Pluto dan Neptune, duet branjangan andalan milik Om Tony Music

Tak banyak kicaumania yang punya kesetiaan tinggi terhadap branjangan, terutama sejak burung ini tidak memiliki kelas tersendiri sebagaimana awal dekade 2000-an. Om Tony Musik Jakarta merupakan salah seorang di antara sedikit kicaumania yang tetap eksis bermain burung ini. Ia memiliki duet branjangan berprestasi, yaitu Pluto dan Neptune. Pluto merupakan gaco lawas, yang dibelinya sejak tahun 2002.

Selain eksis di branjangan, Om Tony Music juga mengikuti tren burung lainnya. Di rumah, dia juga memelihara beberapa ekor cucak hijau, cucak jenggot, dan lovebird. Bahkan, khusus lovebird, ia tak sekadar memelihara melainkan juga menangkarnya.

Mengapa Om Tony tetap kepincut dengan branjangan? “Selain harganya terjangkau, burung ini mudah dalam perawatannya. Branjangan juga mampu membawakan lagu dengan bagus, sehingga cocok digunakan sebagai burung master atau isian. Lagunya enak didengar dan bisa dinikmati pula di rumah,” jawabnya.

burung branjangan
Branjangan Pluto sudah moncer sejak tahun 2002.

Konsistensi dan ketelatenannya patut dicontoh kicaumania lainnya, khususnya para pemula. Bayangkan, Om Tony sudah 11 tahun merawat Pluto, dan sampai sekarang performanya masih bagus.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Burung ini saya beli tahun 2002. Tidak bayar, tetapi barter dengan ikan louhan yang saat itu sedang booming,” kata Om Tony. Ketika kelas branjangan masih ramai, Pluto sudah mengoleksi puluhan gelar juara.

Makanya, ketika Panitia Kicaumania Cup membuka kelas khusus branjangan di Lapangan Banteng Jakarta, Minggu (2/6) lalu, Om Tony langsung mendaftarkan gaco lawasnya. Hasilnya? Pluto finish di urutan kedua, sebuah prestasi istimewa untuk burung tua.

Sebelumnya, Pluto juga menjadi juara pertama di JAE dan HSBC Bekasi. “Materi lagunya memang enak didengar, terutama saat membawakan isian kenari, burung gereja, lovebird, dan isian lainnya. Volumenya juga keras. Apalagi lagu-lagu itu selalu dinyanyikan sambil ngleper-ngleper (buka sayap),” tutur Om Tony.

Bagaimana dengan Neptune? Om Tony sebenarnya memiliki dua branjangan yang sama-sama diberi nama Neptune. Neptune jilid pertama merupakan burung prestasi juga. Sayang, burung ini kemudian mati.

burung branjangan jawara
Branjangan Neptune punya tembakan andalan cililin.

Empat tahun lalu, saat hadir dalam even di Pepaya Jagakarsa, Jakarta Selatan, Om Tony melihat ada branjangan yang bentuk fisik maupun gaya saat membawakan lagu persis Neptune miliknya.

“Akhirnya burung itu saya beli, dan saya beri nama Neptune juga,” jelasnya. Materi lagu Neptune jilid dua ini mirip dengan Pluto. Perbedaannya, burung ini punya tambahan tembakan cililin.

Inilah salah satu bukti konsistensi, kesetiaan, dan ketelatenan seorang kicaumania sejati. Ketika burung-burung branjangan papan atas seangkatannya (terutama Pluto)  sudah lama tenggelam, duet branjangan milik Om Tony masik eksis dan bertahan di deretan papan atas jawara Blok Barat.

Lalu bagaimana kiat Om Tony mengkondisikan kedua gaconya hingga stabil terus di lapangan? Soal perawatan, lihat grafis di bawah ini, yang bisa dijadikan referensi bagi branjangan mania lainnya.

perawatan burung branjangan

Selain terus menggladi kedua branjangannya, Om Tony Music juga tidak melupakan beberapa burung yang sedang ngetren. Ia terus mengorbitkan burung jawara lainnya, mulai dari cucak hijau, cucak jenggot, hingga penangkaran lovebird lomba dan lovebird hias. (d’one)

Tony Music Jakarta
Selain merawat branjangan, Tony Music juga menangkar lovebird.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.