Ruby, MB jawara yang dibeli saat hilang suara: Sembuh berkat produk Om Kicau

Murai batu Ruby yang tampil cemerlang dan sukses meraih double winner dalam even Palembang Bangkit sebenarnya menyimpan cerita duka di masa lalu. Om Rendy membeli burung ini pada akhir 2011, dalam keadaan serak dan nyaris hilang suara. Saat itu, dia baru saja memulai hobi burung dan tak faham bagaimana mengatasi murai batu yang sengsara seperti ini. Berkat bimbingan kicaumania senior, Dwi Hardianto, Rendy pelan-pelan bisa mendandani Ruby hingga berkali-kali menjadi juara. Mau tahu rahasianya?

Murai batu Ruby
Rendy bersama MB Ruby usai mencetak hasil nyeri di even Palembang Bangkit.

“Saya sudah mencoba berbagai obat untuk Ruby, mulai dari produk kios sampai produk impor, tetapi belum membuahkan hasil. Iseng-iseng saya membuka internet, lalu melihat-lihat produk Om Kicau. Eh, ada produk untuk mengobati serak (BirdTwitter – Red). Saya pun membelinya,” tutur Om Rendy, melalui emailnya ke redaksi@omkicau.com.

Dia dan Om Dwi mengobati Ruby dengan BirdTwitter, diselingi dengan obat batuk berdahak yang mengandung mucolytic expectorant. Dengan penuh kesabaran, pengobatan ini membutuhkan waktu 2,5 bulan untuk sembuh secara total.

“Akhirnya masa-masa sulit itu pun terlewati.  Begitu sembuh, saya iseng-iseng mencoba Ruby dalam latberan, ternyata penampilannya lumayan dan berhasil menjadi runner-up. Saat itu suaranya belum bisa benar-benar lepas. Tetapi setelah itu, suaranya bisa pulih total,” kata Om Rendy lagi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Mungkin Anda bertanya, mengapa Om Rendy mau-maunya membeli burung yang serak? Semua ini karena catatan prestasi Ruby sebelum sakit memang bagus. Prestasinya sebelum hilang suara antara lain:

  • Lomba Gebyar Sumpah Pemuda Musi Rawas 2011 (Juri BnR): Juara 1 Kelas MB Bintang
  • Lomba Banyuasin Fiesta 2011: Juara 2 Kelas MB Serumpun,  juara 4 Kelas MB Sedulung Setundung, dan juara 5 Kelas MB Betuah

Setelah sembuh dari serak yang membuat suaranya nyaris hilang, Ruby yang sudah ditangani Om Rendy dan Om Dwi Hardianto makin sering turun di arena lomba, dengan beberapa prestasi sebagai berikut:

EVENLOKASIPRESTASI
TAHUN 2012
Dewa Rucci IVPalembangJuara 5 Kelas Eksekutif
Juara 4 Kelas Mega Bintang
Juara 4 Kelas Bintang
HUT Ke-67 TNIPangkalpinangJuara 1 Kelas MB Kasrem
Juara 1 Kelas MB Danrem
Juara 5 Kelas MB Dandim
Negeri Baru – Delta BCWaykanan, LampungJuara 1 Kelas MB Eksekutif
Juara 3 Kelas MB BOB
Lubuk Linggau CupLubuk LinggauJuara 4 Kelas MB Eksekutif
Kicau Mania PalembangPalembangJuara 1 Kelas MB Platinum
TAHUN 2013
Alex Noerdin – SaifudinLahat, SumselJuara 3 Kelas MB VIP
Sumsel Gemilang *)PalembangJuara 11 Kelas MB Eksekutif
Palembang Bangkit **)PalembangJuara 1 Kelas Eksekutif
Juara 1 Kelas Bintang

*) usai mengikuti Sumsel Gemilang, 20 Januari 2013. MB Ruby mulai mabung

**) Palembang Bangkit, 19 Mei 2013, menjadi penampilan perdana Ruby usai mabung

murai batu jawara
Penampilan murai batu Ruby kini makin mempesona.

Menurut Om Rendy, kunci keberhasilan dalam pemulihan kondisi kesehatan burung ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain pemilihan obat yang tepat, keyakinan bisa mengatasi masa sulit, serta dibarengi ketelatenan dan kesabaran. “Tanpa keyakinan dan kesabaran, burung sebagus apapun sulit disembuhkan,” ujarnya.

Kini dia mulai bisa tersenyum, melihat prestasi Ruby yang relatif stabil. Dalam waktu dekat, dia akan membawa Ruby ke Jakarta, mengikuti even Kicaumania Cup di Lapangan Banteng, Minggu, 2 Juni mendatang. “Semoga bisa bersaing dengan murai-murai papan atas Ibu Kota. Kalau pun tidak, Ruby bisa merasakan suasana lomba yang berbeda dan lebih ketat,” tandas Om Rendy.

