas beberapa suku kata berbeda / variatif dan elemen lagu yang dikenalnya.

Secara umum, tahapan belajar yang disebut lagu plastik ini bisa diandalkan sebagai penentu jenis kelamin burung jika burung masih berusia muda. Tetapi perlu diketahui, burung betina yang berusia lebih dari 1 tahun pun terkadang akan bernyanyi pada tingkatan lagu plastik. Tetapi pada umur muda rasanya jarang dijumpai.

Sexing berdasarkan penampilan warnanya

Perlu dicatat, metode yang satu ini tidak bisa digunakan pada beberapa kenari keturunan, namun dapat dimanfaatkan dalam memilih gender dari burung kenari jenis penyanyi.

Sebagian besar kenari keturunan memiliki dua jenis bulu akibat mutasi kenari tipe penyanyi split to kenari tipe postur maupun tipe warna. Istilah split atau split to biasa digunakan dalam mutasi kenari, mutasi lovebird, gould amadine, dan gelatik jawa.

Pada burung kenari penyanyi atau non-keturunan, seluruh tubuh burung jantan akan berwarna kuning yang sedikit lebih terang daripada betina yang agak pucat. Hal ini bisa juga berlaku pada kenari keturunan, sepanjang burung tersebut tidak mengalami mutasi intensif seperti yang biasa terjadi pada kenari keturunan lainnya.

Hal ini bisa terlihat jelas pada kenari yang memiliki warna bulu full kuning, karena mereka tidak punya pigmen gelap yang bisa mengaburkan pandangan mata seseorang. Jika kenari sudah memiliki bulu dewasa (ganti bulu pertaman), maka penenutan jenis kelamin bisa dilakukan dengan melihat kecerahan warna bulu kuningnya. Dalam hal ini, yang berwarna kuning cerah adalah jantan dan yang warna kuningnya pucat adalah betina.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

4 Comments

  1. Salam kenal om. Om saya baru belajar menangkar kan kenari. Yang jantan warna putih Dan betina warna kuning. Dan bertelor 2 butir setelah di eram selama 2 minggu berhasil menetas dua duanya tapi yang satu besar yang satu nya lagi kecil. Kenapa bisa beda yaa om..?
    Setelah tumbuh bulu yang satu warna nya kuning Dan berbadan besar sekitar umur 3 minggu badan nya sama besar nya dengan induk nya.
    Sedangkan yang satu nya berwarna kuning ada sedikit bercak hitam di kepala nya Dan badan nya kecil, kenapa yaa om.. Bisa ada bulu hitam padahal keturunan nya tidak mempunyai warna hitam. Dan badan nya kenapa bisa kecil?
    Terima kasih

  2. om saya punya kenari yg istilahnya ditempat saya NGEPROS,padahal awalnya engga,tp waktu beres mabung keluar bulu NGEPROSnya……….kenapa bisa begitu,dan apakah bisa kembali ke bulu semula ( tidak NGEPROS ) maksih sebelumnya.

    • klo boleh tau, seperti gimana yan disebut om denan ngepros itu om ? apa bulu berantakan/keriting ? klo terjadi masalah pada bulu setelah burung selesai mabung misalnya bulu keriting, berantakan, kering dsb. itu terjadi karena perawatan mabung yang kurang/tidak tepat, untuk kembali ke bulu semula harus nunggu bulu-bulu tersebut jatuh om atau bisa juga mencampur makanannya dengan minyak ikan agar bulu bisa mudah diatur.

Komentar ditutup.