Snow White: Badan singset, dipancing langsung bunyi

Setelah sebelumnya berbagi tips mengenai cara melihat kacer siap tempur, kali ini Andre “Obelix” Sutanto ingin berbagi pengalaman dalam mendeteksi kenari yang dalam kondisi fit dan siap untuk dilombakan. Tentu yang menjadi objek contoh adalah kenari Snow White, yang baru saja menjuarai Liga Sumatera Seri 4 di Bandar Lampung. Seperti diketahui, gaco ini baru saja ditake-over Andre dan Waqi dari pemilik lama, Nafelino alias Noval Jogja, pertengahan Juni lalu.

Kenari Snow White
Snow White: Singset, selalu fit, dan mudah dipancing dengan suara kenari lainnya.

Sama seperti burung petarung lainnya, kenari dengan kondisi badan langsing / singset biasanya lebih fit dan fight daripada burung yang kegemukan. Jika burung mengalami kegemukan, kondisi fisik bisa saja tetap fit, namun semangat untuk bertarung tidak maksimal.

Kenari Snow White
Trofi Liga Sumatera untuk kenari Snow White.

Banyak cara yang bisa dilakukan bila kenari terlihat kegemukan. Yang paling banyak dipakai adalah memasukkannya ke dalam kandang polier atau kandang umbaran. Namun tidak semua kenari punya setelan masuk umbaran. Jadi, pengkondisiannya bisa dilakukan dengan mengatur pola makan agar tidak sampai kegemukan, serta melalui penjemuran yang cukup.

Efektifkah cara seperti ini? Pertanyaan ini tak perlu dijawab (he.. he.. he..), karena Snow White juga termasuk kenari jenis ini, yang tidak pernah dimasukkan dalam kandang umbaran, dan hanya disetel pola makan dan penjemuran saja.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Itu sudah berlangsung sejak di tangan Om Novel. Setiap hari hanya diberi makan sayur sawi dan biji-bijian pada umumnya.  Cara mandinya pun cukup disemprot halus. Selain itu, setiap tiga hari sekali diberikan telur puyuh,” tutur Andre.

Dengan setelan pakan seperti inilah, kondisi badan Snow White selalu terlihat singset, selalu fit, dan siap dilombakan kapan saja. Kondisi tubuh yang fit memang merupakan syarat utama burung rajin bunyi alias gacor.

Selain setelan pakan, durasi penjemuran juga memiliki andil besar dalam membuat kondisi kenari fit sepanjang hari. Dalam kasus Snow White, lama penjemuran berlangsung selama 2 jam.

Kenari Snow White
Snow White tak mengenal umbaran. Penjemuran dua jam setiap hari.

“Kalau hari Minggu ada lomba, maka sebelum lomba, burung dimandikan dulu dan dijemur sampai kering. Setelah itu dikerodong, sambil menunggu MC memanggil para peserta untuk menggantung burung,” jelas Andre.

Dengan kondisi fisik yang fit, ditunjang badannya yang singset, kenari mudah sekali untuk dipancing agar bunyi. Bahkan ketika mendengar suara kenari lain, tanpa melihat burungnya, Snow White akan langsung bunyi dengan gacornya, disertai dengan tanda-tanda fighter-nya.

Andre Sutanto
Andre “Obelix” Sutanto

“Jadi, nyetel kenari agar bunyi cukup gampang. Tinggal dipancing saja dengan suara kenari. Bahkan bisa juga menggunakan audio atau suara burung kenari dari hape atau alat penyetel suara elektronik lainnya. Snow White langsung membalas pancingan suara itu dengan lagu-lagunya yang aduhai,” kata Andre yang tak henti-henti memuji gaco barunya ini.

Burung ini memang memiliki kinerja yang luar biasa istimewa saat bertarung di lapangan. “Durasinya ngedan. Hampir sepanjang lomba, dia bunyi terus, panjang-panjang, volume tembus. Materi lagunya pun, meski standar, istimewa juga,” tandasnya. (Waca Jogja)

Kenari Snow White
Durasi kerja Snow White benar-benar istimewa.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

8 Comments

  1. Om , saya hanya saran aja bagaimana kalau seperti burung jawara di bikinkan untuk dwn load ? Seperti MB Natalia . Di burung kenari jawara seperti RX 1 , Snow White , Roda Gila , etc kok belum ada ? di situs you tube malah kenari WS thn 1965 ada suraranya . Padahal burung kenari legendaris kita banyak . Dgn demikian maka kita tahu trend kenari dulu seperti apa dan sekarang kita sudah maju seberapa , untuk analisa perbandingan aja. Di perkutut ada Nusantara dan kini sudah ada Pele junior , dimana trend kita terukur baik untuk juri atau burung jawara .

    Tq om , sorry bila ada salah kata
    Salam ,

  2. dari perawakannya sepertinya f2..bener ato salah om?? Om sekalian bahas paerbedaan kenari f f fan dong..postur dan apa-apanya dah banyak temen yg bimbang bin bingung nih…

  3. jdi kenari polos pun bisa juara!
    banyak yg berargumen bahwa kenari yg putih plos, oranye polos, merah kurang bermental dlpangn, jdi kalau pengen buat maenan ke lapangan pilih yg bon ijo/kuning, ternyata semua itu salah, buktinya snow white yg begitu enak dipandang bisa juara….
    Tolong om kalau ada pembuktian tentang bulu kenari terhadap mental tarung bisa shere artikelnya!!!

Komentar ditutup.