Batik Madrim: H-1 diberi 20 Ekor ulat hongkong

Batik Madrim dalam dua tahun terakhir masih bertahan sebagai cucak hijau terbaik di kawasan Solo Raya. Hampir semua even di kawasan ini, terkadang juga di Jawa Timur bagian barat, dimenanginya. Bahkan nyeri juara 1 pun sudah kerap diraihnya. Menurut pemiliknya, Ogel dari GMC Wonogiri, satu hari menjelang lomba (H-1), gaco ini biasa digelontor 20 ekor ulat hongkong plus apel merah.

Cucak hijau jawara
Cucak hijau Batik Madrim mendominasi Solo Raya. (Foto: Agrobur)

IKPBS Special Open Solo, yang rutin digelar sebulan sekali, nampaknya menjadi arena paling nyaman bagi Batik Madrim. Sudah beberapa kali burung ini mencetak hasil nyeri juara 1. Terakhir, burung ini meraih double winner dalam IKPBS Solo, 27 Juli lalu.

Beberapa even lain pun dilaluinya dengan prestasi terbaik, seperti Martaluhur Cup Wonogiri (7/7), Angkasa Pura Cup Solo (24/2), dan sebagainya. Berikut ini beberapa prestasi Batim Madrim tahun ini:

EVENWAKTUPRESTASI
IKPBS Solo27 Juli 2013Juara 1 Kelas Ronggolawe
Juara 1 Kelas Ebod Breeding
Martaluhur Cup Wonogiri7 Juli 2013Juara 2 Kelas VIP
Juara 2 Kelas Bintang
IKPBS Solo29 Juni 2013Juara 1 Kelas Ronggolawe
Juara 1 Kelas Ebod Breeding
Bharata BC Wonogiri2 Juni 2013Juara 2 Kelas VIP
Juara 5 Kelas Bintang
Angkasa Pura Cup Solo24 Feb 2013Juara 2 Kelas Bintang
IKPBS Solo27 Jan 2013Juara 1 Kelas VIP

Ketika tampil di lapangan, kinerjanya istimewa. Ia terus menggetarkan bulu-bulunya, jambulnya pun ngentrok, sambil mengeluarkan kicauannya yang bertipe ngerol, dengan variasi tembakan panjang-panjang, terutama tembakan cililin, serindit, dan kapas tembak.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ogel GMC dan Batik Madrim
Ogel GMC bersama cucak hijau Batik Madrim. (Foto: Agrobur)

Setelan pakan cucak hijau Batik Madrim

Perawatan harian Batik Madrim, khususnya masalah pakan, sebenarnya biasa saja. Tidak jauh berbeda dari perawatan cucak hijau lainnya. Setiap hari, burung diberi pisang atau pepaya. Model pemberiannya berselang-seling. Kalau hari ini pisang, maka esok hari diganti pepaya.

Perkecualian terjadi sehari menjelang lomba (H-1), di mana Ogel biasa memberikan buah apel merah kepada gaconya. Batik Madrim juga biasa makan voer, sehingga rutin diberikan setiap hari.

Untuk extra fooding (EF), Ogel hanya memberikan jangkrik setiap hari, masing-masing 3 ekor pada pagi hari dan 3 ekor lagi pada sore hari. Pada H-1, burung diberi 20 ekor ulat hongkong.

Model rawatan seperti inilah yang membuat Batik Madrim selalu tampil kesetanan. Tenaganya juga luar biasa, karena Ogel tiap hari menempatkan gaconya dalam kandang umbaran, sejak pagi hingga sore hari.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

7 Comments

  1. . (y)
    :D/
    <♊ oke!!
    _/ \_‎​‎​.
    Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  2. om Dudung, kenapa ya CI, sebelum di trek isiannya hampir keluar semua & nembak2, tpi pas di trek kok bunyinya cuma ngerol trus gk nembak2 & gk ada suara isiannya

Komentar ditutup.