Untuk penyembuhan

BirdTwitter memang didesain sebagai obat penyembuh serak, sesak nafas, dan nafas bunyi karena gangguan pernafasan. Untuk burung yang hanya ngeriwik terus (bukan karena penyakit) bisa diatasi dengan produk TestoBirdBooster (TBB)

BirdTwitter merupakan larutan oral yang mengandung zat antiparasit baik endoparasit maupun ektoparasit penyebab burung serak, sesak nafas, dan macet bunyi.

Cara Penggunaan BirdTwiter :

  • Oles / campur 3-4 tetes ke kroto, atau buah, atau extra fooding (pakan tambahan lain).
  • Khusus untuk lovebird, oleskan pada separo /  seperempat tongkol jagung muda yang disayat-sayat memanjang, sehingga cairan obat bisa masuk dan termakan burung.
  • Untuk burung kenari, bisa dioleskan ke telur puyuh rebus atau dioleskan ke buah.
  • Tidak disarankan melarutkan BirdTwitter ke dalam air minum, karena burung cenderung sedikit minum air sehingga dikhawatirkan dosis yang diasup burung tidak tercukupi.
  • Tidak disarankan pula memberikan BirdTwitter langsung ke paruh / mulut burung, karena burung cenderung akan stres atau rusak bulu.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

23 Comments

  1. saya baru beli kacer setelah sampai d rumah kok hilang gacornya sampai sminggu… bagaimana caranya… mohon bantuannya

  2. Mlm menjelang pagi om…ijin konsultasi ni om, mb sy jg mengalami hal seperti punya om rendy, awal’a selesai mandi mlm terus sy ksh jangkrik om. Setelah itu langsung seperti batuk2 gt om, klo pas ngeplong sampe hilang suara’a om, tp klo ngriwik jelas.
    Pertanyaan sy, apakah cara om rendy bisa di terapkan pd mb sy om ? Makasih banyak sebelum’a…

  3. selamat malam mas!!
    Saya pnya kendala pd burung beo saya, hampir seminggu sy perhatikan beo sya bersin/seperti batuk2 dan nafasnya bunyi, anehnya hal ini berlangsung hny malam hr. siang hari intensitas batuk/bersin tdk sesering malam hr. sy sudah mencoba 2produk obat tetapi belum ada perubahan yg signifikan. apakah mas bs merekomendasikan sy agar sy bs mengobati beo kesayangan sy dng produk yg tepat.
    Terima kasih sebelumnya.

      • Kalau dr kotoran sy rasa normal, mkn pun normal sempet ngedrop makan 4hr yg lalu.
        Hanya akhir2 ini terlihat sering bersin/batuk dan klo malam paruhnya sering terbuka seperti hidung tersumbat cairan sepertinya.
        Dimana sy dapatkan kedua produk itu? Apakah digrosiran toko aksesoris burung, atau dipsr brng pramuka?
        Sy berdomisili diJKT mas.

    • Di frontpage website ini ada daftar agen di sejumlah kota. Jika di kota Om belum ada agennya, pembelian via online di omkicau.com. Klik panel Obat burung, di bagian bawah ada cara pembeliannya. Harga Rp 75.000.

  4. numpang tanya om,,,saya punya kacer jatim….tp bunyinya masih jarang,,,sering bunyi tp cuit,,,cuit,,,kl subuh kadang2 bunyinya banyak…gmn cara kl kacer saya bisa ngeplong
    bunyinya

    • Coba dikasih Testo Bird Booster seperti pengalaman Om Edi Siswanto, karena kondisinya hampir sama. Kalau Om Edi 2 hari langsung gacor, tetapi untuk individu kacer lain bisa sama, bisa juga lebih lama karena kadar testosteron burung beda-beda. Tapi paling lama 2-4 minggu sudah bisa ngeplong.

  5. maaf gan,saya baru dpt anis merah dr teman.kondisi awalnya bisu.terus saya rawat mandi pagi sore,tak lupa cacing saya berikan,selang 2minggu.am saya cuma bsa bunyi suiiiiit.pertanyaan saya” supaya ngeplong bunyinya bgm caranya gan,sembah nuwun sanget

    • Di tempat lama sudah pernah ngeplong belum, atau sejak dulu memang nggak bunyi?
      Kalau misalnya dulu sudah bunyi, kemudian tiba-tiba ngeriwik saja, apakah ada gejala serak, atau nafasnya bunyi pada malam hari. Kalau serak, bisa diobati pakai BirdTwitter. Kalau tidak serak, nafasnya bunyi, diterapi dengan BirdFresh, karena itu berarti ada parasit, bakteri, atau jamur di saluran pernafasan.
      Kalau tidak sakit, tapi malas bunyi, bisa diterapi dengan Testo Bird Booster (TBB).
      Semoga bisa membantu.

Komentar ditutup.