Pentet Rider yang tak ingin sendiri

Ini cerita tentang perilaku burung pentet, khususnya Rider milik Ketua Jalak Bali Team (JBT), Ngurah Adi. Mungkin sifatnya subjektif atau tergantung dari individu burung yang bersangkutan. Tetapi siapa tahu dapat menjadi solusi bagi Anda yang mempunyai pentet kurang gereget dan sulit nampil di lapangan, atau sekadar bernyanyi di rumah. Pentet Rider telah “mengajari” majikannya, bahwa dia tak ingin sendiri, maunya selalu ditemani beberapa teman sesama pentet.

Burung Pentet
Burung pentet / cendet

Beberapa waktu lalu, dalam sebuah lomba di Banyuwangi, Ngurah Adi terpikat melihat penampilan menawan pentet Rider. Usai lomba, dia langsung melakukan take-over terhadap gaco tersebut. Tapi, begitu pentet tersebut berpindah ke tangannya, penampilannya justru kurang gereget, kendor, alias menurun drastis.

Padahal, kata Ngurah Adi, dia tidak mengubah setingan terhadap gaco tersebut. Menu jangkrik tetap 5-5 setiap hari. Mandi pun tetap dua hari sekali, sebagaimana pesan yang disampaikan pemilik lama. Sehari menjelang lomba, porsi jangkrik ditingkatkan, dengan penambahan sedikit ulat hongkong.

Semua sama, tak ada yang berubah. Namun setelah lama merenung, akhirnya Ngurah Adi menyadari ada satu pesan dari pemilik lama yang diabaikannya, yaitu Rider memiliki watak tak ingin sendiri. Dia hanya mau tampil maksimal jika sehari-hari disandingkan dengan beberapa ekor pentet lainnya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ketika baru ditanganinya, Rider memang selalu diasingkan dari burung sejenis, sehingga disimpan di dalam ruangan tersendiri. Tidak pernah melihat atau mendengar suara pentet lainnya. Alasannya, Ngurah tidak ingin stamina gaco barunya terkuras karena setiap hari harus bersahut-sahutan dengan pentet lainnya.

Rupanya perubahan kebiasaan inilah yang justru membuat penampilan Rider kurang greget. Setelah menyadari ada pesan pemilik lama yang terabaikan, Ngurah Adi pun akhirnya mengembalikan kebiasaan lama Rider, yaitu harus didampingi beberapa pentet lainnya.

Sejak itulah, percaya tidak percaya, penampilan Rider berangsur-angsur membaik dan kini beberapa kali mengoleksi gelar juara. Prestasi terbarunya adalah meraih double winner dalam Piala Raja Hutan di Lapangan Pondok Indah Denpasar, akhir Juli lalu. Turun tiga kali, Rider sukses mengoleksi dua kali juara 1 dan sekali juara 2.

Ngurah Adi
Ngurah Adi (berdiri, kiri) dan beberapa pentet jawara koleksinya. (Foto: Agrobur)

Penampilannya stabil sejak digantang hingga akhir lomba. Padahal, saat lomba, angin kencang cukup mengganggu sejumlah burung, dan sangkar pun berguncang-guncang. Akibatnya, beberapa burung menjadi nakal dan malas bunyi.

Namun Rider seperti tak terpengaruh. Ia mencengkeram tenggeran dengan kuat, dan terus berkicau dengan mengeluarkan lagu-lagu terbaiknya. Sesekali turun ke dasar sangkar, namun segera kembali ke tangkringan, dan terus bernyanyi. Penampilan ini berhasil dipertahankannya pada sesi kedua dan ketiga.

Dengan memberikan teman kepada Rider, burung selalu terpancing untuk selalu fight, dan birahinya relatif stabil serta punya penyaluran. Beruntung teman-teman pendamping Rider juga merupakan pentet jawara, seperti Generator, Gokong, Junior, Topeng, dan Lahar Timur.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. Om klo bsa usahain videonya cendet2 jawara macam rider,peterpan atau snipernya om nanang pln, biar untuk refrensi kita2 ini,masak klo prgi ke lomba cman jdi penggembira anehnya lgi klo burung kta udah d take over pemain yg udah pnya nma di jamin 1bln udah bsa juara.

    • Iya Om, pengennya sih begitu. Tapi belum semua pemain bersedia disyuting. Kemarin kita sudah minta kontributor di Jabodetabek dan Sumatera untuk terus melobi. Mudah-mudahan berhasil, karena banyak kicaumania yang membutuhkan ilmu dari mereka.
      Untuk pengobat rindu, Om Kicau pernah memuat video beberapa pentet juara, silakan cek di sini. Soal perawatan, silakan buka kategori pentet / cendet. Nanti ketemu beberapa tips perawatan burung yang pernah juara.

Komentar ditutup.