Menu harian cililin ala Om Agus ABS

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Cililin termasuk salah satu jenis burung yang paling dicari, terutama untuk penggemar dan penangkar murai batu dan kacer. Bahkan, hampir semua pemain murai batu menggunakan cililin sebagai masteran. Maklum saja, tonjolan suara cililin sampai saat ini masih menjadi materi dasar isian murai batu. Berikut ini menu harian cililin ala Om Agus dari ABS Bird Farm Jakarta, yang dikenal sebagai breeder murai batu dan pengepul cililin cokelat.

burung cililin
Romeo, cililin koleksi Agus ABS Bird Farm, yang sarat prestasi.

Bahkan, belakangan ini, sudah ada beberapa event organizer (EO) independen di wilayah Jabodetabek yang membuka kelas khusus cililin. Hal ini yang membuat keberadaan cililin makin eksis. Harganya pun terus melambung. Cililin warna cokelat yang sudah gacor, misalnya, harga berada pada kisaran Rp 2 juta – Rp 2,5 juta.

Om Agus, pemilik ABS Bird Farm yang dikenal sebagai penangkar murai batu, rupanya jeli melihat peluang bisnis burung cililin. Saat ini, Agus juga melebarkan sayap usahanya dengan menjadi pengepul burung cililin. Secara berkala, dia menerima kiriman ratusan ekor cililin dari Sumatera.

Agus ABS Bird Farm
Om Agus ABS: Penangkar murai batu dan pengepul cililin cokelat.

“Selain menyediakan murai batu anakan, sekarang saya juga menjual cililin muda lepas trotolan, tetapi semuanya sudah gacor. Biasanya begitu barang datang, teman-teman baik pemain murai batu maupun pengecer sudah datang mengambilnya,” terang Agus ABS.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Agus juga menjamin semua cililin yang disediakannya sudah ngevoer. Jadi, pembeli tinggal merawat dan menggacorkannya dengan extra fooding (EF).

burung cililin
Cililin muda di ABS Bird Farm yang siap dipasarkan.

Menu telur puyuh rebus

Burung cililin
Kru Romeo: Cililin berprestasi tanpa kroto.

Perawatan cililin agar gacor relatif mudah. Agus ABS tak segan-segan membagikan tips perawatan burung ini kepada para pembelinya. Menu harian hanya berupa voer dan extra fooding (EF) berupa telur puyuh rebus yang telah dihaluskan. Jadi, dia sama sekali tak menggunakan kroto segar. “Kandungan proteinnya sama kok. Buktinya, semua cililin di sini tetap gacor,” kata dia.

Cara penyajiannya, kuning dan putih telur dicampur jadi satu, diaduk-aduk hingga halus dan rata. Pemberian telur puyuh rebus lebih higienis. Selain itu, telur puyuh banyak dijual di pasar atau toko, dengan harga yang jauh lebih murah daripada kroto.

“Jadi, EF cukup menggunakan telur puyuh rebus dan 3 ekor jangkrik setiap hari. Khusus menjelang lomba, ditambah 3 ekor ulat hongkong, yang diberikan beberapa saat sebelum burung digantang,” jelas Agus.

Romeo, cililin koleksi Agus yang sering juara di berbagai lomba, pun sama sekali tidak pernah mengkonsumsi krot. Terakhir, dua pekan silam, gaconya sukses menjuarai even yang digelar Central Enterprise di KPAD Bulakrantai, Jakarta Timur.

Bukan hanya cililin yang tak pernah diberi kroto. Semua murai batu yang ada di kandang penangkarannya pun tak pernah menggunakan kroto, melainkan rebusan telur ayam. Toh indukan tetap produktif. (d’one)

Om Agus (ABS Bird Farm)

Jl SMP 171 No 60 Ciracas, Kampung Rambutan, Jakarta Timur

Contact person: 0812 8031 3737

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.