Download ebook “Burung-burung Agroforest di Sumatera” karya Asep Ayat

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Untuk menambah pengetahuan tentang berbagai jenis burung di Indonesia, khususnya di Sumatera, Om Kicau meneruskan amanat dari penerbit, The World Agroforestry Centre (ICRAF), untuk menyebarluaskan ebook Burung-burung Agroforest di Sumatera. Buku ini ditulis dengan sangat teliti oleh Om Asep Ayat, setebal 122 halaman. Selain penting bagi para pemerhati keanekaragaman hayati termasuk birdwatcher (pengamat burung), juga bisa menjadi panduan bagi sobat kicaumania mengenali daftar jenis burung di Sumatera.

Buku “Burung-burung Agroforest di Sumatera” karya Asep Ayat ini merupakan sebuah rangkuman dari rentetan penelitian yang dilakukan di empat kawasan agroforest Sumatera, yaitu agroforest karet di Simalungun dan Batang Toru (keduanya di Sumatera Utara), agroforest karet di Bungo (Jambi) dan agroforest kopi di Sumberjaya (Lampung).

Agroforest merupakan salah satu tipe penggunaan lahan yang banyak diterapkan masyarakat di Sumatera, karena dianggap memiliki fungsi dalam mendukung kebutuhan ekonomi masyarakat dari tanaman utamanya, dan memiliki fungsi ekologi dalam menjaga kelestarian sumber daya air, kesuburan tanah, pengatur iklim dan habitat bagi keanekaragaman hayati.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat sekitar 300 jenis burung ditemukan pada kawasan agroforest dan sekitarnya di Sumatera. Hal ini menjadi indikasi nyata bahwa kawasan agroforest di Sumatera mampu memberikan daya dukung sebagai habitat burung. Artinya, kawasan agroforest dapat menyediakan kebutuhan hidup seperti pakan dan tempat tinggal bagi berbagai jenis burung.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Buku ini dirancang untuk pegangan bagi masyarakat dan pemerhati keanekaragaman hayati agar dapat mengenali jenis-jenis burung, sehingga tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang kehidupan dan manfaatnya. Penulis berharap masyarakat dan para pemerhati keanekaragaman hayati dapat memberikan kontribusi terhadap pelestarian jenis-jenis burung sebagai indikator lingkungan dari aspek keanekaragaman hayati.

Ebook ini hanya berukuran 2,404 MB, jadi tidak terlalu membebani komputer Anda. Silakan pencet gambar untuk mengunduh ebook ini.

ebook burung

Note: Setelah diklik, akan terbuka browser baru yang menampilkan ebook dalam format PDF. Jika loading sudah selesai, arahkan kursor ke halaman paling akhir (bisa menggunakan panel naik-turun di sisi kanan halaman). Nanti akan ketemu berbagai fasilitas, termasuk Simpan, Cetak, dan sebagainya, Klik saja panel Simpan.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.